Jerawat di Telinga? Inilah 10 Cara Mengatasi dan Menghindarinya!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Michael Medek

Jerawat merupakan hal yang wajar namun dihindari oleh banyak orang. Namun, wajarkah jika jerawat muncul di telinga? Jawabannya adalah: iya. Jerawat bisa muncul di permukaan kulit di berbagai anggota tubuh kita, tak terkecuali telinga. Ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat di telinga, seperti buruknya kebersihan kulit, hormon, dan bakteri. Untuk mengatasi dan menghindarinya, berikut ini 10 cara untuk menghilangkan jerawat dan mencegahnya di masa mendatang.

1. Kompres dengan es batu

Source: Hans

Untuk mengatasi rasa sakit, bengkak dan merah pada jerawat di telinga, kompreslah dengan es batu. Jangan mengkompres dengan air hangat karena jerawat di telinga Anda justru akan semakin membengkak dan memerah. Pastikan telinga Anda bersih sebelum mengkompres. Kemudian, letakkan es batu yang dibungkus oleh kain bersih selama 20 sampai 30 detik di atas jerawat di telinga, lalu lanjutkan dengan meletakkan kembali selama 1 menit.

2. Manfaatkan khasiat mujarab lidah buaya

Source: Tom Arrowsmith

Lidah buaya memang sudah dikenal dari dulu sebagai tanaman obat dengan khasiat yang mujarab, terutama untuk mengobati kulit. Selain baik untuk mengobati luka bakar, gigitan serangga dan reaksi alergi, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati jerawat di telinga. Oleskan lendir lidah buaya pada jerawat di telinga, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Jika Anda tidak menemukan tanaman lidah buaya, Anda bisa gunakan gel lidah buaya.

3. Mengurangi jerawat meradang dengan teh hitam

Source: webandi

Teh hitam mengandung tanin yang dipercaya mampu mengurangi jerawat yang meradang. Anda bisa gunakan cotton bud atau korek kuping yang bersih dengan mencelupkannya ke teh hitam dan mengoleskannya ke jerawat di telinga. Bisa juga dengan menggunakan kantung teh hitam yang sudah dingin dan meletakkannya di jerawat di telinga selama satu jam.

4. Oleskan dengan obat jerawat

Source: saponifier

Jika jerawat di telinga Anda masih belum sembuh dengan mengkompres, oleskan dengan benzoyl peroksida atau asam salisilat. Ada banyak krim atau obat salep yang mengandung benzoyl peroksida dan asam salisilat yang tersedia di apotek

5. Menghilangkan jerawat di telinga dengan cotton bud

Source: MarbelAmber

Sangat tidak dianjurkan untuk memecahkan jerawat dengan tangan ataupun menusuknya. Hal ini hanya akan menyebabkan infeksi pada jerawat di telinga dan memperlambat penyembuhannya. Namun, jika Anda ingin benar-benar memecahkan jerawat di telinga, pastikan telinga Anda bersih sebelum melakukannya. Kemudian, gunakan cotton bud untuk menekan jerawat secara perlahan dan hati-hati. Jika tidak berhasil, diamkan beberapa hari, dan jangan menusuk jerawat Anda. Apabila Anda berhasil memecahkan jerawat di telinga Anda, langsung oleskan alkohol pada jerawat tersebut untuk menghindari infeksi.

6. Rutin membersihkan helm

Source: Cameron Kirby

Salah satu faktor penyebab jerawat di telinga adalah kurang terjaganya kebersihan helm, terutama jika Anda sering menggunakannya. Menggunakan helm dapat menyebabkan telinga menjadi lembab sehingga mendorong bakteri untuk tumbuh. Bakteri yang tersumbat di bawah kulit dan pori-pori dapat menyebabkan munculnya jerawat di telinga.

Bersihkanlah bagian dalam helm—terutama bagian dekat telinga— dengan tisu basah atau kain yang diberi sabun dan air hangat secara rutin. Pastikan Anda membersihkan helm Anda setelah orang lain menggunakannya.

7. Menjaga kebersihan earphones

Source: bohed

Earphones atau headphones sering menjadi penyebab munculnya jerawat di telinga. Minyak, kotoran dan kuman dapat tumbuh subur di earphones Anda apalagi jika diletakkan di tempat yang kurang bersih. Bersihkanlah earphones Anda secara rutin dengan cotton bud dan sedikit alkohol serta rawatlah earphones Anda dengan tidak meletakkannya di tempat kotor.

8. Waspadai ponsel Anda sebagai sumber kuman

Source: Breakingpic

Yakinkah bahwa ponsel Anda aman dari kuman? Ponsel Anda seringkali menjadi sumber kuman dan kotoran yang menyebabkan munculnya jerawat di wajah dan telinga. Oleh karena itu, bersihkan ponsel Anda dengan tisu dan satu sampai tiga tetes alkohol secara rutin untuk menghindari jerawat di wajah dan telinga.

9. Perhatikan penggunaan makeup

Source: fugitiveumbrellas

Munculnya jerawat di telinga juga bisa disebabkan karena penggunaan makeup yang berlebihan atau tidak sesuai. Hal-hal seperti penggunaan foundation yang terlalu tebal dapat menyebabkan pori-pori tersumbat; tidak menggunakan toner yang menyebabkan hilangnya keseimbangan kulit; dan seringnya mengganti produk kulit wajah yang mempengaruhi pH kulit dapat menyebabkan munculnya jerawat di telinga. Untuk itu, gunakanlah foundation yang ringan, rutin menggunakan toner dan jika Anda ingin mengganti produk kulit wajah Anda, tunggu hingga tiga minggu sebelum mencoba produk baru.

10. Menjaga pola hidup

Source: Yoann Boyer

Pola hidup yang tidak teratur dapat memicu munculnya jerawat di telinga. Rajinlah berolahraga atau bermeditasi untuk menghindari stress yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Aturlah pola diet Anda serta tidur yang cukup untuk menghindari munculnya jerawat di telinga. Jerawat dapat muncul karena hormon, genetik atau kebersihan tubuh yang tidak terjaga. Oleh karena itu, perhatikanlah kebersihan diri Anda, termasuk di bagian telinga agar terhindar dari jerawat. Jika jerawat di telinga sudah muncul terlalu banyak, jangan ragu untuk periksakan diri ke dokter ya, ladies!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health