10 Manfaat Anggur Merah Untuk Kesehatan Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Freepht

Anggur merah atau yang dikenal dengan istilah red wine adalah salah satu minuman alkohol yang paling populer di dunia. Konon minuman ini telah dibuat sejak tahun 6000 sebelum masehi di  daerah Georgia yang ada diantara benua Asia dan Eropa. Kata wine sendiri berasal dari bahasa latin “vinum” yang berarti anggur. Meski mengkonsumsi alkohol bisa memberikan efek negative bagi tubuh, mengkonsumsi anggur merah sejumlah tertentu justru bisa memberikan manfaat bagi tubuh.  Kalau kamu penasaran apa saja manfaat anggur merah untuk tubuh, simak uiasannya berikut ini!

1. Mencegah Kanker

Source: PDpics

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang banyak ditakuti karena sampai saat ini belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan penyakit yang satu ini terutama jika kanker sudah berada pada stadium akhir. Kanker disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya karena pola hidup yang tidak sehat, infeksi mikroorganisme serta pengaruh radikal bebas. Berdasarkan studi, anggur merah terbukti mengandung senyawa polifenol dari golongan flavonoid seperti antosianin dan non flavonoid seperti resveratrol yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan DNA yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Source: Public Domain Pictures

Beberapa penelitian berhasil membuktikan bahwa konsumsi anggur merah dalam takaran tertentu secara teratur dapat melindungi pembuluh darah arteri dalam tubuh serta menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi yang dilakukan oleh Aviram dan Furhman pada tahun 2002 menyebutkan bahwa komponen yang bertanggung jawab dalam fungsi ini adalah senyawa resveratrol dalam anggur merah. Senyawa ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sekaligus mencegahnya memasuki pembuluh darah dan membentuk plak didalamnya.

3. Mengobati Dan Mencegah Inflamasi

Source: Meditations

Senyawa aktif dalam anggur merah seperti resveratrol dan senyawa polifenol lainnya tidak hanya ampuh mencegah dan menurunkan resiko penyakit jantung pada seseorang tetapi juga dapat mengurangi dan mencegah reaksi peradangan yang terjadi dalam tubuh. Sebuah riset yang dilakukan olej Lagrue Lak Hal dan Andrian Sitohaina ditahun 2006 juga melaporkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi anggur merah setiap harinya memiliki resiko lebih rendah mengalami radang. dan lebih cepat sembuh dari lukanya.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Source: Myriams Fotos

Cukup mengejutkan karena faktanya, minuman anggur merah yang memabukkan ini justru bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah seseorang terinfeksi penyakit. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian Estruch et al ditahun 2004 yang menyebutkan bahwa senyawa antioksidan yang terkandung dalam anggur merah dapat meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh dan mereka yang mengkonsumsi anggur merah secara rutin memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Source: Frolicsomepl

Masalah darah tinggi atau hipertensi kerap dialami oleh sebagian orang dan red wine atau anggur merah bisa jadi salah satu obatnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jiminez et al ditahun 2008 menyebutkan bahwa anggur merah memiliki efek vasorelaxing atau mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh dan sangat efektif apabila dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi atau mereka yang memiliki masalah dengan jantung.

6. Mencegah Diabetes

Source: Tumisu

Mengkonsumsi setidaknya 250ml anggur merah setiap hari dapat mencegah penyakit diabetes type 2 yang biasanya disebabkan karena rendahnya produksi insulin atau kurangnya sensitifitas insulin dalam tubuh. Beberapa studi telah membuktikan bahwa senyawa polifenol yang terkandung dalam anggur merah seperti resveratrol, quercetin, catechins, dan anthocyanins dapat meningkatkan sensitifitas insulin secara signifikan dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Tidak hanya itu konsumsi anggur merah secara rutin juga bisa merangsang sel beta langerhans dalam pankreas untuk memproduksi lebih banyak insulin. Wah menakjubkan ya!

7. Mencegah Penyakit Alzheimer

Source: Geralt

Ungkapan pemabuk tua memiliki otak yang lebih cerdas memang tidak salah lho, guys! Faktanya mereka yang rutin mengkonsumsi anggur merah setiap harinya memiliki daya ingat yang lebih baik. Hal ini dikarenakan senyawa antioksidan yang terkandung dalam anggur merah juga berfungsi dalam melindungi sel otak dari kerusakan. Studi yang dilakukan oleh Letenneur Pinder dan Sandler ditahun 2004 juga melaporkan bahwa senyawa aktif dalam anggur merah dapat mencegah kerusakan otak yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer dan dementia diusia lanjut.

8. Mengobati Penyakit Maag

Source: Mabel Amber

Sebuah studi yang dilakukan oleh Gao et al ditahun 2010 melaporkan bahwa senyawa antioksidan dan antibakteri yang terkandung dalam anggur merah dapat menurunkan dan mengobati infeksi bakteri Helycobacter pylori yang merupakan bakteri penyebab penyakit maag atau radang lambung. Mengkonsumsi anggur merah secara rutin mampu menghambat pertumbuhan bakteri H. pylori tersebut secara signifikan sekaligus mengobati penyakit maag yang disebabkan oleh bakteri tersebut.

9. Mencegah Kerusakan Mata

Source: Pexels

Antioksidan polifenol dan senyawa aktif lain dalam anggur merah juga berperan dalam menjaga kesehatan organ mata dan penglihatan. Senyawa aktif tersebut bekerja melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Obisesan et al.ditahun 1990 menyebutkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi anggur merah memiliki resiko yang lebih rendah menderita Age Macular Degeneration atau kerusakan mata dan penurunan fungsi penglihatan akibat penuaan.

10. Menjaga Kesehatan Hati Hingga Usia Senja

Source: Skeeze

Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan jantung manusia, anggur merah juga bisa memberikan efek positif bagi organ hati atau liver. Menurut studi yang dilakukan ditahun 2005 oleh Pinzani et al, mereka yang berusia diatas 50 tahun dan rutin mengkonsumsi anggur merah sebanyak 500ml perharinya memiliki organ hati yang lebih baik daripada mereka yang bukan peminum. Fungsi perlindungan hati ini tentunya dilakukan oleh senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel-sel hati dari kerusakan.

Demikian manfaat anggur merah yang bisa kamu ketahui. Apakah kamu telah mengetahui manfaat tersebut sebelumnya? “So, enjoy your wine together with friends”

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Kesehatan