10 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Merawat Kulit Kering

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Courtney Carmody

Kulit kering dan cenderung kasar akan membuat siapapun menjadi tidak percaya diri, karena kulit yang kering seperti tidak terawat. Tentunya para wanita pasti menginginkan kulitnya sehat, halus dan berseri namun seperti yang diketahui banyak sekali hal-hal yang dapat memberi pengaruh buruk pada kondisi kulit yang semacam ini.

Perawatan yang tepat pada kulit kering, akan menghindarkan kita dari masalah yang acap kali muncul yang tentunya cukup mengganggu. Lalu apa saja yang perlu dilakukan agar kulit kering bebas masalah, simak penjelasannya berikut ini:

1. Hindari Sinar Matahari


Source: Difee88

Sinar matahari diketahui cukup berbahaya bagi kesehatan kulit, terlebih lagi untuk kulit kering karena akan  membuat kulit terbakar yang tentunya membuat kulit semakin kering dan kusam saja. Untuk itu sebelum beraktifitas di luar rumah, pastikan untuk selalu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Baik dengan menggunakan tabir surya, maupun dengan mengenakan pakaian yang tertutup. Juga, apabila mungkin hindari keluar ruangan saat matahari sedang matahari terik-teriknya, yakni pada jam 10.00 hingga 16.00 sore.

2. Gunakan Pelembab Bebas Alkohol


Source: Saponifier

Sebelum menggunakan atau membeli produk untuk perawatan kulit dan wajah, seperti lotion anti serangga, tabir surya, pembersih wajah, periksa lebih teliti dan hindari penggunaan produk yang mengandung alkohol. Ini karena kandungan alkohol di dalam produk tersebut, justru akan membuat kulit semakin kering dan bertambah kusam. Sebagai gantinya gunakan produk yang mengandung Oil-Base serta memiliki kandungan Vitamin C dan E agar kulit terjaga kelembabannya lebih lama.

3. Kurangi Penggunaan AC


Source: Matuska

Berada di dalam ruangan ber-AC rasanya memang sangat sejuk dan membuat siapapun betah berlama-lama didalamnya, apalagi bila cuaca diluar sedang sangat terik. Namun, sesungguhnya hawa dingin dan sejuk tersebut bukanlah hal yang bagus untuk kulit apalagi kulit kering. Sebisa mungkin kurangilah penggunaan AC dalam ruangan, namun jika harus bekerja dalam ruangan ber-AC jangan lupa gunakan pelembab agar kulit kering tak semakin kusam dan bersisik.

4. Cukupi Asupan Sayur dan Buah


Source: Pixabay

Kamu pemilik kulit kering, ingin kulitmu lebih lembab dan tidak mudah kering? Maka jangan bosan untuk mengkonsumsi sayur dan buah, karena kandungan Vitamin dan mineral penting yang jumlahnya tak sedikit diyakini sangat baik untuk melembabkan dan menjaga kesehatan kulit. Serta kandungan antioksidan didalamnya akan membantu menangkal serangan radikal bebas, misalnya dari polusi udara serta asap rokok

5. Cukup Minum Air


Source: Mcability

Air sangat penting untuk membantu metabolisme dalam tubuh, jika kekurangan air maka kulit akan terlihat kering dan kusam. Agar membantu kulit tetap terjaga kelembabannya, maka cara terbaik adalah melembabkannya dari dalam. Dengan mengkonsumsi air yang cukup akan membantu tubuh tetap terhidrasi dan tentunya mencegah masalah kulit kering. Setidaknya minum 8 hingga 10 gelas atau 2 liter air setiap harinya, agar kulit tetap lembab.

6. Lakukan Eksfoliasi pada Kulit


Source: Pongpiya_j

Meng-eksfoliasi kulit secara rutin sangat penting untuk menjaga kulit kering tetap terjaga dengan baik. Karena dapat membantu melepaskan kulit mati dan membuat kulit menyerap nutrisi dan juga pelembab yang tentunya akan membuat kulit kering lebih terjaga kelembabannya dan semakin sehat saja.

7. Mandi


Source: Pixabay

Buat kamu yang memiliki kuit kering, mandi mungkin akan membuat kulitmu menjadi lebih kering dan terlihat bersisik seperti ular. Tapi mandi memang harus dilakukan untuk menjaga kulit tetap bersih setiap hari, bukan? Untuk itu hindari mandi dengan air panas, karena sabun dan uap panas dapat menyerap kelembaban alami tubuh. Dan batasi waktu mandi sekitar 5 hingga 10 menit saja.

8. Gunakan Pelembab


Source: Chezbeate

Untuk berbagai jenis kulit, menggunakan pelembab sangatlah penting demi menjaga kelembaban kulit. Dengan memilih pelembab yang pas dan sesuai jenis kulit, maka hal tersebut dapat menjaga kesehatan kulit lebih maksimal. Dan agar kulit tidak lagi kering sehabis mandi, maka rajin-rajinlah menggunakan pelembab setelahnya apalagi bila sehabis berenang.

9. Ganti Lotion dengan Krim


Source: Stevepb

Krim berbeda dengan lotion, karena dapat membantu melembabkan serta menjaga kulit tetap lembut dan tidak kering. Selain itu krim tidak mengiritasi kulit kering, serta dapat melembabkan kulit lebih lama dari pada lotion. Pilih krim yang mengandung shea butter, minyak zaitun atau minyak jojoba yang tentunya akan membantu menutrisi kulit pastinya menjauhkan masalah kulit kering jauh-jauh. Aplikasikan pelembab segera sehabis melakukan aktifitas  yang berhubungan dengan air, seperti mandi atau mencuci tangan.

10. Ubah Gaya Hidup


Source: Meditations

Tahukah kamu jika merokok ternyata tak hanya membahayakan paru-paru saja namun juga kulit? Merokok adalah salah satu contoh gaya hidup yang tidak sehat, karena dapat merugikan kesehatan secara menyeluruh dan juga orang-orang disekitar. Jika ingin kulit tetap sehat, segera hentikan kebiasaan tersebut. Dan bila menghentikannya sangat sulit, berusahalah secara perlahan. Terkadang kebiasaan baik memang terasa berat pada awalnya namun jika konsisten melakukannya, hasil akhir yang akan menjawab semuanya.

Keep your skin healthy, ladies!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty