10 Tips Jitu Cara Untuk Cepat Hamil

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source : Public Domain Pictures

Siapa yang tak ingin segera dikaruniai momongan setelah menikah? Memiliki buah hati adalah impian hampir setiap para pasangan. Namun pada kenyataannya, tidak semua pasangan diberikan anugrah itu dengan cepat. Meski begitu, berbagai upaya tetap dapat Anda lakukan demi mendapatkan momongan buah cinta Anda dan pasangan. Bagi Anda yang ingin cepat hamil, berikut beberapa tips yang patut untuk dicoba.

1. Kenali Siklus Haid dan Masa Subur


Source : Basti93

Sebagai wanita, sangat penting untuk mengenali siklus haid Anda. Siklus haid adalah rentang waktu antara hari pertama haid saat ini dengan hari pertama haid selanjutnya. Dengan mengenali siklus haid, Anda dapat memperkirakan masa subur Anda. Masa subur diperkirakan dengan menghitung siklus haid terpendek dikurangi 18 hari, atau siklus haid terpanjang dikurangi 11 hari.

Selain itu, masa subur juga dapat diperkirakan dengan mengukur suhu basal tubuh. Suhu basal tubuh dapat diukur ketika Anda baru bangun tidur dan belum melakukan kegiatan apapun. Jika suhu basal Anda meningkat, dapat diperkirakan kalau itu adalah masa subur Anda. Masa subur juga dapat dikenali dengan adanya lendir serviks yang mengalami perubahan warna dan tekstur.

2. Konsumsi Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan


Source : Jill111

Sayuran hijau, kacang-kacangan, dan susu merupakan beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan Anda. Anda juga dapat mengkonsumsi makanan lain yang mengandung vitamin dan protein tinggi. Namun jangan salah, makanan-makanan itu bukan hanya perlu dikonsumsi oleh Anda. Pasangan Anda pun perlu mengkonsumsinya karena bukan hanya Anda yang perlu meningkatkan kesuburan, tapi pasangan Anda juga.

3. Hindari Kopi, Rokok, dan Alkohol


Source : Pexels

Kopi mengandung kafein stimulan yang dapat menganggu proses pergerakan telur dari ovarium ke rahim. Bukan hanya itu, kopi juga dapat mengganggu proses pematangan sel telur sehingga menghambat terjadinya kehamilan. Jadi bagi Anda yang sering mengkonsumsi kopi, mungkin ini saatnya untuk mengurangi kadar konsumsi Anda, ya.

Sedangkan rokok dan alkohol memang sudah terbukti berbahaya bagi tubuh, baik sedang program hamil ataupun tidak. Terlebih lagi saat Anda ingin cepat hamil, perlu menghindari betul kedua hal yang membahayakan tubuh ini. Selain itu, Anda juga perlu mengurangi penggunaan obat-obatan yang berlebihan karena dapat meningkatkan resiko komplikasi pada bayi nantinya.

4. Posisi dan Frekuensi yang Tepat


Source : Sasint

Untuk cepat hamil, posisi berhubungan intim yang disarankan adalah posisi pria yang diatas. Hal ini dapat membantu memudahkan sperma lebih mudah sampai ke leher rahim. Selain itu, Anda dan pasangan juga perlu mengatur frekuensi berhubungan intim. Upayakan berhubungan intim saat masa subur supaya sel telur dapat dengan cepat dibuahi. Kalau bisa juga berikan jeda minimal sehari supaya pria dapat menjaga kualitas spermanya.

Namun yang terpenting adalah, lakukan hubungan intim dengan rileks dan nyaman. Sebisa mungkin nikmati saja hubungan Anda dengan pasangan, dengan posisi atau frekuensi apapun. Jangan menjadikan beban atau keharusan demi cepat hamil semata.  Justru ketika terbebani, tubuh Anda akan mengalami kesulitan dalam proses pembuahan.

5. Perhatikan Cairan Pembersih


Source : Chezbeate

Jika Anda sering menggunakan cairan pembersih untuk Ms. V, Anda perlu memperhatikan lagi penggunaannnya dengan baik. Sebaiknya tidak gunakan cairan pembersih setelah melakukan hubungan intim. Hal ini karena cairan pembersih memiliki kandungan yang justru dapat mematikan sperma.

6. Olahraga Teratur


Source : Public Domain Pictures

Olahraga yang teratur juga merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga kualitas tubuh Anda. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti senam atau jogging. Namun jangan sampai melakukan olahraga yang berlebihan, karena justru dapat mengakibatkan ketidakseimbangan hormon dan mengganggu masa subur.

7. Gaya Hidup Sehat


Source : Stevepb

Untuk dapat cepat hamil, biasakan menjalani pola hidup sehat mulai dari sekarang. Seperti yang telah diulas diatas, Anda perlu mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan menghindari alkohol serta rokok. Selain itu, Anda juga perlu mendapatkan tidur yang cukup supaya kondisi tetap prima. Anda dapat pula mengkonsumsi suplemen tambahan seperti vitamin dan produk herbal untuk menjaga kesehatan tubuh.

8. Konsultasi ke Dokter


Source : Voltamax

Jika Anda sudah berusaha berbagai cara namun belum juga diberikan momongan, mungkin ini saatnya bagi Anda untuk berkonsultasi pada ahlinya langsung. Datanglah pada dokter kandungan untuk mengkonsultasikan keadaan Anda. Usahakan datang dengan pasangan supaya dapat berkonsultasi bersama, karena soal kehamilan bukan hanya masalah dan tanggungan Anda.

9. Berpikir Positif  dan  Hindari Stres


Source : Ramdlon

Terus terobsesi untuk hamil justru akan membuat Anda stres dan menghambat kehamilan itu sendiri. Jangan jadikan kehamilan sebagai beban atau kewajiban yang harus Anda lakukan. Ingat, kebahagiaan Anda bukan terletak pada mendapat anak atau tidak, tapi justru bagaimana Anda mensyukuri hidup yang telah diberikan. Sering-seringlah berpikir positif, seperti mensyukuri keberadaan pasangan yang sudah Anda miliki saat ini.

10. Perbanyak Berdoa


Source : Hamed Saber

Hidup dan mati berada di tangan Tuhan, karena itu mintalah pada yang mengaturnya. Perbanyaklah berdoa untuk diberikan anugrah sebagai pelengkap kehidupan Anda dan pasangan. Namun, jangan lupa kalau segala sesuatu akan diberikan dengan tepat di saat yang tepat. Percayalah bahwa rencana Tuhan selalu indah dan baik untuk Anda.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan dapat cepat hamil. Apapun usaha yang Anda lakukan, tetaplah konsisten dan bersabar dalam menjalankannya. Jika saat ini Anda belum juga dikaruniai momongan, jangan cepat putus harapan. Tetaplah berusaha, bersabar, dan berdoa. So, keep trying and praying!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Children