10 Fakta Tentang Sakit Telinga: Penyebab Yang Mungkin

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: BruceBlaus

Telinga merupakan indera manusia yang diciptakan untuk dapat mendengar suara-suara di sekitar mereka. Karenanya, sakit telinga merupakan keadaan di mana orang tidak dapat mendengar. Sakit telinga dapat terjadi di salah satu sisi maupun kedua sisi telinga. Di manapun sakit telinga berada, tetaplah penting bagi kita untuk mengetahui penyebab yang mungkin dari seseorang yang terjangkiti sakit telinga. Sepuluh di antaranya saya bahas pada artikel ini, sebagai berikut:

1. Usia Yang Sudah Atau Mendekati Tua


Source: dassel

Kebanyakan orang sakit telinga yang saya ketahui adalah mereka yang berusia sudah atau mendekati tua. Mengenai orang yang usianya sudah tua, kita sudah tahu di banyak artikel saya sebelumnya bahwa mereka berusia kira-kira 50 hingga 55 tahun ke atas. Sementara itu, 40-45 tahun atau beberapa tahun di atasnya, namun masih di bawah 50 tahun adalah mereka yang mendekati ketuaan. Ketuaan identik dengan kekuatan panca indera yang mulai turun, termasuk telinga sebagai indera pendengaran. Maka, usia dapat menjadi penyebab seseorang menderita sakit telinga.

2. Rusaknya Selaput Gendang Telinga


Source: rinfoto0

Dalam telinga manusia ada bagian yang vital dalam menerima dan menerjemahkan suara-suara dari luar, yakni gendang telinga. Di satu sisi, gendang telinga merupakan salah satu bagian internal manusia yang paling sensitif, karenanya gendang telinga dilindungi oleh selaput. Apabila selaput gendang telinga rusak (biasanya karena selaputnya robek, namun dapat juga terjadi kasus-kasus khusus lain di mana selaput gendang telinga seseorang rusak), maka manusia tidak akan dapat menampung suara dengan baik. Ketidakmampuan dalam menampung suara untuk selanjutnya dapat menyebabkan seseorang sakit telinga.

3. Bergerak Saat Diperiksa Telinganya


Source: williamsje1

Beberapa di antara para penderita sakit telinga cukup sadar diri dengan memeriksakan ke dokter setiap kali tidak dapat mendengar dengan baik. Dokter biasanya juga akan menggunakan alat-alat khusus untuk membersihkan kotoran pada telinga, di mana beberapa alat ini dapat masuk cukup dalam pada telinga seseorang. Kalau orang terlalu banyak bergerak saat alat-alat ini juga bergerak, alat-alat ini dapat menyebabkan iritasi atau infeksi dalam telinga, karena itu dapat menjadi penyebab seseorang sakit telinga.

4. Alat Kedokteran Yang Sudah Kedaluwarsa


Source: markusspiske

Barangkali bukan pergerakan kita yang menyebabkan sakit telinga, barangkali justru alatnya yang sudah kedaluwarsa tetapi tidak diganti. Pada rumah sakit atau instansi kesehatan lain, ini biasanya terjadi pada rumah sakit atau instansi kesehatan dengan biaya murah. Kendati demikian, saat berbicara mengenai alat kedokteran, individual pun dapat terkena dampak dari alat kedokteran yang sudah kedaluwarsa, termasuk seorang yang membeli alat pengorek telinga, memakainya bertahun-tahun, kemudian sadar kalau alat pengorek yang ia pakai sudah karatan tapi malas mengganti.

5. Kemasukan Benda Asing Di Telinga


Source: WerbeFabrik

Meskipun termasuk kejadian langka, ada saja benda asing yang tidak sengaja masuk “mengganggu” telinga seseorang dan menyebabkan orang sakit telinga. Biasanya, penyebab poin kelima tentang kemasukan benda asing ini berlaku untuk anak-anak yang sakit telinga. Dengan tingkat penasarannya yang tinggi, anak-anak dapat memasukkan nyaris apapun ke dalam telinga mereka. Kelupaan untuk mengawasi dalam hal ini akan membuat anak-anak mudah terkena sakit telinga.

