10 Cara Menyembuhkan Flu pada Anak Secara Alami tanpa Obat

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Unsplash

Seorang ibu yang baik akan selalu menjaga kesehatan dari buah hatinya. Tetapi, apa jadinya jika anak terserang flu ? Pada saat flu menyerang, tidak sedikit ibu menolak menggunakan obat sebagai peyembuh dengan alasan adanya efek samping dari penggunaan obat tersebut yang membahayakan bagi anak. Cara terbaik bagi mereka adalah cara alami. Untuk itu kita akan membahas 10 cara menyembuhkan flu pada anak secara alami tanpa obat. Mari Disimak !

1. Air Putih


Source: congerdesign

Air putih memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Ketika anak terserang flu, ibu diharuskan memberikan air putih yang cukup bagi anak karena mampu membuang virus yang menempel di tenggorokan. Air putih juga akan menggantikan cairan yang hilang akibat gejala flu yaitu demam. Tidak hanya itu saja, air putih juga mampu mengubah lendir menjadi uap air pada saluran pernapasan anak.

2. Air Hangat


Source: David D

Flu atau flu akan membuat hidung anak tersumbat dan mengganggu aktifitas lucunya. Tentunya ibu akan khawatir dengan hal tersebut. Ibu boleh memberikan air hangat sebagai antibiotik alami bagi anak agar melegakan hidung dan mencairkan lendir pada pernapasan anak sehingga mengurangi flu pada anak. Bahkan tidak hanya meminum air hangat saja mengurangi flu pada anak melainkan juga dengan mandi air hangat.

3. Jahe


Source: marker_photography

Tahukah Anda bahwa jahe mengandung senyawa anti virus? Anda dapat memberikan air rebusan jahe yang telah diparut pada anak untuk mematikan virus dan memperlancar saluran pernapasan. Tidak hanya menyembuhkan tetapi jahe juga berguna untuk mencegah flu pada anak dikarenakan jahe dapat meningkatkan imunitas pada anak. Oleh karena itu, Anda dapat memberikan anak Anda Jahe ketika mereka sedang flu untuk membuat mereka merasa lebih baik.

4. Madu dan Jeruk Lemon


Source: stevepb

Sama halnya dengan jahe, madu tidak hanya berguna dalam menyembuhkan flu tetapi juga berguna untuk mencegah flu. Madu mengandung antibakteri yang berguna untuk melegakan saluran pernapasan anak dan mengurangi gejala flu pada anak seperti batuk. Ibu dapat memadukan madu dan jeruk lemon. Jeruk lemon yang kaya dengan vitamin C dapat mempercepat penyembuhan flu pada anak. Madu dan jeruk lemon yang diperas dapat ditambahkan air hangat agar lebih muda dikonsumsi anak.

5. Buah dan Sayur


Source: Couleur

Ibu dapat memberikan buah dan sayur untuk dikonsumsi anak yang mengandung banyak/ kaya akan vitamin. Vitamin yang dihasilkan buah dan sayur akan mengurangi virus pada saluran pernapasan dan mempercepat penyembuhan flu pada anak. Sayur dan buah yang mengandung vitamin juga dapat meningkatkan sistem kekebalan pada anak sebagai pelindung tubuh anak sehingga dapat mencegah flu dikemudian hari.

6. Istirahat yang Cukup


Source: AlexVan

Mengapa anak perlu istirahat yang cukup ketika terjadi flu? Pada saat terserang flu maka sistem kekebalan tubuh pada anak akan bekerja lebih keras untuk membunuh virus tersebut sehingga tubuh anak akan menjadi lemah. Pada saat tidur juga akan dihasilkan hormon yang berguna sebagai antioksidan untuk penangkal bibit penyakit. Untuk itu anak sangat dianjurkan untuk beristirahat yang cukup.

7. Berkumur Dengan Air Bersih


Source: bogitw

Berkumur dengan air dapat mengurangi, menghilangkan dan membantu mengeluarkan lendir dari jaringan sinus yang terhubung ke bagian tenggorokan anak Anda. Sehingga sumbatan pada saluran pernapasan dapat berkurang. Perlu ibu ketahui bahwa bagian mulut sangat rentan berkembangnya virus jadi harus sering dibersihkan. Mengajarkan anak untuk rajin berkumur dapat menjadi kebiasaan yang baik bagi anak.

8. Bawang Putih


Source: stevepb

Bawang putih adalah salah satu jenis rempah yang memiliki banyak manfaat salah satunya mengatasi flu. Mencampur bawang putih pada makanan anak yang akan dikonsumsi memiliki manfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh pada anak. Bertambah kuatnya sistem kekebalan anak mempermudah pencegahan dan menyembuhkan flu karena sistem imun anak akan bekerja dalam tubuh untuk membunuh virus yang menyebabkan flu pada anak.

9. Air Garam


Source: NPschorr

Anda dapat mencuci hidung anak Anda dengan air garam. Mengapa demikian? Karena air garam berfungsi untuk mengurangi lendir pada hidung/saluran pernapasan pada anak Anda, membersihkan hidung dari virus dan bakteri agar tidak menyebar dan dapat membuat saluran pernapasan anak Anda menjadi lebih nyaman. Tidak hanya itu saja, air garam juga dapat mengurangi risiko infeksi pada hidung anak. Penggunaan air garam juga tidak hanya melalui pencucian hidung anak tetapi juga dengan cara berkumur.

10. Telur


Source: stevepb

Kandungan asam amino dan protein pada telur sangat penting untuk melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh anak Anda. Anda harus memberikan anak Anda telur ayam kampung atau telur yang dari peternak ayam organik. Mengkonsumsi telur juga berguna untuk menambah tenaga pada anak yang menjadi lemah ketika sistem kekebalan tubuhnya bekerja lebih keras untuk melawan virus penyebab flu dalam tubuhnya.

Demikian pembahasan kita mengenai 10 Cara Menyembuhkan Flu pada Anak Secara Alami tanpa Obat. Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Children, Health