10 Restoran Terenak dan Populer di Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Unsplash

Berbicara kota Semarang, mungkin pikiranmu akan langsung tertuju pada tempat wisata Lawang Sewu, Masjid Agung Semarang atau entah Kawasan Kota Lama? Yaph, Semarang memang memiliki banyak destinasi wisata yang cukup populer. Namun selain itu, kota metropolitan di Jawa Tengah ini juga menyimpan aneka kuliner yang unik dan menggoda loh! Mau tahu apa saja? Langsung saja simak listnya dibawah ini!

1. Leonpia Gang Lombok

Kalau Kamu termasuk orang asli Semarang, pasti tahu dong sama warung yang satu ini! Ya, Leonpia Gang Lombok menjadi salah satu restoran legendaris yang sangat populer di kota Venetië van Java. Disini, Kamu bisa menikmati hidangan lumpia yang enak, fresh, dan bikin nagih.

Untuk variannya ada 2 jenis, yakni lumpia basah dan lumpia kering. Harganya berkisar Rp.15 ribuan. Oiya, tempat ini cukup ramai jadi Kamu harus bersabar dengan antrian yang panjang demi mencicipi resep lumpia 3 generasi tersebut.

Informasi:

  • Nama: Leonpia Gang Lombok
  • Alamat: Gang Lombok No.11, Kranggan, Semarang
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00-16.00 WIB

2. Kedai Beringin

View this post on Instagram

#brunch #kedaiberingin #kulinersemarang

A post shared by Tintin Afrilianny (@bebytintun) on

Pernah dengar tentang Kedai Beringin? Atau jangan-jangan Kamu sudah pernah mampir kesini? Well, Kedai Beringin ini menjadi salah satu restoran tersohor di Semarang loh! Menu yang dihadirkan meliputi hidangan Chinese food seperti Nasi Hainan Bebek Panggang, Nasi Hainan Ayam Panggang, Bubur Ayam, aneka Lumpia Goreng, olahan sayuran, mie, dimsum, sop, dan sebagainya.

Untuk harganya sih bervariasi tergantung pada menu yang dipesan, rata-rata sekitar Rp.10 ribu- Rp. 20 ribuan. Pokoknya Kamu wajib banget mampir kesini jika ke Semarang. Dijamin tidak akan kecewa!

Informasi:

  • Nama: Kedai Beringin
  • Alamat: Jl. Imam Bonjol No.114 A, Sekayu, Semarang Tengah
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00-21.30 WIB

3. KoenoKoeni

Makanan enak di Semarang selanjutnya bisa didapati di KoenoKoeni Resto. Tidak hanya memiliki nama unik, desain interior dari restoran ini juga keren yakni mengusung tema jawa tempo dulu. Di dalamnya ada berbagai koleksi barang antik, seperti vespa, radio, ceret, dan kamera jadul.

Untuk menu yang disajikan digolongkan menjadi 2 macam, yaitu hidangan ala jawa dengan hidangan barat. Beberapa diantaranya ada Burger Super Gede, Roll In Chicken dengan perpaduan salad, Sambal Goreng, Lalapan, Empal Gepuk, dan masih banyak lainnya.

Informasi:

  • Nama: KoenoKoeni
  • Alamat: Jl. Tabanan No.4, Candisari, Tegalsari, Semarang
  • Jam buka: Setiap hari, 11.00-00 WIB

