10 Tips Bermanfaat dalam Memilih Sabun Muka yang Cocok untuk Wajah

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Leah Kelley

Membersihkan wajah dengan sabun muka merupakan hal yang perlu dilakukan dengan rutin. Namun, jika Anda salah memilih sabun muka yang sesuai dengan kulit wajah Anda, bisa jadi justru akan berisiko merusak kesehatan kulit. Oleh karena itu, simak hal-hal yang penting untuk diketahui dalam sabun muka yang pas untuk kulit wajah Anda berikut.

1. Melembabkan untuk wajah kering

Source: chezbeate

Kulit wajah kering biasanya ditandai dengan kulit yang terlalu kaku, tidak elastis dan sering terasa gatal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya lipid, yaitu zat minyak atau lemak yang dihasilkan oleh kulit sebagai pelembab. Untuk itu, pilihlah sabun muka yang membersihkan kotoran tanpa mengangkat habis minyak pada kulit. Sabun muka berbasis susu, atau minyak yang berbentuk krim dan tidak berbusa akan membantuk menghidrasi kulit wajah Anda.

2. Mengangkat minyak

Source: PublicDomainPictures

Wajah dengan jenis kulit berminyak cenderung rentan terhadap jerawat karena produksi sebum yang berlebihan. Kulit wajah berminyak biasanya ditandai dengan pori-pori yang besar dan kulit mengkilap. Ketika memilih sabun muka, pastikan produk tersebut tidak mengandung minyak dan mampu membersihkan sampai ke pori-pori, serta mengandung asam salisilat atau benzoyl peroksida untuk mencegah jerawat.

3. Bagaimana dengan kulit wajah kombinasi?

Source: Unsplash

Jika Anda memiliki kulit wajah kombinasi, itu berarti beberapa area di wajah Anda, terutama daerah T-zone (seperti dahi, hidung dan dagu) cenderung berminyak dan sementara bagian lainnya, seperti pipi dan sekitar mata, cenderung kering. Pilihlah sabun muka yang seimbang dan dapat mengangkat minyak pada kulit wajah Anda tanpa membuantnya terasa kering.

4. Si kulit wajah sensitif yang perlu perhatian

Source: kerdkanno

Dalam memilih sabun muka untuk kulit wajah sensitif perlu perhatian khusus. Pasalnya, kulit wajah sensitif sangat rentan terhadap iritasi dikarenakan tipisnya lapisan kulit luar. Oleh karena itu, hindarilah sabun muka dengan kandungan alkohol dan parfum, serta pilihlah sabun yang mengandung lidah buaya, teh hijau dan kandungan yang menenangkan lainnya.

5. Untuk kulit wajah normal

Source: Ryan McGuire

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah normal, Anda patut bersyukur karena Anda memiliki kulit wajah yang bisa menggunakan sabun muka jenis apapun. Kulit wajah normal ditandai dengan kulit yang tidak terlalu berminyak dan tidak kering, serta jarang berjerawat. Pastikan sabun tersebut tidak akan membuat kulit wajah Anda menjadi kering.

6. Sabun muka untuk jerawat

Source: Kjerstin_Michaela

Kulit wajah berjerawat memerlukan sabun muka yang mampu membersihkan kotoran pada kulit wajah secara keseluruhan tanpa mengangkat seluruh minyak pada kulit. Hindari sabun muka yang terlalu keras karena akan menyebabkan kemerahan dan iritasi. Sabun muka yang mengandung asam salisilat, natrium sulfacetamide, atau benzoyl peroksida, dipercaya mampu melawan jerawat. Kandungan emolien (seperti minyak mineral) atau humektan (gliserin) pada sabun dapat menjaga kelembaban di kulit Anda.

7. Bagaimana cara mengetahui apakah Anda cocok atau tidak?

Source: Isabell Winter

Cara mengetahui apakah Anda cocok menggunakan sabun muka tersebut adalah tentu dengan mencobanya. Jika Anda menggunakan sabun muka yang membuat kulit Anda merasa segera kering, kencang, atau gatal, maka itu berarti sabun tersebut terlalu keras. Sabun muka yang baik akan membuat kulit Anda merasa hampir sama (kecuali sedikit lebih ringan) seperti sebelum Anda membersihkan wajah.

8. Membersihkan dengan tuntas

Source: kalachairina

Jika Anda masih harus membersihkan makeup dari wajah Anda dengan toner setelah Anda mencuci muka, berarti Anda membutuhkan sabun wajah yang memiliki kemampuan mebersihkan lebih. Sabun muka yang tidak terlalu bagus juga biasanya justru membuat wajah Anda terasa lebih berminyak dari sebelumnya.

9. Perhatikan komposisi

Source: Couleur

Ada beberapa kandungan yang perlu dihindari dari produk sabun muka yang Anda akan gunakan. Pastikan sabun muka tersebut tidak mengandung natrium lauril sulfat dan natrium laureth sulfate yang merupakan deterjen sintetik. Kandungan tersebut mungkin akan terasa nyaman pada awal pemakaian karena mengangkat minyak secara keseluruhan, namun penggunaan yang berkala dapat mengikis pelindung kulit wajah Anda. Jika Anda terpaksa memilih sabun dengan kandungan tersebut, pastikan bahwa kedua bahan tersebut tidak tertulis paling awal dalam daftar komposisi di label produk.

10. Memperhatikan review produk

Source: Ryan McGuire

Mencaritahu ulasan produk sebelum membeli juga akan banyak membantu Anda. Anda bisa membaca ulasan dari orang-orang yang pernah menggunakan produk tersebut sebelumnya dan memastikan apakah produk tersebut bagus atau tidak. Sample produk maupun produk ukuran kecil juga dapat berguna untuk mengetahui apakah Anda cocok menggunakan sabun muka tersebut sebelum Anda menghabiskan uang Anda lebih banyak lagi.

Demikian 10 tips yang berguna dalam memilih sabun muka. Jika Anda memiliki kondisi kulit tertentu, Anda bisa konsultasikan dengan dokter kulit apakah ada bahan-bahan tertentu yang perlu Anda hindari. Namun, jangan sembarangan memilih dokter kecantikan.

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Kecantikan, Kosmetik