10 Perbedaan Kopi Robusta Dan Arabica Ini Pastinya Harus Diketahui Pecinta Kopi

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Pexels

Kopi, minuman yang satu ini sangat populer diseluruh dunia dan untuk sebagian orang melewatkan hari tanpa mengkonsumsi kopi akan terasa sangat membosankan. Berbagai jenis kopi bisa kita temukan dipasaran maupun di kedai yang menyajikan kopi, mulai dari kopi hitam seperti espresso  atau kopi dengan campuran krim dan susu seperti cappuccino, frappe, dan lain sebagainya. Ada lebih dari 100 spesies  tanaman kopi di dunia ini tapi dua jenis kopi yang paling terkenal adalah jenis Arabica dan Robusta. Lalu apakah perbedaan diantaranya keduanya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Rasa Kopi

Source: Unsplash

Hal yang mendasar dan bisa dikenali dengan baik adalah rasa kedua jenis kopi ini sendiri. Kopi Arabica cenderung memiliki rasa yang lebih halus, lebih manis dan sedikit lebih asam sementara kopi robusta memiliki rasa yang lebih kuat dan ‘terbakar’ dibandingkan dengan kopi jenis Arabica. Bisa dibilang rasa kopi Arabica lebih baik daripada kopi jenis Robusta.

2. Kandungan Kafein

Source: Michelprado

Kafein adalah kandungan kopi yang paling dikenal dan senyawa inilah yang juga mempengaruhi rasa kopi. Kopi robusta memiliki rasa yang lebih kuat karena kandungan kafein didalamnya hampir dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan kafein kopi Arabica. Sebagai informasi, kandungan kafein dalam kopi Arabica adalah 1,5% sementara pada kopi Robusta kandungan kafeinnya mencapai 2,7%.

3. Kualitas Kopi

Source: Josealbafotos

Biji kopi Arabica memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan kopi Arabica karena kandungan kafein, rasa atau faktor lainnya. Meskipun kopi Arabica memiliki kualitas yang lebih baik, beberapa jenis kopi robusta juga memiliki kualitas yang tinggi dan biasa digunakan sebagai campuran dalam membuat kopi espresso.

4. Kandungan Lemak Dan Gula

Source: Alphanumericlogic

Selain memiliki perbedaan kandungan kafein, hal lain yang membedakan kopi robusta dan Arabica adalah pada kandungan lemak dan gulanya. Kandungan lemak dan gula dalam kopi Arabica lebih tinggi daripada kopi robusta hingga kadarnya mencapai 60%. Kandungan lemak dan gula yang tinggi inilah yang membuat kopi Arabica lebih enak dan disukai.

5. Kemudahan Dalam Budidaya

Source: Pexels

Kopi robusta secara umum lebih mudah ditanam daripada jenis kopi Arabica. Tanaman kopi robusta dapat tumbuh lebih cepat dan biji kopinya lebih matang. Selain itu biji kopi robusta yang mengandung kafein lebih tinggi juga tidak mudah diserang hama dibandingkan dengan Arabica. Sementara itu tanaman kopi Arabica lebih sulit dibudidayakan karena lebih mudah terkena hama dan tidak dapat tumbuh didaerah dataran rendah. Selain itu, butuh waktu bertahun-tahun lamanya agar biji kopi Arabica matang sepenuhnya.

6. Harga Biji Kopi

Source: BITLAKE

Kualitas dan kemudahan budidaya kopi tentunya menjadi salah satu faktor penentu harganya dipasaran. Kopi robusta lebih mudah dibudidayakan dan rasanya kurang nikmat dibandingkan dengan kopi Arabica sehingga tentu saja harganya lebih murah. Kebanyakan kopi instant yang ditemukan dipasaran tentu saja menggunakan jenis kopi robusta dan bukannya Arabica.

7. Bentuk Biji Kopi

Source: Mammela

Bentuk biji kedua jenis kopi ini juga sedikit berbeda. Jenis kopi robusta memiliki bentuk biji yang lebih bulat sementara biji kopi jenis Arabica memiliki bentuk biji yang lebih oval. Jadi dengan mengetahui bentuk bijinya saja kamu pasti sudah bisa membedakan kedua jenis kopi tersebut meskipun akan sulit membedakannya jika sudah digiling menjadi bubuk.

8. Tinggi Tanaman Kopi

Source: Sarangib

Selain bentuk bijinya, tanaman kopi Arabica dan Robusta juga bisa dibedakan dari tinggi tanamannya. Tinggi tanaman kopi robusta bisa mencapai dua kali lipat tanaman kopi Arabica dengan tinggi tanaman mencapai 4,5 hingga 5 meter sementara tanaman kopi Arabica sendiri tingginya hanya mencapai 2,5 hingga 4,5 meter saja.

9. Kandungan Asam Klorogenik

Source: Tristantan

Kandungan asam klorogenik atau chlorogenic acid (CGA) dalam kopi juga bisa menjadi faktor pembeda lainnya dalam membedakan kedua jenis kopi ini. Jenis asam ini adalah komponen antioksidan yang dikandung kopi dan merupakan komponen antiserangga lainnya yang melindungi tanaman dari serangan hama. Kandungan asam klorogenik dalam kopi robusta juga lebih tinggi dibandingkan Arabica. Kandungan CGA atau asam klorogenik dalam robusta mencapai 7-10% sementara Arabica hanya mengandung 5,5-8% CGA.

10. Produksi Kopi Dunia

Source: Terimakasih0

Meskipun lebih sulit dibudidayakan ternyata hampir 75% persen kopi yang dihasilkan didunia adalah dari jenis Arabica sementara persentase jenis kopi robusta yang dibudidayakan hanya 25%. Kopi Arabica lebih banyak diproduksi dinegara Amerika selatan seperti Brazil sementara kopi jenis robusta banyak dikonsumsi di Asia seperti Vietnam dan Indonesia.

Sebagai pecinta kopi, apakah kamu sudah tahu perbedaan keduanya seperti yang dijelaskan diatas? Jangan bingung lagi jika ada yang menanyakan perbedaan diantara keduanya ya! “Enjoy your day and drink coffee for pleasure”

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary