10 Fakta Yang Kamu Harus Tahu Tentang Puncak Gunung Merbabu

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Buitenzorgen

Melakukan travelling dengan tema alam adalah sesuatu yang menyenangkan sekali, baik itu ke pantai, gunung, air terjun dan lain sebagainya. Dan kali ini kita akan membahas tentang gunung yang sangat terkenal di Indonesia, bahkan gunung ini juga terkenal di hampir seluruh pecinta alam di dunia. Gunung Merbabu adalah gunung yang sering sekali didatangi pengunjung, gunung ini memiliki pesona alam yang begitu luar biasa indahnya. Tidak jarang para turis asing maupun lokal rela melakukan perjalanan panjang demi menikmati keindahan Gunung Merbabu. Biasanya para pendaki membuat sebuah rombongan untuk melakukan pendakian ke puncak Gunung Merbabu, mereka membuat rombongan dengan tujuan agar bisa menikmati keindahan alam bersama-sama. Kali ini kita akan membahas 10 fakta tentang puncak Gunung Merbabu, yuk simak yang berikut ini.

1. Terletak Di 3 Kabupaten

Tahukah kamu jika Gunung Merbabu terletak di 3 Kabupaten di Jawa Tengah. Gunung ini memiliki 3 bagian yang berada di Kabupaten yang berbeda, sehingga membuat gunung ini memiliki kawasan yang cukup luas. Untuk lereng gunung di sebelah timur dan  lereng gunung sebelah selatan terletak di Kabupeten Boyolali. Dan untuk Lereng gunung yang berada disebelah barat, masuk dalam wilayah Kabupaten Magelang. Sedangkan lereng gunung yang di sebelah utara masuk dalam wilayah Kabupaten Semarang.

2. Sudah Meletus 3 Kali

Pada umumnya yang orang tahu jika Gunung Merbabu, adalah gunung yang tenang dan tidak pernah membuat kehebohan seperti Merapi. Tahukah kamu jika Gunung Merbabu ternyata pernah meletus sekitar tahun 1560 – 1797. Dan pada tahun 1570 juga sempat diberitakan meletus, namun pada saat itu tidak ada informasi lebih lanjut mengenai berita tersebut.

3. Ada 5 Jalur Pendakian Menuju Puncak

A post shared by Agus Budiarto (@abudiarto_) on

Jika kamu ingin datang dan mendaki ke Puncak Gunung Mebabu, maka kamu bisa mencoba 5 jalur yang bisa dilalui. Untuk menuju ke Puncak Gunung Merbabu kamu bisa memilih salah satu trek dari 5 jalur ini. Nama jalur yang bisa dilewati untuk menuju ke Puncak Merbabu bernama Jalur Wekas, Jalur Chuntel, Jalur Thekelan, Jalur Selo dan yang terbaru adalah Jalur Suwanting.

4. Meliliki 7 Puncak Merbabu

A post shared by Agus Budiarto (@abudiarto_) on

Pada umumnya sebuah gunung hanya memiliki 1 hingga 2 puncak saja. Tahukah kamu jika Gunung Merbabu memiliki 7 puncak yang berbeda, dan kamu bisa mengunjungi ketujuh puncak ini. Nama dari ketujuh Puncak Gunung Merbabu ini adalah Puncak Watu Tulis, Puncak Trianggulasi, Puncak Geger Sapi ( Geger sapi = Punggung sapi ),  Puncak Syarif, Puncak Kenteng Songo , Puncak Watu Gubuk dan Puncak Ondorante.

5. Memiliki 5 Kawah

Sebuah gunung pasti memiliki kawah, dan pada umumnya kawah tersebut berjumlah saja. Tapi tahukah kamu jika Gunung Merbabu memiliki lebih dari satu kawah. Gunung yang bisa dilewati dari salah satu 5 jalur pendakian ini, ternyata juga memiliki 5 kawah yang juga berbeda-beda namanya. Nama kawah yang ada di gunung ini antara lain seperti kawah Condrodimuko, kawah Rebab,  kawah Kombang, kawah Kendang, kawah Sambernyowo,

6. Terdapat 5 Kawasan Hutan

Pada umumnya gunung memiliki hanya satu atau dua hutan saja, namun lain halnya dengan Puncak Gunung Merbabu yang dikelilingi 5 hutan lebat. Merbabu tidak hanya memiliki 5 kawah saja, tapi tahukah kamu jika Merbabu memiliki 5  kawasan hutan yang lebat. Kawasan hutan yang mengelilingi Puncak Merbabu antara lain Kawasan Dipterokarp Bukit, Hutan Ericaceous, Hutan Montane,, Kawasan Dipterokarp Atas, Hutan Gunung.

7. Memiliki Ketinggian 3.145 Mdpl

Tahukah kamu jika Puncak Gunung Merbabu ternyata lebih tinggi dari pada Gunung Merapi. Ketinggian gunung ini mencapai 3.145 Mdpl, sedangkan Gunung Merapi memiliki ketinggian 2.930 Mdpl. Jika kamu ingin memperhatikan ketinggian Gunung Merbabu dan Gunung Merapi, kamu bisa melihatnya dari sebelah selatan Gunung Merbabu dan pasyi akan terlihat jika Gunung Merapi lebih rendah dari Merbabu.

8. Dapat Melihat Gunung Merapi

Dari keterangan nomor tujuh dijelaskan jika Puncak Gunung Merbabu lebih tinggi dari pada Gunung Merapi. Dengan begitu sudah jelas bukan, jika kita bisa melihat jelas Gunung Merapi dari Puncak Merbabu. Dan pemandangan ini bisa kamu lihat dengan jelas ketika cuaca mendukung. Disini kamu bisa menikmati pemandangan bersama orang yang kamu sayangi, sahabat atau juga keluarga.

9. Memiliki Padang Rumput Yang Hijau

Siapa sangka jika Puncak Gunung Merbabu ternyata memiliki padang rumbut yang begitu hijau. Kamu akan melihat pemandangan yang indah ini jika kamu melewati Jalur Selo. Dengan melewati Jalur Selo kamu bisa menikmati padang rumput yang membentang luas, bahkan kamu akan merasakan taman diatas awan. Selain itu kamu juga akan menemukan beberapa tanaman bunga Edelweish disekitar padang rumput Puncak Merbabu.

10. Sunrise Yang Indah

Turis yang mendaki pada umumnya melakukan pendakian tersebut untuk mendapatkan momen indah seperti sunrise. Dan tahukah kamu jika sunrise yang ada di Puncak Merbabu memberikan kenangan yang tidak akan terlupakan di dalam hidup mu. Kamu bisa melihat sunrise diatas Puncak Gunung Merbabu bersama sahabat atau pasangan mu dan tentu dengan melakukan perjalanan melalui salah satu jalur menunju Puncak.

Selamat Mendaki !

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Perjalanan