10 Cara Menghilangkan Selulit Secara Natural

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Cellulite-hautSource: wikimedia

Setiap wanita pasti sudah sangat akrab dengan selulit terutamanya para wanita yang sudah pernah melahirkan. Ada beberapa penyebab bagaimana selulit bisa muncul pada hampir 90% wanita dewasa. Mulai dari kurangnya olahraga sehingga menurunnya suplai aliran darah, metabolisme yang semakin menurun, kerja hati yang lambat, mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak, pergantian hormon selama hamil dan menstruasi hingga tingginya toksin dalam tubuh.

Ada berbagai macam cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan selulit.

1. Minyak Zaitun

Source: stevepb

Minyak yang didapat dari hasil pemprosesan buah zaitun ini memang dikenal mempunyai berbagai macam khasiat. Selain kaya vitamin E dan C, minyak zaitun juga tinggi akan omega 3 dan omega 6.

Hanya perlu oleskan minyak zaitun ke area selulit lalu pijat sebentar dan diamkan selama beberapa menit. Gunakan secara teratur untuk mendapatkan efek yang maksimal. Tidak hanya sekedar menghilangkan selulit, kulitpun akan terasa lebih lembab setelah menggunakan minyak zaitun.

2. Lemon

Source: Jaro_N

Lemon yang merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, ternyata bisa menjadi salah satu alternatif menghilangkan selulit. Selain itu, kandungan abrasif yang terdapat dalam lemon dipercaya mampu meresap dan membakar lemak berlebih.

Siapkan lemon yang berwarna hijau dan belah menjadi dua bagian. Gosokkan kedua bagian lemon tersebut secara merata di bagian selulit hingga mengering. Jangan lupa untuk membilasnya menggunakan air hangat.

3. Ampas Kopi

Source: eliasfalla

Minuman yang satu ini merupakan salah satu pengusir selulit yang ampuh. Kopi merupakan scrub alami yang sangat baik untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit hingga bisa mengurangi lemak di kulit, termasuk selulit.

Siapkan tiga sendok makan kopi bubuk lalu tuangkan air panas hingga membentuk pasta. Oleskan pasta kopi ini ke area selulit dan gosok secara perlahan selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan bubuk kopi yang baru saja ditumbuk secara manual karena kandungan mineralnya masih sangat tinggi.

4. Cuka Apel

Source: Hans

Cuka apel yang dikenal sebagai obat alternatif untuk para penderita batu empedu, ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan selulit secara natural. Penggunaanya mudah sekali. Oleskan cuka apel pada perut, paha atau bokong pada malam hari sebelum tidur dan diamkan sepanjang malam. Kemudian bersihkan sisa cuka apel ini keesokan harinya ketika bangun tidur.

5. Lidah Buaya

Source: punnamjai

Tanaman yang juga dikenal dengan nama Aloe Vera ini adalah primadona penghitam rambut di kalangan para wanita. Selain itu, ia memiliki kandungan vitamin A, E dan C yang sangat tinggi sehingga baik untuk meremajakan kulit dan wajah.

Cara menggunakannya sangat mudah. Kupas bagian luar lidah buaya lalu oleskan getahnya ke bagian selulit secara merata. Jangan lupa untuk melakukan terapi ini setiap hari agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Wortel

Source: jackmac34

Kaya akan vitamin A, wortel juga bisa digunakan untuk menghilangkan selulit secara natural. Tidak sulit untuk menyulap wortel menjadi obat penghilang selulit. Kupas wortel, potong-potong lalu haluskan. Campurkan sesendok madu ke dalam adonan wortel dan oles pada bagian selulit. Diamkan selama dua jam hingga kering lalu bilas dengan air.

7. Tomat

Source: Devanath

Mudah dan murah, tomat menjadi alternatif menghilangkan selulit pada paha, betis dan bokong. Berbagai kandungan vitamin yang tinggi pada tomat ini terbukti bisa memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Cukup potong tomat menjadi dua bagian lalu oleskan secara merata pada area selulit dan pijat dengan lembut. Pijatan ini berfungsi untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan melancarkan sistem peredaran darah. Lakukan pemijatan ini sesaat sebelum mandi secara rutin.

8. Air Laut

Source: Couleur

Ternyata, terapi air laut sudah menjadi salah satu tren alternatif pengobatan yang kerap dilakukan saat ini. Kandungan garam yang tinggi dipercaya bisa membantu memudarkan dan menghilangkan selulit di kulit. Tetapi, hati-hati dalam menggunakannya karena ada beberapa orang yang alergi dengan air laut.

Sebelum melakukan terapi ini, oleskan sedikit air laut ke kulit terlebih dahulu untuk mengecek apakah kamu menderita alergi atau tidak. Campur air laut dengan air hangat lalu mandi menggunakan air ini sambil dipijat lembut di area selulit selama 15-20 menit. Lakukan setidaknya 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

9. Diet Sehat

Source: mojzagrebinfo

Selain melakukan beberapa terapi diatas, melakukan diet dengan cara memakan makanan yang sehat juga harus diimbangi. Hindari makanan cepat saji, makanan yang dimasak menggunakan minyak yang berlebihan dan makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Pilihlah makanan yang banyak mengandung glukosamin, vitamin B dan asam lemak esensial. Perbanyak makan sayur dan buah dalam diet kamu dan minum air putih secukupnya untuk mengeluarkan racun-racun dalam tubuh.

10. Rajin Berolahraga

Source: Pexels

Semua hal yang dilakukan diatas tidak dapat menghilangkan selulit secara maksimal tanpa berolahraga secara teratur. Selain membuat tubuh kamu menjadi lebih fit, olahraga dapat membakar lemak-lemak yang ada di dalam tubuh. Pilih olahraga yang berguna untuk meningkatkan masa otot agar dapat menghilangkan selulit. Berbagai jenis olahraga yang bisa kamu lakukan adalah jogging, bersepeda, pilates hingga yoga. Selamat mencoba!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health