Katakan Tidak Pada Galau: Ini Dia 10 Cara Untuk Mengatasi Sakit Hati Anda!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: AdinaVoicu

Perasaan adalah hal yang membuat kita menjadi manusia. Dengan kata lain, kita sebagai manusia dapat merasakan senang maupun sedih serta suka maupun duka. Sakit hati adalah salah satu keadaan di mana perasaan kita dilukai, entah itu oleh orang, keadaan, atau keduanya. Untungnya, ada cara untuk mengatasi sakit hati, di mana 10 di antaranya akan saya ungkapkan dalam artikel ini:

1. Tulis Perasaan Anda


Source: Monikapp

Anda dapat menulis apapun yang berkaitan dengan apa yang Anda rasakan, di manapun dan kapanpun. Banyak orang menyarankan diari, namun beberapa tahun belakangan ini, mulai ada diari online serta media-media canggih lainnya yang dapat Anda gunakan untuk menuliskan perasaan Anda. Bahkan, Anda pun dapat mengirimkan puisi ke media cetak atau online sebagai ungkapan perasaan sakit hati Anda yang lebih kreatif.

2. Bermain Dengan Boneka


Source: Pexels

Inilah sebab mengapa terkadang anak kecil dapat menjadi lebih mengerti akan kehidupan dibandingkan orang dewasa. Boneka memiliki efek psikologis untuk menenangkan emosi seseorang sekaligus memberikan kesan kalau ia selalu ada untuk mendengarkan segala kegalauan dan curahan sakit hati kita. Karena itu, untuk mengatasi sakit hati, kita perlu belajar pada anak kecil yang suka bermain dengan boneka.

3. Puaskan Imajinasi Kalian


Source: Schmidt-Reportagen

Bagi saya, imajinasi adalah tempat bermain yang paling baik. Dengan meluangkan beberapa jam untuk melarikan diri sejenak dari kehidupan nyata yang kejam, kita dapat merasakan dunia sesungguhnya dari imajinasi kita. Melalui apa yang kita bayangkan, bukan hanya kita dapat menjadi individu yang lebih kreatif, namun juga dapat merasakan kebaikan makhluk-makhluk imajinatif yang telah kita “setting” untuk dapat mengatasi rasa sakit hati kita pada dunia nyata.

4. Berbicara Dengan Diri Sendiri


Source: roblesse

Mungkin beberapa orang akan berpikir bahwa mereka yang berbicara dengan diri sendiri adalah orang gila, namun, penelitian di bidang psikologi justru menunjukkan yang sebaliknya. Bukan hanya mereka lebih cerdas dibandingkan orang-orang pada umumnya, namun mereka yang berbicara dengan diri sendiri juga terbukti menemukan solusi yang lebih baik untuk nyaris segala sesuatu, termasuk pada rasa sakit hati yang berujung galau. Karena itu, untuk mengatasi kegalauan berlebih, tidak ada salahnya berbicara dengan diri sendiri.

5. Bayangkan Wajah Si Dia Menghampirimu


Source: AdinaVoicu

Galau dan sakit hati karena diputus si dia itu hal yang biasa. Saya pun mengalaminya berkali-kali, bahkan yang paling parah, saya pernah menjadi selingkuhan dan diselingkuhi dalam waktu yang bersamaan. Kalau masih galau dan sakit hati, mengapa tidak membayangkan wajah cantik atau tampan si dia di hadapan Anda? Setelah itu, buatlah dialog imajiner tentangnya. Paling tidak meskipun dia sudah tidak ada di samping kita, kita tetap dapat menikmati dia dalam alam mimpi. Sungguh indah!

6. Jalan-Jalan Di Taman


Source: ataribravo99

Peringatan bagi si tukang galau yang sedang sakit hati: Pantang jalan-jalan di mal, karena menurut pengamatan saya, mal cenderung penuh dengan orang-orang sibuk yang tidak peduli dengan apa yang orang lain lakukan, asal tujuan mereka tercapai. Karena itulah, taman merupakan alternatif yang baik untuk jalan-jalan dalam rangka mengobati rasa sakit hati. Di antara semua jenis taman, saya paling suka taman zen (zen garden, red.) atau kolam koi, karena kedua jenis taman ini dapat memberi efek relaksasi yang baik dan menjadi obat ampuh mengatasi sakit hati.

7. Mencoba Berbagai Macam Kuliner


Source: Meditations

Selain memberikan rasa kenyang, makanan juga telah terbukti memberikan efek psikologis berupa kesenangan bagi siapapun yang merasa puas dengan rasanya. Selain itu, dengan mencoba berbagai macam masakan dari asal yang berbeda-beda bukan hanya melatih panca indera kita, namun juga dapat memberikan sensasi energik yang dapat membantu mengusir rasa sakit hati seseorang. Jangan lupa makan yang lengkap mulai pembuka, hidangan utama, hingga penutup agar sakit hati dapat lebih teratasi.

8. Mandi Air Hangat


Source: Quazie

Kalau yang ini saya buat dengan spesifik, mengingat berdasarkan pengalaman saya, air dingin justru akan membuat orang makin galau, hatinya makin teriris-iris, dan pengalaman-pengalaman buruk penyebab sakit hati akan keluar semua. Karena itulah, saya menyarankan untuk mandi air hangat saja. Selain memiliki efek relaksasi dan dapat meremajakan kulit, mandi air hangat juga lebih manjur dalam mengatasi sakit hati dan pikiran yang melayang-layang.

9. Berkomunikasi Dengan Sebanyak Mungkin Orang


Source: Biblioteca Centrală a BM “B.P.Hasdeu”

Sebaiknya saat melakukan cara kesembilan ini, kita selain mencari sebanyak mungkin orang juga menyeleksi siapa saja yang benar-benar dapat diajak berdiskusi mengenai perasaan sakit hati yang kita alami. Alasannya, sebanyak jiwa manusia di dunia, sebanyak itu pula manusia yang tidak peduli perasaan orang lain. Anda dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang mengerti perasaan Anda melalui berbagai macam cara, mulai dari cara tradisional (yakni tatap muka) hingga cara yang lebih canggih seperti video chat massal atau pesan media sosial seperti WhatsApp atau LINE.

10. Berdiam Diri Dan Berdoa


Source: Pezibear

Bisa dibilang, inilah cara yang paling efektif dalam mengatasi sakit hati yang kita alami. Penelitian yang dilakukan selama berpuluh-puluh (atau beratus-ratus? Saya pikir panjang sejarah penelitian ini) tahun telah membuktikan bahwa berdiam diri dan berdoa dapat mengatasi rasa sakit hati maupun galau secara signifikan. Saya sendiri mengalaminya dan merasakan lebih plong setelah melakukannya. Menurut saya, itu semua karena Sang Pencipta yang menciptakan kita lebih dapat menenangkan batin kita, karena Dia tahu apa yang kita rasakan.

Kalau Anda semua para pembaca telah melihat 10 cara untuk mengatasi sakit hati sebagaimana yang telah saya ungkapkan pada artikel ini, apakah Anda siap untuk mengatakan tidak pada galau? Apapun itu, kita pasti bisa mengatasinya bersama-sama. Ya, ‘kan?

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Knowledge, Words