10 Kiat Ampuh Mendapatkan Payudara Sehat Sampai Tua

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

braSource: pixabay

Payudara sehat pasti menjadi idaman setiap wanita. Maka tak mengherankan jika apapun akan dilakukan demi mendapatkan payudara sehat. Keinginan mempunyai payudara sehat terkadang tidak terpenuhi karena wanita justru salah melakukan perawatan. Lalu seperti apa sih kiat atau cara untuk mendapatkan payudara yang sehat. Berikut beberapa kiat yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan payudara sehat.

1. Jaga Nutrisi Makanan Anda


Source: Ciara Karagianni

Apa yang Anda makan akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh Anda, tidak terkecuali kesehatan payudara. Makanlah makanan yang berpengaruh baik terhadap payudara sehingga dapat menghindarkan Anda dari risiko kanker. Makanan yang baik untuk payudara antara lain sayur dan buah yang kaya akan antioksidan beta karoten. Selain itu, asam lemak omega-3 juga mempunyai peran penting dalam mengurangi risiko kanker payudara. Kandungan ini banyak didapati pada minyak ikan, alpukat, dan telur.

2. Periksa Ukuran Bra Anda


Source: ThisParticularGreg

Ukuran bra yang Anda kenakan sangat berdampak pada kesehatan payudara. Penggunaan bra yang terlalu kecil dapat menyebabkan kesulitan bernapas. Selain itu, ligamen payudara juga dapat rusak sehingga menyebabkan rasa sakit dan kendur pada payudara. Ukuran payudara mengalami perubahan, oleh karena itu periksalah secara rutin ukuran bra yang cocok Anda kenakan.

3. Olahraga secara Teratur


Source: Keith Allison

Berolahraga minimal 4 jam dalam seminggu dapat menurunkan risiko kanker payudara. Dan bagi mereka yang telah menderita kanker payudara, olahraga secara rutin akan meningkatkan harapan hidup mereka. Selain menyehatkan payudara, olahraga juga dapat membantu agar payudara terlihat kencang. Latihan dada yang dapat Anda kerjakan adalah push-up dan bench up. Lakukan latihan ini secara teratur untuk dapat meningkatkan kekencangan dan bentuk payudara.

4. Periksa Rutin Payudara Anda


Source: digital cat 

Di tengah perkembangan teknologi sekarang, kesadaran perempuan untuk rutin memeriksakan kesehatan payudara masih rendah. Tercatat baru sekitar 35% perempuan yang secara teratur memeriksa payudara dari ada atau tidaknya tanda-tanda kanker. Kesadaran pemeriksaan ini sangatlah penting karena deteksi dini penyakit kanker akan meningkatkan kemungkinan penyembuhan.

Pemeriksaan payudara dapat dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing. Anda cukup meraba payudara dan rasakan apakah ada perubahan bentuk, ukuran, serta ada atau tidaknya benjolan. Pemeriksaan secara medis dapat dilakukan dengan metode MRI (Magnetic Resonance Imaging), mammografi, atau USG.

5. Pijat Payudara


Source: Pexels

Pemijatan payudara selain berfungsi untuk menjaga kekencangan juga untuk kesehatan payudara. Lakukan pijat payudara secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal. Pijat payudara dapat dilakukan dengan menggunakan air hangat atau baby oil. Pemijatan ini dilakukan pada puting payudara dan area di sekitar puting. Lakukan pijatan ringan menggunakan tiga jari dari arah tengah ke arah luar, kemudian mengurut payudara dari atas dan samping ke arah puting dengan tangan lainnya menyangga dari bawah payudara.

6. Gunakan Cokelat untuk Masker Payudara


Source: PublicDomainPictures

Penggunaan masker payudara dapat membuat payudara menjadi halus dan mulus. Bahan-bahan masker juga dapat mempengaruhi kesehatan payudara. Misalkan saja menggunakan cokelat untuk masker payudara dapat membunuh sel kanker. Zat dalam cokelat berfungsi untuk membunuh sel kanker saat zat tersebut berinteraksi dengan enzim di tubuh.

7. Lakukan Senam Payudara


Source: Arhy82

Senam payudara berfungsi untuk mendapatkan payudara yang seksi dan sehat. Senam payudara berkonsentrasi pada area otot dada dengan tujuan otot dada berkontraksi agar payudara lebih kencang. Senam payudara sangat mudah dilakukan. Caranya dengan menyatukan kedua telapak tangan dengan tekanan di depan payudara. Lakukan gerakan ini selama tiga kali dalam 10 hitungan. Jika gerakan ini Anda lakukan dengan benar maka Anda akan merasakan kontraksi pada otot dada.

8. Hindari Merokok dan Alkohol


Source: Ken Hawkins

Konsumsi alkohol tidak hanya berbahaya bagi payudara, tetapi juga untuk organ lainnya. Alkohol merupakan salah satu faktor seseorang mempunyai kemungkinan 1,5 kali lebih tinggi untuk menderita kanker. Untuk itu mulai sekarang bersikap bijaklah untuk menjauhkan alkohol dari kehidupan Anda.

9. Perbanyak Minum Air Putih


Source: Priyanka98742

Selain berguna untuk kesehatan tubuh, air putih ternyata juga sangat menyehatkan untuk payudara. Konsumsi air putih dengan cukup setiap hari akan membuat payudara sehat, kencang, dan terlihat indah. Oleh karena itu jangan pernah lupa untuk mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya.

10. Jaga Keseimbangan Berat Badan


Source: Mojzagreinfo

Wanita dengan masalah obesitas mempunyai risiko kanker payudara yang lebih besar daripada wanita normal. Peningkatan obesitas ini dapat dikenali dengan naiknya berat badan wanita 22kg – 25kg setelah mencapai usia 18 tahun. Hal ini akan menyebabkan meningkatnya risiko kanker payudara sebesar 40%. Obesitas sering terjadi karena tidak menjaga pola makan. Makanan tinggi lemak akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Demikianlah 10 kiat ampuh untuk mendapatkan payudara sehat sampai tua. Menjaga kesehatan terutama kesehatan payduara adalah tanggung jawab masing-masing individu. Jaga selalu kesehatan payudaramu ya!

Payudara Sehat Aset Masa Depan!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health