10 Cara Gampang dan Cepat untuk Mengeriting Rambut

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Sources: Francesca Cappa

Setiap wanita memiliki rambut bawaan lahir yang berbeda-beda. Bisa lurus atau biasa disebut straight hair, bergelombang atau wavy hair dan juga keriting atau curly hair. Banyak wanita yang menginginkan tampilan rambut yang berbeda dari rambut aslinya, misalnya saja wanita dengan rambut asli keriting ingin meluruskan rambutnya dengan berbagai cara yang dilakukan oleh salon-salon profesional. Begitu pula dengan wanita yang memiliki rambut lurus ingin sekali-kali mencoba rambut keriting pada penampilannya.

Jika kamu salah satu yang ingin tampilan rambut keriting yang modis dan keren tanpa ribet, nggak perlu ke salon. Ya, tanpa perlu ke salon pun kamu tetap bisa mendapatkan tampilan rambut keriting yang indah dan tahan lama. Simak aja tutorialnya!

1. Cuci Rambut


Sources: Martina Photography

Pastikan kamu melakukan proses mengeriting rambut ini di akhir pekan, agar kamu bisa lebih fokus dalam sehari untuk mengeriting rambut saja. Jadi, langkah pertama sebelum melakukan langkah-langkah inti untuk membuat rambutmu keriting, adalah mencuci rambut. Ya, jangan sampai rambutmu kotor, karena tentu rambut yang kotor hanya akan membuat proses mengeriting rambut akan bekerja tidak maksimal.

2. Aplikasikan Mousse Rambut

Setelah selesai mencuci rambut alias keramas, jangan lupa menggosok rambut dengan handuk. Hal ini bertujuan untuk mencegah air masih menetes dari rambut. Kemudian dalam keadaan lembab, ambillah mousse atau sebuah krim yang mirip dengan whipped cream khusus untuk rambut. Oleskan mousse ke setiap bagian rambut sambil dipijat secara perlahan.

Fungsi utama dari mousse adalah untuk memberikan volume atau efek mengembang bagi rambut yang cenderung tipis. Cara paling efektif dalam mengaplikasikan mousse adalah di saat rambut setengah basah.

3. Pisah/Belah Rambut Jadi 2 Bagian

Setelah mengaplikasikan mousse, jangan lupa untuk mengeringkan rambut menggunakan hair dryier dengan suhu sedang. Pilah-pilah sedikit demi sedikit bagian rambut, agar seluruh rambut mendapat uap panas dari hair dryier sehingga mousse akan bekerja lebih maksimal.

Kemudian, ketika rambut sudah kering dan memiliki volume yang berisi dan indah, saatnya untuk membagi rambut menjadi dua bagian. Bagilah rambut tepat di bagian atas kepala akan terdapat garis rambut yang lurus, tanda rambut sudah terbagi menjadi dua bagian.

4. Kepang Rambut


Sources: Jacqueline Macou

Proses selanjutnya, kepanglah dua bagian rambut tersebut menjadi dua buah kepangan yang rapi. Kamu bisa mengepang dengan jenis dan model apapun, bahkan jika kamu mau, kamu juga bisa membagi lagi rambut menjadi empat bagian atau lebih.

Cara mengepang pun juga tidak memiliki aturan yang pasti. Gunakan saja cara kepang seperti biasa, sebisa kamu. Atau memakai model French Braid pun juga tak masalah, asalkan kamu bisa melakukannya.

5. Semprot dengan Hair Protection Spray

Kamu tahu apa itu hair protection spray? Jika kamu hobi mencatok rambut dan belum tahu tentang istilah ini, berarti cara mencatokmu selama ini salah. Hair protection berfungsi sebagai produk kecantikan khusus rambut, yang digunakan untuk melindungi rambut dari bahaya panas yang dihasilkan oleh catokan rambut.

Maka sebelum memulai untuk mencatok, kamu perlu menyemprotkan hair protection ini ke bagian rambut yang akan dicatok nantinya. Untuk proses mengeriting rambut ini, kamu cukup menyemprotkan hair protection pada tiap bagian kepangan yang telah kamu buat.

6. Panaskan dengan Catokan Lurus


Sources: Public Domain Pictures

Memang selama ini adalah catokan khusus untuk mengeriting rambut, namun jika kamu nggak ingin ribet, kamu nggak perlu membelinya. Memakai catokan lurus pun kamu masih bisa mendapatkan hasil keriting rambut yang bagus kok.

Caranya, setelah disemprot dengan hair protection, catok bagian kepang yang telah kamu buat tadi secara perlahan, sambil ditekan-tekan dan digosok pelan-pelan. Ulangi beberapa kali hingga dirasa kepangan sudah panas.

7. Biarkan Rambut Dingin


Sources: Langll

Matikan catokan, dan diamkan sejenak. Ketika proses ini, kamu bisa melakukan kegiatan lain seperti makan, main smartphone atau kegiatan lainnya. Kamu perlu untuk membiarkan rambutmu dingin dan kembali ke suhu ruangan, karena jika kamu terburu-buru untuk melanjutkan proses mengeriting rambut tanpa menunggu rambut dingin, hasil keriting pun tak akan maksimal.

8. Lepaskan Kepang Rambut


Sources: Karen Warfel

Sekitar 5 sampai beberapa menit kemudian setelah dirasa rambut kembali ke suhu semula, kamu sudah boleh melepas ikatan kepang rambutmu. Eits, tapi jangan terlalu gegabah. Pelan-pelan saja, dan tak perlu menarik rambut ataupun menarik pita rambut secara kasar. Ingat, tahap mengeriting rambut belum selesai dan jangan sampai salah langkah karena sebentar lagi kamu akan mendapatkan hasil dari proses mengeriting rambut ini.

9. Jangan Disisir!


Sources: Unsplash

Apa yang biasanya kamu lakukan setelah melepaskan ikatan dari kepang rambutmu? Menyisir. Ya, itu adalah hal yang umum dilakukan banyak wanita. Tapi jika kamu ingin mengeriting rambutmu, maka jangan lakukan cara ini. Jangan menyisir rambut bekas kepangan entah menggunakan sisir maupun jari tangan. Biarkan saja rambutmu dalam keadaan ikal dan tampak berantakan. Memang tujuan awalnya untuk membuat rambut keriting bukan?

10. Aplikasikan Hairspray


Sources: Ajay Goel

Tahap terakhir, semprotkan hairspray ke seluruh permukaan rambut keritingmu. Fungsi dari hairspray sendiri adalah sebagai produk yang akan membuat tatanan rambut keritingmu bertahan lebih lama. Cara menggunakan hairspray yang benar adalah dengan menyemprotkannya pada rambut dalam jarak kurang lebih 30 cm. Sambil ditata pelan-pelan, pastikan seluruh permukaan rambut terlindungi oleh hairspray agar tampilan rambut keritingmu tak gampang rusak.

Gimana LadiesGampang banget kan cara membuat rambutmu keriting dalam sekejap? Nggak perlu pergi ke salon dan nggak perlu membeli peralatan serba rumit hanya untuk membuat rambutmu keriting. Jangan lupa untuk selalu merawat rambut agar senantian kuat, lembut dan pastinya juga mudah diatur.

 

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Fashion, Make Up