10 Fakta Tentang Penyakit Kolesterol: Gejala, Penyebab, Dan Penyembuhan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Meditations

Meskipun merupakan salah satu penyakit yang paling sering dibahas pada penyuluhan-penyuluhan maupun diderita, bukan berarti kita dapat mengabaikan penyakit kolesterol. Apabila kita tidak mengetahui fakta mengenai penyakit kolesterol, kita tidak akan memiliki bekal yang cukup untuk memerangi penyakit kolesterol. Karena itu, pada artikel ini, saya akan memaparkan 10 fakta tentang penyakit kolesterol, yang terdiri dari gejala, penyebab, dan penyembuhannya:

1. Gejala: Berat Badan Naik

weight-scaleSource: TeroVesalainen

Seorang penderita penyakit kolesterol pasti akan mengalami kenaikan berat badan. Biasanya 1-2 kilogram tiap minggu, namun ada juga yang setiap beberapa hari sekali berat badannya naik. Berat badan yang naik ini adalah akibat menumpuknya kadar minyak, lemak jahat, maupun tingkatan glukosa yang tidak dapat disaring oleh pencernaan tubuh, sehingga membuat seseorang menderita penyakit kolesterol.

2. Gejala: Mengantuk Tetapi Sulit Tidur


Source: Donnie Ray Jones

Penyakit kolesterol adalah penyakit di mana penderitanya memiliki kadar glukosa di dalam tubuh yang meningkat atau meningkat drastis. Salah satu penunjuk yang tepat tanpa memerlukan alat bantuan apapun adalah dengan melihat pada kelakuan orang tersebut, terutama pada pola tidurnya. Apakah dia kerap mengantuk pada jam-jam yang tidak seharusnya, seperti pukul 11, 12 siang, 4 sore, atau 6 sore? Lalu setelah ia tidur, apakah ia justru kesulitan tidur? Bila iya, maka dapat dipastikan itulah gejala penyakit kolesterol yang ia idap.

3. Gejala: Muncul Selulit


Source: SUNBEAM VISION

Penderita penyakit kolesterol tingkat akut umumnya akan memiliki selulit pada bagian dalam paha. Untuk yang tidak mengetahui apa itu selulit, itu adalah semacam garis-garis yang timbul tiba-tiba pada bagian tubuh seseorang. Garis-garis ini bisa tidak berwarna atau berwarna merah tergantung tingkat penyakit kolesterol yang diderita. Kalau dilihat sekilas, selulit ini membuat kesan seperti memiliki anggota tubuh dobel atau triple.

4. Penyebab: Emotional Eater


Source: angelorosa

Emotional eater merupakan penyakit psikologis yang menyebabkan seseorang makan sesuai mood-nya. Jika mood-nya sedang tidak baik, bisa jadi ia makan beberapa kali lipat lebih banyak dan cepat dibandingkan dengan saat mood-nya sedang normal. Berdasarkan pengalaman saya, mereka yang tergolong penderita penyakit psikologis emotional eater dapat menjadi penyebab penyakit kolesterol bagi diri mereka sendiri, karena kebiasaan makan mereka yang rakus dan tidak teratur.

5. Penyebab: Tidak Cukup Bekerja


Source: accu-it

Secara lebih mudahnya, kita dapat melihat perbandingan tubuh mereka yang bekerja dan yang pengangguran. Jika kita melihat pada pola tubuh mereka, kita bisa melihat kalau mereka yang pengangguran lebih gemuk dibandingkan mereka yang bekerja. Tubuh yang gemuk ini adalah sarang kolesterol, sehingga mereka yang tidak cukup bekerja akan lebih rentan terkena penyakit kolesterol dibandingkan dengan yang tidak.