4. Waroeng Semawis

View this post on Instagram

Pasar Semawis atau Waroeng Semawis, pusat kuliner di kawasan Pecinan. Segala jenis makanan tumpah ruah di sini, dari kuliner khas Semarang sampai kuliner Jepang atau Korea yang kekinian. Tempat wajib untuk menghabiskan malam saat weekend di Kota Semarang. . . Full review di MasGembul.com . . 🏠 Pasar Semawis 📌 Jl. Gang Warung, Semarang Tengah, Semarang . . #masgembul #masgembuldotcom #tambahgembul #tukangmakan #ayomakan #fotomakanan #jalanjajan #ayojajan #kulinertradisional #kulinerindonesiaku #masgembulgoestosemarang #kulinersemarang #kulinersemarangan #wisatakulinersemarang #kulinerjawa #kulinerjawatengah #pasarsemawis #waroengsemawis #semawis #sotoayam #pisangplenet #nasikoyor #semarangmaknyus #makanansemarang #jakulsemarang #enakndes #semarangfoodhunter #instafoodsemarang #jajanandisemarang #jajanansemarang

A post shared by Kuliner Indonesia | Mas Gembul (@masgembuldotcom) on

Jika Kamu berpikir Waroeng Semawis adalah sebuah restoran yang menyajikan menu khusus, maka Kamu salah! Sebenarnya tempat makan ini sejenis pasar malam kuliner. Lokasinya berada di kawasan pecinan, kota Semarang.

Jadi, disini Kamu akan menemukan stand-stand makanan yang berjejer di sepanjang jalan. Sebagian besar menunya adalahnya hidangan ala Chinese, tapi ada juga masakan khas Jawa, India, dan Arab. Beberapa diantarnya seperti SateSapi, Nasi Goreng Babat, Nasi Pecel, Nasi Goreng, Seafood, dan masih banyak lainnya.

Informasi:

  • Nama: Waroeng Semawis
  • Alamat: Jl. Gang Warung No.50, Kauman, Semarang Tengah
  • Jam buka: Jumat, Sabtu, Minggu, 18.00-23.00 WIB

5. Rumah Makan Kampung Laut

Sebagaimana namanya, tempat makan yang satu ini merupakan surganya seafood. Disini Kamu bisa mencoba berbagai olahan ikan yang dimasak dengan bumbu-bumbu khusus yang kental dan nikmat. Beberapa diantaranya ada Lobster Steam Bawang Putih, Gurame Bumbu Rujak, Salmon Gr Panko, Kepiting Telur, Udang Mayonaise, dan masih banyak lainnya.

Keunikan dari restoran ini adalah letaknya yang berdiri mengapung di atas laut. Pada malam hari, pemandangannya akan nampak indah. Kamu bisa melihat bentangan laut nan luas dengan lampu-lampu yang bersinar di sekeliling gazebo.

Informasi:

  • Nama: Rumah Makan Kampung Laut
  • Alamat: Kompleks Puri Maerokoco, Tawangsari, Semarang Barat
  • Jam buka: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB

6. Restoran Pesta Keboen

View this post on Instagram

Nasi 🍚 timbel

A post shared by Franciscus Dedi Purwanto (@munyok) on

Restoran Pesta Keboen tidak hanya menjadi salah satu pusat makanan enak di Semarang, tapi juga merupakan resto yang memiliki bangunan unik ala-ala Belanda tempo dulu. Ketika Kamu menginjakkan kaki ke dalamnya, pandanganmu akan dibuat terpesona oleh desain interior dan ornamennya nan unik.

Sedangkan untuk menunya, disini tersedia aneka masakan indonesia dan masakan Eropa yang pastinya lezat. Misalnya saja, bubur mutiara, nasi pecel, sup, ikan gurame, udang masak bawang, beff cordon bleu, dan berbagai pilihan minuman. Harga makanan di Pesta Keboen pun cukup terjangkau, yakni berkisar Rp. 20 ribu- Rp. 80 ribuan.

Informasi:

  • Nama: Pesta Keboen
  • Alamat: Jl. Veteran No.29, Lempongsari, Gajahmungkur, Semarang
  • Jam buka: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB

7. Warung Soto Bangkok

Warung makan bernama “Soto Bangkok” ini pastinya sudah sangat familiar di telinga kita. Bagaimana tidak,  warung ini saja sudah berdiri semenjak tahun 1950 silam bahkan hingga saat ini masih sangat populer.

