Inilah 10 Kepandaian Istri Idaman Suami

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Joel Carter

Sudah siap melangkah ke pelaminan? Persiapan ke pelaminan perlu dilakukan kedua belah pihak. Kriteria dan harapan calon suami istri wajib dikomunikasikan sebelum memasuki kehidupan rumah tangga yang sebenarnya.

Bagi seorang suami mendapatkan istri yang ideal adalah harta yang sebenarnya. Penasaran seperti apa kriteria istri yang menjadi idaman suami?

Berikut daftar kepandaian istri yang paling dicari suami.

1. Pandai Keuangan


Source: Kaboompics / Karolina

Bisa dibilang kemampuan mengatur keuangan adalah kemampuan yang paling dicari suami dari sosok istri. Dalam rumah tangga rata-rata istri berperan sebagai bendahara keuangan rumah tangga, dimana ketelitiannya dalam membuat perencanaan keuangan sangat berpengaruh pada rencana masa depan keluarga. Dengan kepandaian istri yang teliti di bidang keuangan, otomatis suami akan lebih termotivasi dalam mencari nafkah.

2. Pandai Mengatur Rumah


Source: Gratisography

Pernah membayangkan sebuah rumah tanpa kehadiran seorang manajer? Pasti berantakan. Demikian juga fungsi istri sebagai manajer rumah tangga. Istri yang mengatur peran setiap anggota keluarga, mulai dari ayah, anak-anak, sampai para pendukung keluarga seperti asisten rumah tangga, sopir, tukang kebun, dan lain-lain. Dari fungsi manajer inilah istri menjadi sandaran suami ketika muncul masalah dalam keluarga. Istri dapat secara cepat memberi usulan jalan keluar bagi suami sebagai kepala rumah tangga.

3. Pandai Mendidik Keluarga


Source: Freestockpro.com

Secara naluri, istri adalah guru pertama dalam keluarga. Intuisi perempuan yang lebih sabar dan penyayang menjadikannya seseorang yang punya peran pendidik utama dalam keluarga. Secara naluri, peran ini lebih mudah dikerjakan istri dibanding suami. Tak jarang dalam keseharian anak cenderung merujuk ke ajaran ibu mereka dalam menilai suatu keadaan. Mereka meresapi dan mengamati karakter serta ajaran orang tua dari teladan yang ditunjukkan.

4. Pandai Bersosialisasi


Source: Unsplash

Tidak hanya dalam lingkup ruang keluarga, di lingkungan masyarakat istri sangat berperan sebagai mediator atau perantara sosial. Dalam sebuah perumahan contohnya, eratnya hubungan satu keluarga dengan keluarga lain sering ditandai dengan keakraban para istri dalam berkomunikasi. Keluwesan istri dalam bersosialisasi ini termasuk idaman suami, sebagai wujud kepercayaan menitipkan keluarga untuk diterima masyarakat sekitar.

5. Pandai Jadi Pasangan Mandiri


Source: Startup Stock Photos

Selain menjadi penyeimbang suami, istri juga diharapkan menjadi pasangan yang dapat diandalkan dalam berbagai situasi. Wajar jika seorang pria mendambakan istri yang cukup mandiri di area-area tertentu. Apalagi jika tanggung jawab sehari-hari biasanya cukup menguras tenaga suami. Kecakapan istri yang mandiri menjadi nilai plus ketika suami membutuhkan penolong yang sepadan. Sebab mandiri tidak harus dalam arti bekerja sendiri, melainkan juga mampu menanggung beban bersama suami.

6. Pandai Merawat Diri


Source: Leah Kelly

Ini termasuk faktor penting yang sering dilupakan para istri. Ketika sudah larut dalam rutinas sehari-hari, istri sering menganggap perawatan diri bukan prioritasnya lagi. Padahal ini anggapan yang sangat salah. Merawat diri bukan hanya dilakukan demi kebahagiaan suami, melainkan juga sebagai wujud sikap menghargai diri sendiri. Suami akan lebih menghargai istri yang tidak lupa merawat dirinya sendiri. Ini sering juga disebut-sebut sebagai faktor penentu kelanggengan hubungan suami istri.

7. Pandai Masalah Gizi


Source: Unsplash

Tidak hanya dalam bidang sosial dan emosional, seorang istri wajib paham mengenai nutrisi yang diberikan pada keluarganya sehari-hari. Terlepas dari proses dimasak sendiri atau tidak, sangat mutlak bagi istri untuk paham mengenai kebutuhan gizi keluarga. Peran istri sebagai penyembuh sering diperlukan ketika anggota keluarga demam atau sakit ringan. Dengan mengenal nutrisi, istri akan lebih paham apa yang harus dilakukan.

8. Pandai Mendamaikan Konflik


Source: Unsplash

Berada di tengah anggota keluarga yang berbeda-beda fungsi dan kepentingan, istri wajib menjadi penengah ketika terjadi konflik antar anggota keluarga. Jangan sampai sebaliknya, menambahi api konflik dan memperuncing keadaan. Di sini karakter penyabar dan penyayang seorang istri sangat diperlukan. Seorang istri idaman mampu mengimbangi emosi suami ketika diterpa masalah. Istri tak hanya dituntut menjadi pendamai, tetapi juga penjaga keutuhan rumah tangga.

9. Pandai Menjadi Wakil Keluarga


Source: Leah Kelley

Di berbagai kegiatan luar rumah, tak jarang istri harus berperan sebagai wakil keluarga. Contohnya ketika pendaftaran sekolah anak, acara kantor suami, dan sejenisnya. Peran istri cukup vital dalam mewakili keluarga. Suami sangat mengidamkan istri yang mampu menjadi wakil yang tepat bagi keluarga dalam berbagai acara. Hal ini tentu tidak lepas dari kepribadian istri yang menarik dan dapat menjadi contoh yang baik bagi lingkungan luar keluarga.

10. Pandai Berkomunikasi


Source: Unsplash

Dalam hidup berkeluarga di rumah maupun di lingkungan sosial, istri akan bertemu dengan banyak orang yang berbeda usia, latar belakang, dan tingkat pendidikan. Kepandaian istri dalam berkomunikasi dengan berbagai latar belakang orang akan sangat membantu suami dalam bersosialisasi. Inilah salah satu kepandaian istri yang diidamkan suami, karena secara natural wanita lebih pandai menyusun kata-kata yang tepat jika dibanding dengan pria. Saat istri handal dalam berkomunikasi, suami lebih terbantu menentukan prioritas keluarga.

Demikian 10 kepandaian yang diidamkan oleh seorang pria dalam mencari pasangan seumur hidupnya. Ayo, mulailah belajar dan berlatih agar menjadi wanita yang yang pandai dan menjadi istri idaman bagi suami.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Love