10 Fakta Tentang Sakit Kepala Terus Menerus: Penyebab Yang Mungkin

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Patrick J. Lynch

Dalam Enneagram, kita mengenal adanya kepala, hati (jantung), dan perut sebagai ketiga pusat kesehatan manusia. Sebagai anggota tubuh manusia yang letaknya paling atas, tidak disangkali lagi bahwa kepala merupakan bagian tubuh manusia terpenting yang harus dijaga kesehatannya. Sakit kepala yang terus-menerus harus ada penanganan yang tepat supaya bisa sembuh, namun, bagaimana dapat menangani penyakit kalau tidak mengetahui penyebabnya? Oleh karena itu, artikel ini akan membahas 10 fakta tentang penyebab yang mungkin dari sakit kepala terus menerus:

1. Terlalu Banyak Beban Pikiran


Source: Balamurugan Natarajan

Kalau kita lihat-lihat pada orang-orang yang terkena sakit kepala terus menerus, kita akan menemukan kesamaan dalam hal golongan kesibukan orang tersebut. Umumnya mereka yang mengalami sakit kepala terus menerus adalah orang-orang sibuk dengan jadwal 2 atau lebih kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran dalam 1 hari. Terlalu banyak aktivitas yang menguras pikiran akan membuat seseorang sakit kepala, yang dapat saja menjadi sakit yang episodik atau terus menerus.

2. Terlalu Banyak Pikiran Dan Perasaan Negatif


Source: moulinaem

Poin penyebab kedua ini kurang lebih hampir sama dengan penyebab pertama mengenai terlalu banyak beban pikiran. Kalau poin penyebab pertama menekankan pada aktivitas seseorang yang terlalu padat, poin penyebab sakit kepala terus menerus ini erat kaitannya dengan balas dendam. Kalau kita sudah tidak enak hati kepada seseorang, biasanya bawaannya selalu ingat-ingat kesalahannya terus. Kadang orangnya sudah tidak salah, tapi kita masih sibuk cari-cari kesalahan. Jadilah kita mengalami sakit kepala terus menerus karena sibuk menyalahkan orang yang tidak bersalah.

3. Masalah Dalam Tidur


Source: Claire51700

Tidur ideal bagi anak-anak adalah 12 jam dan tidur ideal bagi orang dewasa adalah 8 jam. Sepengalaman saya, orang yang jangka waktu tidurnya kurang dari ini akan rentan terhadap berbagai-bagai macam penyakit, seperti sakit kepala terus menerus. Selain itu, jam tidur yang tidak teratur juga dapat menyebabkan orang sakit kepala secara terus menerus, dan sakit kepala ini dapat berlangsung bahkan saat orang tidur sehingga membuat tidur tidak enak.

4. Terlalu Sering Melihat Kekerasan


Source: MakyFoto

Beberapa orang mungkin membutuhkan waktu untuk mencerna poin ini, namun, saya beritahu kalau kekerasan memiliki efek psikis yang cukup signifikan kepada seseorang. Ada alasan mengapa produsen-produsen televisi maupun media serupa untuk melabeli kekerasan sebagai 18 tahun ke atas, meskipun kekerasan bukanlah sesuatu yang saya rekomendasikan untuk dilihat. Adegan berdarah-darah ditambah dengan perang mulut, tangan, kaki, dan lain-lain dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala secara berkelanjutan atau terus menerus.

5. Kehilangan Orang Tercinta


Source: AdinaVoicu

Ini adalah penyebab yang mungkin dari orang yang sakit kepala terus menerus. Tidak selalu berarti kematian pasangan atau orang yang dicintai, namun juga dapat berarti hal yang lain. Contoh yang paling sering dialami anak muda masa kini adalah diputus pacar. Ada juga contoh yang lebih ekstrem, sudah tunangan hingga persiapan undangan nikah, ternyata dia jenis kelaminnya sama. Wah… Kalau sudah begini, runyam, pasti sakit kepala terus menerus.

6. Sakit Vertigo


Source: Ian T. McFarland

Vertigo adalah keadaan di mana seseorang pusing tak tertahankan. Dalam beberapa kasus, penyakit vertigo ini begitu parah hingga seseorang tidak sanggup melihat apapun dengan jelas. Sakit vertigo yang tidak segera diobati akan menyakitkan bagi kepala penderita, sehingga saya memasukkannya sebagai penyebab yang mungkin untuk sakit kepala terus menerus. Selain itu, sakit vertigo juga bersifat episodik.

7. Trauma Pada Kepala


Source: Svyatoslav

Yang saya maksudkan pada poin penyebab yang mungkin ketujuh ini bukan hanya sekedar trauma psikologis, namun juga trauma fisik yang berhubungan dengan kepala. Mungkin di masa lalu, kita pernah mengalami kepala kita dijitak seseorang karena menurutnya kita melakukan kesalahan, atau beberapa di antara kita juga memiliki ketakutan laten (imajiner) yang berlebihan pada palu atau bunyi palu sehingga itu membekas pada ingatan dan hati kita. Apapun itu, trauma pada kepala dapat menyebabkan sakit kepala terus menerus apabila dibiarkan.

8. Sakit Leher


Source: Mislav Marohnić

Sebagaimana telah kita ketahui, posisi leher berhubungan dengan kepala, sehingga keduanya saling memengaruhi dalam hal sakit penyakit. Dalam hal sakit kepala terus menerus, seseorang yang sakit lehernya terus menerus akan menyebabkan ia juga sakit kepala terus menerus. Hal ini semakin diperparah pada beberapa kasus di mana mata juga berkunang-kunang dan hidung berair. Kalau sudah demikian, segera obati atau sakit kepala terus menerus menghantui.

9. Lupa Minum Obat


Source: stevepb

Ada kemungkinan di mana penderita sakit kepala terus menerus telah menderita sakit kepala sebelumnya, namun tidak diobati. Meskipun obat dari dokter seringkali memiliki efek samping, tetap saja itu adalah obat yang telah melalui proses pengujian di laboratorium dan telah memiliki takarannya sendiri. Kealpaan dalam memenuhi hal ini akan menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti sakit kepala yang terus menerus.

10. Barangkali Memang Lagi Butuh Melepas Penat


Source: whitesession

Jangan salah, anggota tubuh manusia pun memiliki emosi. Ada kalanya kita tidak sedang mengalami sakit penyakit apapun yang berhubungan dengan sakit kepala terus menerus, tapi sakit kepala terus menerus menghampiri. Kalau sudah demikian, kita dapat melihat kepada apa saja yang telah, sedang, serta hendak kita lakukan di masa depan. Mungkin bukan karena stres, mungkin bukan karena pikiran atau perasaan negatif, hanya sedang butuh hiburan saja, makanya kepalanya “rewel”. Siapa tahu, lho?

Sepuluh fakta tentang penyebab yang mungkin dari sakit kepala terus menerus di atas saya harapkan dapat menjadi referensi Anda semua untuk bersama-sama memerangi sakit kepala terus menerus. Apapun itu, penyakit yang datang terus menerus tidak pernah mendatangkan kebaikan bagi manusia, termasuk sakit kepala terus menerus. Makanya, ayo, semangat memerangi sakit kepala terus menerus!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health