10 Hal yang Perlu Anda Ketahui pada Usia Kehamilan 8 Minggu

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: KathrinPie

Memasuki usia kehamilan 8 minggu atau awal bulan ke-2 kehamilan, banyak perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil. Organ-organ janin pun semakin tumbuh cepat di minggu ini. Organ luar tubuh janin di minggu ini akan terlihat semakin jelas. Simak 10 hal yang perlu Anda ketahui pada usia kehamilan 8 minggu.

1. Janin berukuran sebesar kacang merah


Source: PublicDomainPictures

Pada minggu ke-8 kehamilan, janin akan memiliki panjang sekitar 1,6 cm, atau seukuran kacang merah. Organ tubuh luar janin kini semakin terlihat jelas. Tulang-tulang janin mulai tumbuh, dan jari-jari tangan dan kaki juga mulai terbentuk di minggu ini. Bagian belakang yang menyerupai ekor yang terlihat di minggu sebelumnya, kini mulai hilang.

2. Plasenta mulai terbentuk


Source: 2536477

Di minggu ini, plasenta yang merupakan makanan bagi janin mulai terbentuk. Tubuh ibu hamil akan membentuk struktur yang bernama korionik vili, yang akan membantu melekatkan plasenta ke dinding rahim. Di minggu ini, struktur wajah bayi mulai terbentuk. Kelopak mata dan hidung mulai terlihat. Organ janin yang seperti paru-paru, otak, dan system saraf juga semakin berkembang di minggu ini.

3. Rahim 2 kali lebih besar dari ukuran normal


Source: nguyentungson

Ukuran rahim ibu hamil kini telah berkembang menjadi 2 kali lebih besar dari ukuran normal. Hal ini dapat mengakibatkan ibu hamil semakin sering merasa ingin buang air kecil. Perubahan ini juga dapat menyebabkan kelelahan pada ibu hamil. Sebagian ibu hamil menginginkan lebih banyak waktu untuk istirahat di minggu ke-8 kehamilan ini.

4. Perubahan pada payudara ibu hamil


Source: afitlifenz

Meskipun berat badan ibu hamil belum menunjukkan kenaikan yang drastis di usia kehamilan 8 minggu, namun kebanyakan calon ibu telah merasakan perubahan pada ukuran payudara. Jika bra lama Anda semakin terasa tidak nyaman, pertimbangkan untuk memakai bra khusus untuk ibu hamil. Pilihlah bra yang lembut dan fleksibel, dan hindari bra dengan penyangga kawat.

5. Rambut dan kuku ibu hamil semakin cepat tumbuh


Source: Herney

Perubahan hormon yang semakin terasa di minggu ke-8 jehamilan ini juga dapat menyebabkan rambut dan kuku ibu hamil menjadi semakin cepat tumbuh. Sirkulasi hormon yang semakin meningkat ini juga dapat menyebabkan mood ibu hamil lebih cepat berubah. Pada usia kehamilan 8 minggu ini, sirkulasi darah ibu hamil juga meningkat. Volume darah calon ibu akan meningkat 40-50% di minggu ini.

6. Perubahan kulit menjadi lebih gelap


Source: Andriele

Perubahan fisik lain yang dapat terjadi pada ibu hamil dan mulai tampak di minggu ke-8 kehamilan ini adalah semakin gelapnya kulit pada beberapa bagian tubuh. Salah satu contohnya adalah area putting payudara yang warnanya mulai terlihat lebih gelap di minggu ini. Beberapa bagian tubuh yang tampak lebih ini akan kembali seperti semula dengan sendirinya setelah melahirkan.

7. Tunda dahulu perjalanan jauh Anda


Source: xusenru

Usia kehamilan 8 minggu ini masih tergolong rawan untuk Anda melakukan perjalanan jauh. Urungkan dulu rencana bepergian Anda hingga usia kandungan Anda sudah cukup kuat. Umumnya setelah minggu ke 12 atau trimester kedua kehamilan sudah tergolong aman untuk melakukan perjalanan jauh. Jika memang Anda harus bepergian jauh di periode kehamilan ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

8. Nyeri di ulu hati


Source: SerhiiKuchyrka

Ibu hamil kerap mengalami keluhan nyeri ulu hati di usia kehamilan 8 minggu ini. Atasi gejala nyeri di ulu hati ini dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi lebih kecil tetapi dengan frekuensi yang lebih sering. Hindari mengkonsumsi makanan dalam porsi besar sekaligus, dan hindari makanan yang pedas dan berminyak. Berbaring setelah makan juga dapat memicu timbulnya nyeri di ulu hati.

9. Hindari dehidrasi dengan konsumsi air putih yang cukup


Source: priyanka98742

Meskipun di minggu ini ibu hamil semakin merasa sering ingin buang air kecil, pastikan tetap mengkonsumsi air mineral yang cukup. Ibu hamil harus menghindari terjadinya dehidrasi. Kekurangan cairan pada ibu hamil dapat menyebabkan janin kekurangan oksigen, dan hal ini dapat membahayakan kesehatan janin. Sebaiknya hindari minuman yang dapat menimbulkan dehidrasi seperti teh dan kopi.

10. Konsumsi suplemen yang mengandung zat besi


Source: bigblockbobber

Memasuki minggu ke-8 kehamilan, janin akan memerlukan banyak zat besi yang penting untuk pertumbuhan sel darah di dalam tubuhnya. Karena itu, meminum suplemen atau vitamin yang mengandung zat besi sangat penting bagi ibu hamil di usia kehamilan 8 minggu. Banyak calon ibu yang tidak menyukai suplemen yang mengandung zat besi karena dapat merangsang mual. Usahakan tetap mengkonsumsi suplemen ini untuk kesehatan janin Anda.

Di minggu ke-8 kehamilan ini, banyak ibu hamil yang masih mengalami morning sickness atau gejala mual dan muntah. Sibukkan diri Anda dengan memikirkan hal lain sehingga rasa mual ini dapat teralihkan. Di minggu-minggu berikutnya, gejala ini akan berangsur hilang.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health, Pregnancy