10 Manfaat Buah Pir Untuk Kecantikan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Apple and Pear Australia Ltd

Buah pir adalah salah satu jenis buah tropis bercitarasa manis dan bertekstur renyah serta mengandung banyak air yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan salisilat dan benzoat yang rendah membuat Pir aman untuk dikonsumsi oleh penderita alergi. Tak hanya itu, vitamin C, vitamin K, dan tembaga yang terkandung di dalam buah Pir membuatnya berfungsi untuk melawan radikal bebas.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, Pir juga mempunyai manfaat untuk kesehatan lho, ladies. Vitamin dan dan serat padang yang terdapat dalam Pir dapat dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan kulit Anda. Tak hanya itu saja, nutrisi yang terkandung dalam buah Pir juga berguna untuk perawatan dan kecantikan rambut Anda.

Mau tahu lebih jelas manfaat Pir? Simak 10 manfaat Pir untuk kecantikan di bawah ini.

1. Merawat Kulit Berminyak


Source: Tommerton2010

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, tenang saja, buah Pir dapat digunakan untuk mengurangi kadar minyak di wajah Anda loh, Ladies.

Pertama, haluskan daging buah beserta kulitnya, kemudian campurkan dengan krim segar dan madu. Oleskan di wajah Anda. Gunakan secara rutin tiga kali seminggu. Ramuan tersebut akan membersihkan kelenjar minyak yang berlebih.

2. Menyehatkan Rambut


Source: Igor Gorshkov

Ingin rambut yang sehat dan kuat? Pastikan Anda mengonsumsi buah Pir secara rutin ya Ladies. Sebuah uji coba klinis berhasil mengungkapkan bahwa buah Pir yang sudah matang dapat membuat rambut Anda sehat dan cantik. Ini dikarenakan Pir mengandung sorbotil dan glucitol yang bermanfaat untuk menutrisi kulit kepala serta helai rambut.

3. Mencegah Kerusakan Kulit


Source: Karolina Mis

Buah Pir ternyata juga mengandung serat pangan dalam jumlah yang cukup besar. Nah, serat inilah yang berperan penting dalam menjadikan kulit halus dan lembut, lho. Ini terjadi karena serat tersebut menghambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga collagen yang berfungsi menjaga kekenyalan kulit tidak sempat dirusak oleh zat gula.

4. Menghaluskan Rambut yang Kusut


Source: Stella Dauer

Anda frustrasi karena rambut Anda sering kusut dan sulit diatur? Jangan khawatir. Anda cukup memakai buah Pir sebagai bahan untuk membuat masker rambut, karena bahan-bahan alami yang terkandung di dalam buah Pir menjadikannya bermanfaat bagi rambut. Rambut Anda yang tadinya kering dan kusut dapat menjadi halus dan mudah diatur dengan gampang!

5. Mencegah Kerutan


Source: David MW

Sebuah penelitian membuktikan, mengonsumsi satu buah Pir tiap hari dapat mencegah timbulnya gejala penuaan dini. Hal ini disebabkan karena Pir mengandung zat dan vitamin seperti vitamin C, vitamin K, dan tembaga yang dapat melawan radikal bebas sehingga mencegah penuaan kulit serta mencegah timbulnya kerutan. So, Ladies, jangan ragu lagi untuk mengonsumsi buah lezat ini kalau ingin mendapatkan kulit yang awet muda.

6. Merawat Rambut Ikal


Source: Francesca Cappa

Bagi Anda yang memiliki rambut ikal, menggunakan creambath berbahan buah Pir ternyata dapat menjaga keindahan rambut ikal Anda loh, Ladies.

Cara membuatnya juga tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan buah Pir yang sudah dihaluskan dengan minyak kedelai, kemudian oleskan ke rambut dan gunakan sebagai creambath. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

7. Menjadikan Kulit Bebas dari Jerawat


Source: Kevin Simmons

Sebal dengan jerawat yang terus bermunculan di wajah Anda? Tak perlu khawatir! Anda hanya perlu memakai masker wajah dari Pir dan mengonsumsi buahnya secara rutin. Ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah Pir penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari dalam, sehingga kulit jadi lebih tahan terhadap bakteri dan kuman yang dapat mengakibatkan jerawat.

8. Mengembalikan Kilau Rambut


Source: Betsy Jons

Selain dapat menjadikan rambut jadi halus dan lebih mudah diatur, penggunaan masker buah Pir dapat membuat rambut Anda berkilau juga loh, Ladies. Untuk membuat maskernya, Anda hanya perlu mencampurkan daging buah Pir yang sudah dihaluskan dengan cuka apel dan air. Setelah dioleskan ke rambut, jangan lupa bilas hingga bersih ya.

9. Untuk Scrub Natural


Source: Karolina Mis

Kulit Anda terasa kusam namun Anda belum sempat membeli Scrub mandi yang biasanya? Gunakan saja buah Pir, karena buah Pir mengandung enzim alami yang menjadikannya sebagai bahan paling pas untuk scrub. Anda cukup mengoleskan Pir yang sudah dihaluskan dan menggosoknya secara perlahan hingga kulit Anda terasa halus untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

10. Menghaluskan kulit


Source: Kevin Simmons

Selain untuk kulit berminyak, Pir ternyata juga cocok untuk merawat kulit yang kering, lho. Ini karena Pir mengandung senyawa humectant yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar air dalam kulit dan mengunci kelembapan, sehingga kulit Anda tidak cepat kering. Inilah alasan mengapa kadang ekstrak Pir dijadikan sebagai bahan campuran lotion kulit kecantikan.

Nah, Ladies, ternyata Pir sangat baik untuk kecantikan Anda. Jika Anda ingin mencobanya, gunakanlah buah Pir yang sudah matang karena kandungan gizi dan nutrisinya lebih tinggi daripada Pir yang masih mentah. Selamat mencoba!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary, Health