6. Adanya Kotoran Yang Menumpuk Di Dalam Telinga


Source: Sue Clark

Sekilas penyebab keenam ini hampir sama naturnya dengan kemasukan benda asing dalam telinga, namun saya pisahkan karena benda penyebabnya yang berbeda. Faktanya, poin penyebab keenam ini adalah salah satu yang paling sering menyebabkan orang sakit telinga. Kotoran yang lupa dibersihkan atau sudah lewat tenggat waktu pembersihan akan membuat kotoran makin menumpuk dalam telinga dan tanpa sadar, orang tersebut sakit telinga. Ternyata setelah diperiksa, ada kotoran sebesar upil sapi. Hiii!

7. Hidup Di Lingkungan Yang Ramai Dan Bising


Source: djirocksit

Lingkungan ramai dan bising yang saya maksudkan misalnya gedung-gedung yang terdapat di berbagai kota besar, atau tempat-tempat apapun yang tidak memiliki alat tampung suara yang memadai. Memang benar bahwa dalam beberapa kasus, kita tidak dapat mengendalikan suara-suara di sekeliling kita. Namun, jangan lupa bahwa kita sebenarnya dapat meredam. Kegagalan untuk meredam suara ramai dan bising bukan hanya dapat menyebabkan sakit telinga jangka pendek, namun juga dapat menyebabkan sakit telinga lain yang lebih fatal seperti tuli permanen.

8. Terlalu Banyak Berteriak-Teriak


Source: sasint

Mungkin penyebabnya dari seseorang yang sakit telinga bukanlah lingkungan yang ramai nan bising. Lingkungannya sih oke, damai, tenang, dan seolah adem ayem nan tentrem. Penderita sakit telinganya sendiri saja yang suka berteriak-teriak. Ingat-ingat, teriak dapat menyebabkan polusi suara. Tidak hanya merugikan bagi kesehatan orang lain, kita yang mendengar sendiri suara teriakan kita dapat memiliki risiko terkena sakit telinga. Ternyata, teriak-teriak dalam frekuensi jumlah yang banyak adalah penyebab seseorang sakit telinga.

9. Banyak Naik Pesawat


Source: Didgeman

Pesawat memiliki tekanan tinggi, sebagai hasilnya suara yang dihasilkan pesawat dapat menggaung di telinga orang yang menumpanginya. Semakin parah apabila orang tersebut banyak naik pesawat saat bepergian. Suara pramugari, pilot, dan mesin pesawat bercampur menjadi satu dengan tekanan udara, menyebabkan seseorang dapat sakit telinga, terutama saat orang tersebut naik pesawat dalam keadaan flu. Hasilnya bermacam-macam, mulai dari sakit telinga biasa hingga tidak dapat mendengar apapun saat sudah mendarat.

10. Tuli Sejak Lahir


Source: PublicDomainPictures

Kalau yang ini merupakan penyebab yang mungkin dari sakit telinga, namun juga (menurut saya) salah satu yang paling menyakitkan. Bagaimanapun juga, kenyataan hidup memang kejam. Di tengah-tengah lautan orang normal, tetap saja ada “orang-orang spesial” dalam rahim seorang ibu. Jalan hidup “orang-orang spesial” ini tidak selalu mulus, dapat saja mereka mengidap kelainan-kelainan fisik yang membuat mereka berbeda dengan orang normal lainnya, misalnya adalah keadaan tuli sejak lahir. Kalau sakit telinganya karena bawaan begini, siapa yang mau menyalahkan?

Itulah 10 fakta mengenai penyebab yang mungkin dari sakit telinga. Dari artikel yang telah saya tulis demikian, paling tidak kita dapat mengetahui penyebab yang mungkin dari sakit telinga sehingga tidak hanya dapat termotivasi dalam memerangi sakit telinga, namun juga mudah-mudahan artikel ini dapat memicu semangat hidup kita yang terlanjur menderita sakit telinga maupun orang-orang di sekitar kita yang menderita sakit yang sama.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health