10 Fakta Tentang Sakit Pinggang: Penyebab Dan Penyembuhan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Pain Pix

Populer dengan nama encok, sakit pinggang seringkali diasosiasikan dengan penyakitnya orang tua. Hal ini tidak berlebihan mengingat kebanyakan pengidap sakit pinggang adalah orang tua di atas 55 tahun. Namun, beberapa tahun belakangan ini, beberapa anak muda juga terjangkit sakit pinggang. Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui penyebab sakit pinggang maupun cara penyembuhannya, di mana 10 di antaranya akan saya bahas pada artikel ini:

1. Penyebab: Umumnya Karena Usia Lanjut


Source: Pexels

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, penyakit ini paling sering diidap oleh penderita usia lanjut. Entah apa sebabnya, sakit pinggang seolah-olah bagian dari masa menopause seseorang, tanda kekebalan tubuh mulai menurun. Kalau kita belajar menggambar anatomi orang tua pada style gambar manga, kita akan ingat kalau bentuk dasar anatominya adalah membungkuk seperti mencari sesuatu. Sebenarnya, inilah tanda orang mengidap sakit pinggang.

2. Penyebab: Terlalu Banyak Duduk


Source: StartupStockPhotos

Apapun yang “terlalu” pasti tidak baik, apalagi terlalu banyak duduk. Kalau penyebab yang satu ini paling banyak terjadi pada penderita sakit pinggang berusia muda, di mana cukup sering anak-anak muda menghabiskan kebanyakan waktu mereka di depan komputer. Komputer seolah-olah memiliki daya tarik yang tinggi sehingga banyak anak muda yang tergoda untuk menghabiskan waktu terlalu banyak duduk, hingga mereka tidak sadar kalau mereka juga mengalami sakit pinggang seperti yang orang tua alami.

3. Penyebab: Salah Bergerak Saat Olahraga


Source: Pexels

Mungkin kita tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan komputer, mungkin juga kita mengetahui dengan jelas membagi waktu kapan harus di depan komputer dan kapan melakukan aktivitas kita sehari-hari. Beberapa di antara kita pun rajin berolahraga. Namun, beberapa juga hanya sekedar tahu olahraganya saja tanpa mempelajari gerakan yang benar seperti apa. Salah bergerak saat olahraga akan menyebabkan berbagai macam penyakit tulang, terkhusus sakit pinggang pada tulang pinggang.

4. Penyebab: Pernah Jatuh


Source: skeeze

Jatuh dari ketinggian lantai memang menimbulkan trauma bagi tulang seseorang. Banyak kasus di mana tulang seseorang menjadi lunak karena memiliki riwayat jatuh, termasuk saya yang pernah jatuh dari ketinggian 4 anak tangga saat masih kuliah. Untuk mereka yang mengalami sakit pinggang, kita dapat mengatakan kalau salah satu penyebabnya kemungkinan adalah ia pernah jatuh. Tinggal tanya atau korek informasinya saja dari yang bersangkutan.

5. Penyebab: Penyakit Asam Urat


Source: Internet Archive Book Images

Ini juga merupakan penyebab yang unik dari sakit pinggang. Sakit pinggang adalah gejala penyakit asam urat, di satu sisi, penyakit asam urat juga adalah penyebab seseorang mengalami sakit pinggang. Penyakit asam urat sendiri adalah keadaan di mana kadar asam pada tulang naik, sehingga ketika seseorang mengalami sakit pinggang, hampir dapat dipastikan bahwa kadar asam pada pinggangnya sedang berlebih sehingga memunculkan tekanan yang sakit pada pinggang.

6. Penyembuhan: Lakukan Pijat


Source: andreas160578

Kebanyakan orang penderita sakit pinggang yang saya ketahui umumnya menyukai pijat. Biasanya mereka memanggil orang yang dapat memijat (tukang pijat, red.) atau memanggil pembantu rumah tangga untuk memijati mereka. Kalau dipijat, penderita sakit pinggang akan merasakan kalau bagian pinggang dan sekitar mereka merah-merah. Ini tandanya pijat itu dapat menyembuhkan sakit pinggang yang mereka derita.

7. Penyembuhan: Duduk Tegak


Source: Fangirl

Apapun dan bagaimanapun caranya, bagi penderita sakit pinggang (terutama mereka yang masih muda), penting sekali membudayakan duduk tegak. Bukan sekedar mengencangkan otot saja, namun duduk tegak juga akan membentuk postur tulang tegak yang imun terhadap sakit pinggang. Selain itu, dengan membiasakan diri duduk tegak, kita pun akan semakin terlihat menarik.

8. Penyembuhan: Lakukan Senam Ringan


Source: PublicDomainPictures

Senam ringan yang saya maksudkan pada poin penyembuhan sakit pinggang ini adalah peregangan. Untuk Anda yang memiliki bujet terbatas, Anda tidak perlu mendaftarkan diri pada pusat kebugaran atau menyewa trainer pribadi yang harganya mahal. Anda juga dapat melakukan senam ringan di rumah dengan mengikuti instruksi senam di Youtube atau media video serupa setiap beberapa jam duduk di depan komputer. Selain melancarkan peredaran darah di sekitar pinggang, senam ringan juga dapat menyembuhkan sakit pinggang dengan cepat.

9. Penyembuhan: Gunakan Tongkat Jalan


Source: cegoh

Poin penyembuhan ini khusus penderita sakit pinggang yang sudah tua. Kalau kita lihat, banyak orang tua yang sudah menggunakannya. Kalau di jaman modern ini, banyak orang tua berduit yang menggunakan tongkat yang dapat otomatis menggerak-gerakkan dirinya atau tongkat jalan lain yang bentuknya aneh-aneh. Apapun bentuk dan fungsinya, penderita sakit pinggang lebih baik menggunakan tongkat jalan untuk dapat menyembuhkan sakit pinggang yang mereka derita. Kalau mereka jatuh ke depan karena tidak menggunakan tongkat jalan, dikhawatirkan penyakit yang timbul makin parah dan bermacam-macam.

10. Penyembuhan: Gunakan Obat Panas


Source: saponifier

Ini juga menjadi salah satu poin penyembuhan favorit orang tua, akan tetapi, saya pun juga menyukainya. Obat bersensasi panas dapat digunakan bersamaan dengan pijat ataupun digunakan setelah pijat. Dapat berupa salep atau koyo seperti Salonpas, “obat panas” ini telah terbukti meredakan nyeri yang disebabkan oleh sakit pinggang pada diri seseorang.

Demikianlah 10 fakta penyebab dan penyembuhan sakit pinggang yang dapat saya kemukakan. Dari 10 fakta di atas, paling tidak kita tahu bahwa sakit pinggang bukan hanya dialami oleh orang tua saja, namun anak-anak muda juga dapat terkena sakit pinggang, terutama apabila tidak mengetahui akar penyebab dan cara menyembuhkannya.

Karena itu, akan lebih baik apabila kita bersama-sama menekan tombol share artikel ini ke media sosial kita masing-masing. Dengan membagikan artikel ini, kita telah membantu diri kita maupun orang-orang di sekitar kita untuk mengatasi sakit pinggang.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health