10 Fakta Tentang Sakit Mata Merah: Penyebab Dan Penyembuhan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: BruceBlaus

Mata merah adalah fenomena yang mengerikan. Bukan hanya pada berbagai macam karakter game, namun juga kepada para manusia di dunia nyata. Seringkali, orang hanya mengetahui gejala mata merah yakni mata yang tiba-tiba menjadi dominan warna merah atau keluar ketek di sekitar mata. Karena itu, artikel 10 fakta tentang sakit mata merah kali ini akan berbeda, yakni membahas penyebab dan penyembuhannya sebagai berikut:

1. Penyebab: Terlalu Sering Mengucek Mata


Source: LoganArt

Ini adalah penyebab yang paling sering dari sakit mata merah, di mana penderita sakit mata merah umum untuk terlalu merasa aman dengan mengucek mata mereka. Hal ini terjadi terutama ketika penderita stres dengan rutinitas sehari-hari, sehingga pada akhirnya tidak tahan untuk tidak mengucek mata. Padahal, mengucek mata akan menyebabkan iris dan retina mata menjadi terluka di dalam dan akhirnya sel darah merah pecah dan menimbulkan sakit mata merah.

2. Penyebab: Debu, Salju, Dan Benda-Benda Lain


Source: cocoparisienne

Benda-benda “asing” yang juga umum menjadi penyebab sakit mata merah adalah partikel-partikel mikro seperti debu atau salju. Benda-benda lain yang berukuran kecil dan tidak kelihatan mata atau cairan tertentu juga dapat menjadi penyebab sakit mata merah. Contoh kasusnya adalah masuknya benda asing mirip butiran merica dalam mata membuat perih sehingga pada akhirnya sakit mata merah akan timbul.

3. Penyebab: Sistem Imun Tubuh Yang Lemah


Source: cuncon

Penyebab ini pernah saya alami saat menderita sakit mata merah di bangku SD. Bukan hanya virus penyebar sakit mata merah yang sedang merebak di kalangan teman-teman saya waktu itu, saya sendiri juga memiliki sistem imun tubuh yang lemah dan mudah terkena alergi. Saya tidak ingat persisnya alergi apa yang saya idap waktu itu, hanya saja kalau kebanyakan alergi, maka itu akan membuat virus maupun bakteri masuk ke anggota tubuh manapun dan menyebabkan berbagai penyakit, termasuk sakit mata merah.

4. Penyebab: Sensitif Terhadap Pencahayaan


Source: Riedelmeier

Banyak referensi mengenai sakit mata merah yang mengatakan bahwa adanya penderita sakit mata merah disebabkan karena adanya paparan kepada sinar matahari. Meskipun sinar matahari dapat menjadi sumber pencahayaan penyebab sakit mata merah, nyatanya pencahayaan penyebab sakit mata merah juga dapat disebabkan oleh sinar-sinar lain selain sinar matahari, seperti sinar radiasi layar monitor komputer atau televisi. Setahu saya, sensitivitas ini khususnya sering terjadi pada malam hari.

5. Penyebab: Tertular Penderita Lain Atau Diri Sendiri


Source: klimkin

Perlu diingat bahwa sakit mata merah merupakan penyakit yang menular, sebab itu, penderita lain maupun diri sendiri dapat menjadi penyebab seseorang terjangkit sakit mata merah. Kurangnya perhatian atas fisik lawan bicara dapat memancing kita untuk melihat mata orang yang bersangkutan sehingga kita pun ikut tertular sakit mata merah. Selain itu, untuk penularan pada diri sendiri, mata merah sebelah yang tidak diobati akan membuat mata sebelahnya juga ikut terkena sakit mata merah.

6. Penyembuhan: Tenangkan Diri Di Rumah


Source: Pexels

Untuk penderita yang telah terlanjur terkena sakit mata merah, sangat tidak dianjurkan untuk terlalu banyak keluar rumah, mengingat semakin banyak keluar rumah semakin banyak pula orang yang akan tertular sakit mata merah. Karenanya, penderita sakit mata merah perlu menenangkan diri sejenak di rumah hingga benar-benar sembuh dari sakit mata merah. Agar tidak jenuh di rumah, temukan berbagai aktivitas yang menyenangkan dalam rumah seperti bermain permainan yang tidak membutuhkan banyak pencahayaan.

7. Penyembuhan: Hindari Kegiatan Yang Terlalu Tegang


Source: Pezibear

Pada poin sebelumnya, kita telah mengetahui penyebab sakit mata merah adalah mereka yang dipenuhi banyak stres akan kehidupan, lalu membuat mereka mengucek-ucek mata. Karena itu untuk mengobati sakit mata merah secara alami, penderita juga perlu menghindari kegiatan yang terlalu tegang. Adapun kegiatan yang terlalu tegang adalah kegiatan apapun yang memiliki tenggat waktu penyelesaian, harus dikerjakan dengan energi yang besar, bersifat terus-menerus, atau gabungan di antaranya.

8. Penyembuhan: Jaga Kebersihan Tangan


Source: jarmoluk

Ini juga merupakan poin penyembuhan sakit mata merah yang tidak kalah pentingnya. Bagaimanapun juga, seringkali tangan penderita sakit mata merah tidak dalam keadaan steril saat menyentuh bagian wajah mereka. Virus dan bakteri sumber penyakit suka dengan tangan yang tidak steril, karena itu malas menjaga kebersihan tangan akan menyebabkan berbagai macam penyakit pada organ tubuh seperti sakit mata merah. Solusinya, tentu saja untuk menjaga kebersihan tangan, yakni mencuci tangan sebelum menyentuh sesuatu agar tidak terkena sakit mata merah.

9. Penyembuhan: Konsumsi Kaya Vitamin A


Source: Schwarzenarzisse

Salah satu fakta lagi mengenai sakit mata merah adlah keadaan di mana seseorang kurang asupan vitamin A, sehingga membuat penglihatannya sensitif terhadap virus penyakit mata, termasuk sakit mata merah. Vitamin A dapat kita temui dalam wortel, bayam, kentang, salmon, dan berbagai macam makanan lainnya. Selain itu, kita juga dapat menambah konsumsi berupa suplemen kaya vitamin A supaya nutrisi mata makin bertambah dan sakit mata merah juga lebih mudah sembuh.

10. Penyembuhan: Menggunakan Obat Tetes Mata


Source: Janice_Li

Ini adalah cara penyembuhan sakit mata merah yang paling umum. Saya sendiri telah menggunakannya sejak pertama kali terkena sakit mata merah. Bagi para penderita sakit mata merah wajib menggunakan obat tetes mata di kedua sisi mata supaya menyembuhkan sekaligus mencegah terjadinya sakit mata merah di kemudian hari. Bahkan setelah sembuh pun, seseorang harus tetap memiliki jadwal tertentu yang konsisten untuk menggunakan obat tetes mata untuk mencegah keringnya mata, misalnya tiap siang atau sore teteskan obat tetes masing-masing 1 kali pada kedua sisi mata.

Demikianlah 10 hal yang dapat saya sampaikan mengenai sebab terjadinya sakit mata merah dalam diri seseorang dan cara penyembuhan yang dapat Anda gunakan. Mudah-mudahan artikel ini dapat memberi manfaat bagi Anda semua maupun orang-orang terdekat Anda dalam hal memerangi sakit mata merah.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health