6. Penyebab: Makan Lewat Pukul 8 Malam


Source: pashminu

Mungkin Anda bukan emotional eater, mungkin Anda juga bekerja, namun, bagaimana bisa tetap dapat terjangkit penyakit kolesterol? Sebaiknya, Anda memeriksa pola makan Anda, terutama saat makan malam. Sepengalaman saya, kalau makan apapun dalam jumlah berapapun di atas pukul 8 malam, berat badan langsung naik dengan cepat (pertanda penyakit kolesterol mulai menyerang). Apalagi kalau yang dimakan adalah manis dan atau gorengan. Bayangkan bagaimana bersukarianya penyakit kolesterol dalam tubuh.

7. Penyembuhan: Atur Pola Makan Anda


Source: Security

Penyembuhan penyakit kolesterol yang paling jelas adalah diet, namun sayangnya, hingga hari ini banyak orang masih salah kaprah mengenai diet yang sebenarnya. Diet itu bukan langsung mengurangi porsi makanan, yang justru akan memicu rasa kelaparan lebih lagi, makan lebih banyak lagi, dan pada akhirnya penyakit kolesterol lebih parah lagi. Sebaliknya, pengurangan yang benar adalah secara bertahap dengan memperhatikan kebutuhan kalori kita masing-masing. Selain itu, beberapa makanan sumber kolesterol juga perlu kita ganti, misalnya makan roti gandum 1 sisir pada pagi hari sebagai ganti makan roti tawar polos.

8. Penyembuhan: Konsumsi Cokelat


Source: la-fontaine

Kalau Anda membaca poin penyembuhan ini, sepertinya bertolak belakang dengan poin penyembuhan sebelumnya, mengingat cokelat sering didapuk memiliki kadar gula dan lemak jenuh yang tinggi. Tenang dulu, lihat dulu jenis cokelatnya. Kalau cokelat putih, jelas tidak boleh, karena itu dapat memicu penyakit kolesterol. Lagipula, cokelat putih bukan cokelat sebenarnya. Saya menyarankan untuk memakan atau meminum cokelat hitam atau susu pada pagi hari. Kedua jenis cokelat ini dapat membantu menahan rasa lapar dalam jangka panjang sehingga juga dapat menjadi salah satu sarana penyembuhan penyakit kolesterol yang ampuh.

9. Penyembuhan: Berolahragalah!


Source: Michael_Laut

Wajib hukumnya bagi penderita penyakit kolesterol untuk berolahraga. Selain memperlancar peredaran darah dan memperbaiki sistem pernafasan maupun pencernaan, berolahraga juga telah terbukti sangat baik untuk mengusir penyakit kolesterol dari tubuh. Beberapa alat olahraga dengan pemantauan jumlah kolesterol yang sudah terbakar seperti treadmill dan sepeda statis juga telah banyak tersedia di toko-toko alat kesehatan. Anda dapat memanfaatkan alat-alat ini apabila Anda malas keluar rumah.

10. Penyembuhan: Kendalikan Emosi Anda Saat Ada Yang Mengatai Anda Gendut


Source: jill111

Barangsiapa marah-marah saat ada yang mengatai gendut, berarti dia sendiri gendut. Semakin Anda marah-marah kepada orang yang mengatai gendut, semakin penyakit kolesterol dalam tubuh Anda bersukaria karena Anda “menganggap”-nya. Oleh karena itu, kalau ada yang mengatai Anda gendut, jangan terburu-buru tersinggung. Kendalikan emosi Anda, dan lihatlah itu sebagai suntikan motivasi Anda supaya langsing dan penyakit kolesterol dapat pergi dari Anda.

Demikianlah 10 fakta tentang penyakit kolesterol, yang meliputi gejala, penyebab, dan penyembuhannya. Paling tidak, Anda bukan hanya mengetahui fakta-fakta terkait penyakit kolesterol, tetapi juga dapat membagikan kepada orang-orang di sekitar Anda sehingga siapa tahu, yang berhasil mengusir kolesterol pertama, dia yang akan mendapat jodoh?

Jangan lupa, kalau sudah dapat jodoh, saya yang buat artikel diundang, ya?

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health