Ini 10 Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil, Penting Diperhatikan!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Brusalvate

Makanan selama kehamilan memang harus diperhatikan dengan baik sebab makanan tersebut menunjang tumbuh kembang janin didalam kandungan. Selain itu juga penting bagi ibu hamil agar dapat melalui kehamilannya tanpa masalah serius. Disarankam untuk makan dalam porsi kecil tapi sering, karena saat hamil ibu menjadi mudah lapar. Berikut makanan yang baik untuk dikonsumsi saat hamil untuk menunjang kesehatan ibu dan juga janin.

1. Pisang

Buah pisang dikenal sangat kaya manfaat, tak hanya untuk membantu program diet saja buah yang memiliki warna kuning saat matang ini sangat baik untuk ibu hamil. Kandungan asam folatnya membantu menjaga kehamilan fari resiko kecacatan pada janin. Selain itu mengkonsumsi pisang di awal masa kehamilan mampu meredakan morning sickness yang sering membuat ibu hamil kewalahan dan sering kekurangan nutrisi. Karena rasa pisang mampu menekan rasa mual yang berlebih.

2. Telur

Protein sangat penting dikonsumsi dalam masa kehamilan, apalagi kuning telur yang mandundung kolin sangat baik untuk perkembangan sistem saraf otak pada janin. Dan juga dapat mencegah adanya kecacatan pada tabung saraf pada otak janin selama perkembangan. Selain kolin didalam telur juga kaya vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan tubuh selama masa kehamilan. Meski mengandung kolesterol, namun bukan yang berbahaya bagi tubuh justru sangat dibutuhkan demi meningkatkan perkembangan janin secara menyeluruh.

3. Ikan Salmon

Tak hanya kaya protein yang berkualitas, ikan salmon disebut – sebut kaya kandungan lemak omega -3 yang baik untuk menunjang perkembangan janin juga menjaga mood ibu selama kehamilan. Tak sepertu ikan laut yang dikhawatirkan tinggi kandungan merkuri yang dapat membahayakan janin. Ikan salmon nyatanya cukup rendah kandungan merkurinya dan dinyatakan aman dikonsumsi untuk ibu hamil oleh badan pengawas obat dan makanan di Amerika. Meskipun demikian tetap konsumsi dalam batas wajar dan tak lebih dari 1 kg per minggu.

4. Kacang – Kacangan

Source:ย Forwimuwi

Kacang mengandung serat dan protein yang lebuh tinggi jika dibandingkan dengan semua sayuran. Kacang polong, kacang merang, kacang hijau dan maaih banyak jenis kacang – kacangan lainnya yang tentu akan saangat bagus untuk diet kehamilan. Saat hamil proses pencernaan akan sedikit melambat dan terkadang bisa menyebabkan sembelit. Serat dalam kacang – kacangan akan membantu memperlancar proses pencernaan dan membantu penyerapan racun dalam tubuh sehingga sistem cerna menjadi lebih ringan dan sehat.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar atau orang barat menyebutnya sebagai sweet potato ternyata juga bisa menjadi salah satu makanan yang bagus untuk ibu hamil. Ini karena kandungan serat dan juga mineralnya yang berlimpah sangat bagus untuk dikonsumai selama kehamilan. Ada banyak warna yang dimiliki ubi jalar dan semuanya sangat baik untuk ibu hamil, terutama ubi jalar yang berwarna orange. Karena warna orange tersebut mengindikasikan kandungan senyawa karotenoid yang bila masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

6. Yogurt

Salah satu produk turunan dari susu ini merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil. Sebab yogurt dapat menjadi sumber kalsium yang sangat baik dan dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu pembetukan tulang pada tubuh janin. Jika ibu kurang asupan kalsium maka hal ini dapat berpengatuh langsung pada janin. Asupan nutrisi seimbang penting demi memjaga ibu dan janin tetap dalam kondisi sehat dan prima hingga waktu kelahiran tiba.

7. Sayuran Hijau

Sayuran menjadi salah satu makanan yang sangat penting untuk dikonsumsi selama kehamilan berlangsung. Bukannya tanpa sebab, sayuran hijau nyatanya mengandung mineral dan vitamin yang lebih banyak yang tentu merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil. Banyak sekali sayuran hijau yang bisa didapat disekitar kita, misalnya saja bayam, sawi hijau, brokoli, kangkung dan semua sayuran yang memiliki warna hijau. Dan jangan lupa untuk memasaknya dengan kematangan sempurna agar bakteri jahat tak ikut masuk ke dalam tubuh.

8. Daging Tanpa Lemak

Daging merupakan sumber protein hewani yang baik selama kehamilan selain telur dan ikan. Bisa daging unggas seperti ayam dan bebek maupun daging merah dari sapi, tapi usahakan hindari daging kambing. Dan daging yang terbaik adalah daging yang tanpa lemak, agar terhindar dari resiko lemak jenuh yang dimiliki lemak dalam daging. Bila memilih daging ayam, pilh bagian dadanya saja karena selain rendah lemak ย juga lebih tinggi kandungan seratnya. Ternyata tak hanya tinggi protein saja, daging juga sangat tinggi kolin yang baik untuk perkembangan otak pada janin.

9. Alpukat

Buah yang memiliki kulit agak keras dan berwarna hijau ini nyatanya makanan yang baik untuk ibu hamil. Meski mengandung lemak tapi lemak yang baik untuk tubuh, terutama untuk menjaga organ jantung tetap dapat bekerja dengan baik dan maksimal. Selain itu juga tinggi serat dan juga vitamin C, K dan B6 yang baik untuk menjaga metabolisme tubuh. Alpukat bisa di makan dengan gula atau dibuat jus dengan tambahan madu sebagai pengganti manis dari gula pasir.

10. Susu Tanpa Lemak

Tubuh membutuhkan sekitar dua kali lebih banyak asupan kalsium dari makanan saat sedang hamil, sehingga kebutuhan kalsium harian bisa saja tetap. Tapi karena kebanyakan dari kita terlalu sedikit mendapatkan asupan kalsium setiap harinya, karenanya konsumsi susu tanpa lemak untuk mengawali hari adalah langkah yang cerdas. Karenanya saat hamil disarankan untuk mencukupi kebutuhan kalsium setidaknya satu gelas setiap harinya untuk membantu menjaga kecukupan kalsium harian tubuh.

Makanan yang baik untuk ibu hamil bisa didapatkan disekitar kita, dan tak perlu yang mahal harganya namun dengan menu seimbang dan tepat. Saat hamil, ibu akan merasa mudah lapar sehingga disarankan untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi sedikit tapi sering. Pilih makanan yang baik untuk kehamilam agar kesehatan tetap selalu terjaga hingga masa persalinan berlangsung.ย So, keep your healthy with good foods. Ladies!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary, Pregnancy