10 Manfaat dan Efek Samping Sawo untuk Kecantikan dan Kesehatan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Couleur

Sawo dikenal sebagai buah yang manis berwarna coklat dengan tekstur yang lembut. Siapa sangka ternyata buah sawo memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan baik untuk kesehatan dan kecantikan kita. Buah sawo tumbuh subur di Indonesia sehingga tidak sulit untuk kita menemukan buah ini dan mengkonsumsinya setiap hari. Tapi, apa saja ya manfaat dan efek samping buah ini? Yuk simak informasinya berikut.

1. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah


Source: geraldoswald62

Terdapat 1mg zat besi yang terkandung dalam 100 gram sawo. Kandungan zat besi ini sangat baik untuk membantu tubuh memproduksi sel-sel darah merah. Kekurangan sel darah merah ternyata bisa menyebabkan penyakit anemia dimana penderitanya akan mudah lemas dan pusing. Zat besi juga membantu peredaran oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar sehingga kerja-kerja organpun bisa secara maksimal.

2. Menjaga Kesehatan Tulang


Source: OmarMedinaFilms

Sawo mengandung kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Dalam 100 gram sawo, terdapat setidaknya 25mg kalsium dan 12mg fosfor. Pencegahan osteoporosis bisa dilakukan dengan cukup mengkonsumi buah sawo yang manis ini. Mengkonsumsi sawo sekarang bisa menjadi investasi kesehatan tulang kamu di masa tua nanti. Tentunya, kamu tidak ingin tulang kamu cepat kropos kan?

3. Baik untuk Mata


Source: Ahmed Sinan

Layaknya buah-buahan dan sayur-sayuran lain yang kaya akan vitamin A seperti wortel, markisa, mangga, pepaya, serta ceri, sawo juga mengandung vitamin A yang tidak kalah tingginya. Jika kamu mengkonsumsi 100 gram sawo maka kandungan vitamin A yang ada di dalamnya adalah sebanyak 60UI. Tidak sulit kan untuk menjaga mata kamu agar lebih sehat dan terjaga.

4. Menjaga Kecantikan Kulit


Source: Samuel Dixon

Tampil muda dan cantik karena memakan sawo? Bisa kok! Sawo memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Vitamin E ini dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit kita. Mulai dari menjaga kelembaban kulit, mencegah penuaan dini, menghilangkan kulit yang kusam, meningkatkan elistisitas kulit, melindungi kulit dari radiasi sinar UV, hingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Bagus untuk Ibu Hamil


Source: Freestock.org

Ibu hamil rentan dengan resiko mual dan muntah yang kerap di alami, terutamanya pada masa awal kehamilan di tiga bulan pertama. Kandungan vitamin B yang ada di dalam buah sawo ternyata bisa membantu untuk mengurangi dampak morning sickness pada kehamilan. Selain itu, sawo yang bisa membantu melancarkan pencernaan dengan baik sangat berguna bagi ibu hamil yang selalu menghadapi masalah sembelit. Konsumsi buah sawo secukupnya agar bisa memberikan efek yang baik bagi ibu dan janin.

6. Baik untuk Pertumbuhan Anak


Source: RachelBostwick

Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhannya memerlukan asupan protein yang tinggi agar mereka dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Ternyata, kandungan protein di dalam sawo cukup tinggi. Terdapat 0,5 gram protein yang terkandung dalam 100 gram buah sawo. Protein ini akan menjaga anak tetap aktif, membantu melawan infeksi, hingga membantu pembentukan struktur tulang, gigi dan rambut dengan maksimal.

7. Mengobati Batuk dan Pilek


Source: Taken

Ketika batuk dan pilek, rongga hidung hingga saluran pernapasan kamu akan sangat terganggu dengan adanya dahak yang lendir. Siapa sangka ternyata kandungan ekspektoran yang ada di dalam buah sawo dapat membantu menyingkirkan dahak dan lendir tersebut. Sehingga batuk dan pilek kamu bisa sedikit reda jika mengkonsumsi buah sawo yang manis dan legit ini.

8. Khasiat Daun, Getah dan Kulit Sawo


Source: Wikimedia

Tidak hanya buahnya yang manis dan kaya akan gizi, bagian sawo yang lain ternyata juga memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Daun sawo bisa dijadikan sebagai pengobatan radang mulut hingga rematik. Kulitnya yang berwarna coklat mengandung tannin yang berguna untuk menghentikan diare dan gangguan paru-paru. Bahkan getahnya bisa dijadikan sebagai bahan untuk menambal gigi.

9. Berbahaya Bagi Penderita Diabetes


Source: TesaPhotography

Kandungan gula yang ada di dalam sawo yang manis ini bisa memberikan dampak yang signifikan bagi penderita diabetes. Penderita diabetes tidak disarankan mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan gula yang tinggi seperti durian, pisang, mangga, nanas, sirsak dan termasuklah sawo. Kandungan gula yang terlalu tinggi bisa berakibat fatal bagi para penderita diabetes seperti penyakit jantung, kerusakan saraf, kebutaan hingga kematian.

10. Tidak Sesuai untuk Anak di bawah 1 Tahun


Source: michael podger

Anak-anak yang baru saja memulai Makanan Penunjang Air Susu Ibu atau MPASI, tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang terlalu manis. Hal ini dikarenakan nantinya akan membuat sang anak hanya mau makan makanan yang manis saja sehingga akan sulit menyuruhnya untuk mengkonsumsi sayur yang rasanya lebih hambar. Sebaiknya perkenalkan buah-buahan yang lain seperti apel, pir atau buah-buahan lain yang tidak terlalu manis.

Jangan ragu lagi untuk menikmati sepiring sawo yang manis ya!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health