10 Cara Ampuh untuk Mengatasi Ngantuk saat Bekerja atau Belajar

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Concord90

Rasa kantuk adalah hal yang sering datang namun sulit diatasi baik ketika berada di kantor maupun saat belajar. Hal ini tentunya akan menghambat produktifitas kita ketika bekerja ataupun belajar. Oleh karena itu, perlu sekali untuk mengetahui hal-hal yang dapat membantu mengatasi ngantuk berikut ini.

1. Terus bergerak

Source: WolfBlur

Ketika Anda bergerak, tentunya Anda tidak akan tertidur. Seperti mencoret-coret atau melakukan gerakan-gerakan kecil akan membantu Anda untuk mengatasi rasa ngantuk ketika di kelas atau di kantor. Berjalan sejenak juga akan membuat Anda terjaga. Anda bisa izin ke kamar mandi atau berdiri dan bergerak ke pantry mengambil minum untuk menjaga Anda dari rasa kantuk.

2. Duduk dengan tegap

Source: Alejandro Escamilla

Posisi duduk Anda cenderung akan membungkuk ketika Anda mengantuk. Ketika Anda duduk dengan postur membungkuk, Anda akan membuat otot Anda stress dan lelah yang akan menyebabkan rasa kantuk. Dengan duduk tegap, Anda akan merasa lebih energetik dan semangat. Merubah posisi duduk Anda dengan upaya agar tetap terjaga akan membantu.

3. Melakukan percakapan

Source: jamesoladujoye

Melakukan percakapan dengan orang lain juga akan membantu Anda mengatasi rasa ngantuk. Ketika Anda mengobrol, Anda berusaha fokus ke percakapan dan tidak Akan tertidur. Jika Anda berada di kelas, Anda bisa mencoba untuk memperhatikan orang lain di sekitar Anda dan akan mengobservasi orang tersebut.

4. Minum air putih

Source: Jez Timms

Rasa kantuk juga bisa jadi datang karena Anda sedang mengalami dehidrasi. Kurangnya oksigen pada otak bisa menimbulkan rasa kantuk, oleh karena itu, meminum air putih bisa membantu Anda mengalami rasa kantuk. Meminum air putih, terutama air dingin, akan membantu Anda terjaga di kelas maupun di tempat kerja.

5. Makan cemilan

Source: weinstock

Ketika Anda merasakan kantuk saat bekerja, Anda bisa coba mengambil beberapa cemilan dan menyibukan mulut Anda dengan mengunyah. Usahakan cemilan yang Anda makan adalah cemilan sehat yang tidak mengandung gula yang terlalu tinggi. Hindari juga sarapan yang mengandung gula dan karbohidrat terlalu tinggi karena akan membuat Anda mengantuk di siang hari.

6. Merenggangkan tubuh

Source:  Christopher Campbell

Rasa kantuk yang datang saat Anda di kantor atau di kelas bisa jadi dikarenakan otot Anda menjadi kaku karena kurangnya gerakan tubuh. Anda bisa mencoba untuk merenggangkan otot Anda dengan beberapa cara mudah, seperti meletakan kedua lengan di belakang tubuh, kemudian buat kedua telapak tangan Anda memegang satu sama lain. Setelah itu, coba untuk angkat lengan Anda dan Anda akan merasakan bagian dada dan punggung Anda merenggang.

7. Mengunyah es batu

Source: Hans

Mengunyah dapat membantu mengirim sinyal ke otak untuk tetap terjaga. Sementara, sensasi dingin dari es batu akan membuat otak lebih waspada. Mengunyah es batu akan membantu Anda lebih fokus ketika bekerja atau belajar. Anda juga bisa melakukan cara ini ketika Anda mengemudi saat malam hari untuk membantu Anda terjaga.

8. Mencari sumber cahaya

Source: Unsplash

Ketika Anda berada di kantor atau kelas dan merasakan ngantuk, coba untuk menatap ke jendela tempat datangnya sinar matahari. Anda juga bisa mencoba untuk keluar dari ruangan sejenak dan biarkan tubuh Anda terkespos udara luar dan cahaya matahari. Hal ini untuk mengirim sinyal ke otak bahwa Anda sedang beraktifitas di siang hari dan belum saatnya untuk tertidur. Memastikan ruangan Anda mendapat cahaya yang cukup juga dapat membantu.

9. Hindari melamun

Source: PublicDomainPictures

Melamun tentunya akan membuat Anda hilang fokus dan perlahan akan merasakan ngantuk. Cobalah untuk tetap waspada dan terjaga dengan memperhatikan hal-hal sekitar Anda dan usahakan untuk tidak melamun. Jika Anda di kelas, Anda bisa mencoba untuk memperhatikan guru Anda, menulis atau membaca agar otak Anda terus fokus.

10. Mencuci muka

Source: Leah Kelley

Mencuci muka, terutama dengan air dingin tentunya akan membantu Anda untuk tetap terjaga. Pergila ke kamar mandi sejenak dan usapkan wajah dengan sedikit air agar Anda tidak mengantuk. Pastikan jangan membasuh wajah Anda terlalu banyak karena akan mengganggu penampilan Anda saat Anda keluar dari kamar mandi. Sediakan juga handuk kecil untuk mengusap wajah Anda setelah Anda selesai mencuci muka.

Demikianlah 10 cara untuk mengatasi rasa kantuk saat Anda bekerja di kantor atau belajar, baik di rumah maupun di kelas. Semoga bermanfaat!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health, Lifestyle