10 Manfaat Utama Buah Kersen untuk Kesehatan dan Kecantikan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Pexels

Buah kersen, atau yang biasa dikenal dengan cherry, sering dianggap sebagai buah pencuci mulut atau pemanis hidangan. Kersen terkenal di seluruh dunia karena memiliki rasa yang unik. Namun terlepas dari rasanya, buah kersen ternyata juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Mereka kaya akan antioksidan, polyphenol, dan phytosterol.

Buah kersen juga sumber serat yang baik, mengandung potasium, protein, vitamin A, vitamin C, tembaga, mangan, magnesium, zat besi, kalsium, fosfor, dan zinc. Wow, banyak kan komponen nutrisi yang ternyata terkandung dalam buah kecil berwarna merah ini?

Kersen manis biasanya dapat dimakan langsung, sementara tart cherry (atau kersen asam) biasanya digunakan untuk memasak atau sebagai garnish. Kersen asam biasanya juga digunakan untuk campuran jus. Nah, berikut kami tuliskan 10 manfaat buah kersen bagi kesehatan dan kecantikan:

1. Meredakan Peradangan dan Nyeri


Source: Typographyimages

Bagi Anda yang menderita sakit persendian, ada baiknya menambahkan buah kersen ini dalam pola diet Anda. Kersen mengandung flavonoid dan anthocyanin yang tinggi, kedua nutrisi tersebut memiliki komponen antiperadangan yang dapat mencegah kerusakan oksidatif, yang dapat berujung pada meningkatnya rasa sakit dan peradangan di tubuh.

Kersen juga dapat mengurangi level asam urat dalam darah, yang dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan dalam tubuh dan berimbas pada rasa sakit yang menyiksa.

2. Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur


Source: Petr Kratochvil

Kersen asam mengandung melatonin, hormon yang mengatur siklus bangun-tidur dalam tubuh dan dapat membuat Anda merasa mengantuk. Kersen ini meningkatkan asupan melatonin dalam tubuh yang berguna untuk meningkatkan durasi dan kualitas tidur. Melatonin juga membantu untuk mengatasi jet lag.

Penelitian di tahun 2010 yang dipublikasikan pada Journal of Medicinal Food menunjukkan bahwa tart cherry juice atau sari kersen asam dapat meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa yang mengalami insomnia.  Selanjutnya, pada penelitian di tahun 2012 dalam European Journal of Nutrition melaporkan bahwa sari kersen asam bermanfaat untuk orang yang mengalami gangguan tidur, baik pada lelaki maupun perempuan.

Bila Anda memiliki masalah tidur, minumlah setengah atau satu cangkir sari kersen asam dua kali dalam sehari.

3. Mengurangi Sakit pada Otot


Source: Wokandapix

Kersen asam memiliki efek positif pada sakit otot. Dia kaya akan antioksidan dan komponen antiperadangan, sehingga kersen asam sangat bermanfaat untuk orang yang menderita sakit otot, reumatik atau sakit persendian. Kersen asam juga memiliki sifat protektif dalam melindungi otot dari sakit atau cidera akibat olahraga berat.

Penelitian tahun 2010 yang dipublikasi di Journal of the International Society of Sports Nutrition melaporkan bahwa mengonsumi 24 ons kersen asam selama seminggu sebelum dan selama acara lari yang berat dapat membantu mengurangi sakit otot yang dialami setelah acara lari selesai. Hal ini karena buah kersen asam meningkatkan kapasitas antioxidative dan mengurangi peradangan serta lipid peroxidation.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Encok


Source: Jill111

Baik buah kersen manis atau asam bermanfaat untuk mengobati encok karena kandungan antioksidannya. Ditambah, mereka juga membantu mengurangi peradangan dan meminimalisir munculnya encok secara tiba-tiba.

Penelitian di tahun 2012 pada jurnal tentang Arthritis & Rheumatism menemukan bahwa pasien yang mengalami encok yang mengonsumsi buah kersen selama lebih dari dua hari menunjukkan resiko 35% lebih rendah untuk mengalami serangan encok ketimbang mereka yang tidak memakan buah kersen.

Lebih lanjut, penelitian menunjukkan bahwa resiko terserang encok 75% lebih rendah saat konsumsi buah kersen digabung dengan obat asam urat. Untuk Anda yang menderita encok, makanlah 15-20 buah kersen dalam sehari.