Menu andalan di Warung Soto Bangkok tentu saja masakan sotonya yang disajikan bersama aneka sate nan lezat. Salah satu khas dari soto ini adalah kuahnya yang berwarna agak kuning kecoklatan serta adanya tambahan sayuran, tomat, bawang dan suir ayam untuk menambah cita rasa.

Informasi:

  • Nama: Warung Soto Bangkok
  • Alamat: Ruko Bangkok Plaza, Jl. Brigjen Katamso No. 1, Peterongan, Semarang Selatan
  • Jam Buka: Setiap hari, 06.00-22.00 WIB

8. Mie Siang Kie

Kalau Kamu pecinta mie, tempat makan “Mie Siang Kie” bisa menjadi rekomendasi tepat untukmu. Sebagaimana Warung Soto Bangkok, kedai mie ini juga merupakan kedai tradisional yang sudah lama didirikan semejak zaman Belanda. Biasanya masyarakat menyebutnya sebagai rumah makan mie singapore.

Di tempat ini ada berbagai macam olahan mie yang menggoda, seperti mie pangsit, mie ayam, mie Tahubak, mie goreng, mie Keykian, dan sebagainya. Biasanya mie disajikan dengan suiran daging ayam, bakso ikan, bakso tahu, udang, telur, sayuran, pangsit rebus, dan pangsit goreng. Oiya, bagi Kamu yang Muslim, sebaiknya bertanyalah dahulu sebelum membeli karena sebagian pangsit ada yang diisi dengan daging babi.

Informasi:

  • Nama: Mie Siang Kie
  • Alamat: Gang Lombok, No.10, Kauman, Semarang Tengah
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00-15.30 WIB

9. Rumah Makan Asem-Asem Koh Liem

Masakan yang satu ini merupakan kombinasi dari masakan jawa dan chinese. Dibuat dari bahan utama daging sapi yang diolah menjadi kuah, dengan diberikan bumbu cabai, belimbing wuluh dan rempah-rempah lain yang menghadirkan cita rasa asam pedas.

Warung Makan Asem-Asem Koh Liem sendiri sudah sangat populer di Semarang. Selain menyajikan menu utama asem-asem, di warung ini tersedia pula hidangan lain seperti Sayur Bening, Ca Bayam, Lontong Cap Gomeh, Cap Cay, Blanak, dan aneka masakan chinese lainnya.

Informasi:

  • Nama: Rumah Makan Asem-Asem Koh Liem
  • Alamat: Jl. Karanganyar No.28, Gabahan, Semarang Tengah
  • Jam buka: Setiap hari, 07.00-17.00 WIB

10. Ikan Bakar Cianjur

Restoran terakhir yang wajib Kamu kunjungi saat berlibur ke Semarang adalah Ikan Bakar Cianjur. Warung makan ini sudah legend banget loh! Konon bangunan dari warung Ikan Bakar Cianjur telah berdiri semenjak 200 tahun silam. Namun sudah dilakukan renovasi hingga menjadi bangunan yang lebih megah.

Disini, Kamu bisa menikmati berbagai olahan ikan bakar, seperti ikan gurame,  ikan lele, ikan nila, dan masih banyak lainnya. Untuk nasinya, Kamu boleh memilih antara nasi liwet dan nasi uduk. Sedangkan sambalnya ada sambal kecap dan sambal tomat. Tak ketinggalan pula, terdapat aneka hidangan sayuran.

Informasi:

  • Nama: Ikan Bakar Cianjur
  • Alamat 1: Jl. Teuku Umar No. 8,  Semarang
  • Alamat 2: Jl. Letjen Suprapto No. 19, Kota lama, Semarang
  • Jam buka: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB

Demikianlah beberapa restoran yang menyajikan makanan enak di Semarang. Hmm terlihat cukup menggoda, bukan? Makanya, buruan yuk kunjungi kota Semarang. Selamat berkuliner!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary, Trip and Travel