10 Pantai Yang Mempesona Di Gunung Kidul

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Stevano

Siapa bilang jika berlibur ke Jogjakarta kita hanya bisa datang ke Borobudur dan Malioboro saja. Kamu bisa datang ke banyak pantai yang ada di Jogja, tepatnya di Gunung Kidul Jogjakarta. Disana kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam pantai dengan lokasi yang berbeda. Kamu bisa menikmati pemandangan pantai yang diselimuti pasir putih, dan air laut yang begitu mempesona mata pelancong. Jika kamu ingin coba mengunjungi pantai di Gunung Kidul, yuk masukan 10 daftar pantai ini dalam agenda mu.

1. Pantai Siung

Pantai Siung adalah salah satu pantai yang terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Pantai ini berjarak kurang lebih sekitar 70 km dari Kota Jogja, dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam lamanya. Di Pantai ini kamu bisa menikmati keindahan alam yang begitu menakjubkan, disini juga ada banyak batu karang yang sangat besar dan mirip sekali dengan gigi seekor kera ( Siung Wanara ). Selain itu pantai ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi panjat tebing, karena di pantai ini terdapat tebing yang lumayan menarik.

2. Pantai Pok Tunggal

Pantai kedua adalah Pantai Pok Tunggal yang terletak di Kecamatan Tepus. Pantai ini sebenarnya hampir sama seperti Pantai Siung, karena pantai ini juga memiliki tebing-tebing dan batu karang yang indah. Pantai ini termasuk pantai yang masih terbilang baru, karena pantai ini baru terpublish sekitar tahun 2012. Selain itu Pantai Pok Tunggal memiliki suatu sumber air tawar, dan sumber ini berasal dari sungai bawah tanah.

3. Pantai Indrayanti

Tahukah kamu jika nama dari Pantai Indrayanti, berasal dari nama seorang pemilik kafe di pantai tersebut. Dan nama dari pantai sebanarnya adalah Pantai Pulang Sawal ( Pantai Pulsa ). Pantai Indrayanti ini memiliki pengunjung yang cukup ramai, selain itu pantai ini masih sangat bersih dan alami. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan air yang jernih, sehingga asik sekali jika kamu datang kesini bersama sahabat, pasangan dan keluarga.

4. Pantai Sundak

Pantai yang keempat adalah pantai yang memiliki sebuah nilai sejarah dari pertarungan antara anjing dan landak. Dan nama tersebut diambil dari kata Asu yang berarti Anjing dan Landak, dan disingkat menjadi “Sundak”, tentu menarik sekali bukan ?? Selain itu kamu juga bisa menikmati suasana pantai yang tenang, dan kamu bisa datang kesini bersama sahabat, pasangan dan keluarga.

5. Pantai Krakal

Kali ini kita akan membahas tentang pantai yang kelima, yaitu Pantai Krakal yang terletak di Kecamatan Tanjungsari. Pantai yang satu ini memiliki pemandangan yang sangat indah, pasir di pantai ini berwarna putih dan ombak yang sangat tenang. Keindahan pantai ini semakin terasa dengan adanya batuan karang yang terletak dibibir Pantai Krakal. Kamu juga bisa menginap di Hotel sekitar pantai, tidak hanya itu disekitar pantai ini juga ada beanyak restoran yang menyajikan berbagai olahan seafood.

6. Pantai Baron

Pantai yang keenam adalah Pantai Baron yang memiliki sungai air tawar dari sumber bawah tanag. Pantai ini bisa dibilang sudah cukup terkenal di Gunung Kidul,  Pantai Baron berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Di pantai ini kamu bisa menemukan beberapa fasilitas yang menarik, misalnya saja seperti tempat pelelangan ikan, wisata bahari dan yang lainnya. Selain itu pada saat satu suro di Pantai Baron selalu di adakan sebuah upacara oleh masyarakat sekitar.

7. Pantai Kukup

Pantai Kukup adalah sebuah pantai yang terletaj di Kecamatan Tanjungsari, dan pantai ini bertetangga dengan Pantai Baeon dan Krakal. Pantai Kukup sering sekali didatangi pelancong lokal maupun asing, tentu karena pesona pantai ini yang begitu enggan untuk dilewatkan. Sebagian orang menganggap pantai ini sebagai Tanah Lot 2 versi Jogja, karena di pantai ini ada sebuah batu karang yang besar dan mirip seperti batu karang yang ada di Tanah Lot Bali.

8. Pantai Ngobaran

Pantai yang kedelapan adalah Pantai Ngobaran yang terletak di Desa Kanigoro, Saptosari. Jika kamu perhatikan, pantai ini hampir mirip seperti sawah yang ditumbuhi rumput laut. Pantai ini memiliki 4 tempat ibadah, dan 4 tempat ini memiliki kepercayaan yang berbeda-beda tentunya. Pantai ini memiliki nilai sejarah dari keturunan Raja Majapahit, selain itu disini juga disediakan masjid untuk umat Islam yang hendak menjalankan sholat.

9. Pantai Ngrenehan

Jika kamu ingin menikmati indahnya bukit kapur disekitar pantai, maka kamu bisa datang ke pantai yang satu ini. Pantai Ngrenehan adalah pantai yang memiliki sebuah pemandangan bukit kabur yang sangat indah. Disini banyak sekali nelayan memarkirkan perahu yang biasa mereka gunakan untuk mencari ikan di laut. Selain itu setiap hari raya Nyepi di Pantai Ngrenehan ini selalu ada upacara Melasti, upacara ini di adakan masyarakat yang beragama Hindu.

10. Pantai Sepanjang

Pantai yang terakhir adalah Pantai Sepanjang yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Pantai ini bisa terbilang masih baru dan jarang pengunjung, selain itu masih belum begitu banyak bangunan permanen di sekitar pantai ini. Kamu bisa datang ke panatai ini bersama sahabat, pasangan dan keluarga, karena ombak di pantai ini terbilang sangat bersahabat dengan pengunjung.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Trip and Travel