5. Mengurangi Lemak di Daerah Perut


Source: PublicDomainPictures

Lemak di perut, salah satu jenis lemak yang paling bandel di tubuh kita, cukup sulit untuk dibakar. Namun Anda dapat menyingkirkannya dengan memasukkan buah kersen pada diet Anda.

Tingginya kandungan antioksidan pada buah kersen, yaitu anthocyanin, dapat mengatur gen yang terkait dalam metabolisme lemak dan glukosa. Buah kersen juga mengandung serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Kandungan yang mirip vitamin B, yaitu thiaminriboflavin, dan vitamin B6 juga terkandung dalam buah kersen, dapat meningkatkan metabolisme dan membantu mengubah makanan menjadi energi.

6. Menjaga Kesehatan Jantung


Source: Pexels

Buah kersen juga bermanfaat bagi jantung. Manfaat ini datang dari tinggi antioksidan (anthocyanin) dalam buah ini. Anthocyanin dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Ditambah, kadar potasium yang tinggi dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

Penelitian di tahun 2013 oleh University of Michigan Health System menunjukkan bahwa buah kersen asam memiliki manfaat bagi jantung yang sama dengan obat-obatan dan dapat mengurangi resiko serangan stroke.

7. Meningkatkan Daya Ingat


Source: Geralt

Tingginya antioksidan dalam buah kersen membuat mereka menjadi salah satu makanan penunjang daya ingat yang baik. Antioksidan memiliki peran penting dalam meningkatkan ingatan, kemampuan belajar, dan fungsi kognitif lainnya. Buah kersen melindungi otak dari radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan jaringan tisu dan berkaitan dengan menurunnya kemampuan mengingat. Antioksidan juga melindungi gangguan kognitif yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer’s dan Parkinson’s.

Penelitian di tahun 2015 oleh European Journal of Nutrition melaporkan bahwa mengonsumsi sari buah kersen yang kaya akan anthocyanin selama 12 minggu menghasilkan peningkatan daya ingat dan kognisi pada orang tua yang mengalami dementia tingkat ringan ke sedang. Konsumsi segenggam buah kersen sebagai kudapan untuk menjaga daya ingat Anda agar tetap tajam.

8. Memperlambat Proses Penuaan


Source: Pixabay

Semakin Anda menua, kemampuan tubuh untuk melawan kerusakan oksidatif akan semakin melambat. Hal ini membuat Anda lebih rentan pada tanda-tanda penuaan. Buah kersen yang kaya akan antioksidan dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang mempercepat proses penuaan. Radikal tersebut bekerja menghilangkan elektron dari sel tubuh kita sehingga membuat sel lemah yang tidak sehat.

Penelitian di tahun 2009 yang dipublikasi oleh Journal of Nutrition menunjukkan bahwa buah kersen asam mengurangi stres oksidatif pada pria dan wanita yang sehat, dan dapat membantu menyeimbangkan proses penuaan.

9. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah


Source: Pixabay

Buah kersen juga membantu untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Nilainya 22 dalam indeks glycemic, yang berarti buah ini tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah secara signifikan dan aman dikonsumsi penderita diabetes.

Penelitian di tahun 2008 di jurnal Nutrition & Food Science menunjukkan bahwa konsumsi 40 gram sari buah kersen asam per hari menurunkan masa tubuh, tekanan darah, serta kadar HbA1c pada perempuan pengidap diabetes tipe-2 setelah 6 minggu, serta meningkatkan lipida dalam darah pada pasien diabetes yang mengalami hyperlipidemia.

10. Mengurangi Resiko Penyakit Kanker


Source: Skeeze

Lagi-lagi, kadar anthocyanin dan quercetin yang dimiliki buah kersen dapat melindungi tubuh dari kanker dengan melawan radikal bebas. Anthocyanin bahkan dapat mencegah sel kanker berkembang di luar kontrol. Bermacam nutrisi dan phytochemical dalam buah kersen juga bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker.

Tingginya serat dalam buah kersen juga mengurangi resiko kanker usus. Serat juga membantu menjaga berat badan. Mengontrol berat badan juga merupakan hal yang penting karena kelebihan lemak dalam tubuh meningkatkan resiko kanker.

Nah, dengan sekian banyaknya manfaat buah kersen yang berhubungan dengan kesehatan dan kecantikan, masih enggankah Anda mengonsumsi buah cantik ini? Ingat, mencegah penyakit lebih baik dari pada mengobati!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health