Yuk Desain Dapur Minimalismu Sendiri Dengan 10 Tips Ini

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: jarmoluk

Kini desain dapur minimalis sangatlah digandrungi di era masyarakat modern. Selain karena terlihat simpel, dapur minimalis merupakan pilihan tepat untuk menghemat ruang, terlebih jika rumah yang dimiliki tak terlalu luas. Dengan desain dapur yang minimalis Anda akan mendapatkan ruangan memasak yang sangat cantik dan efisien tanpa menghilangkan fungsi utamanya. Nah, jika Anda berniat merancang dapur Anda dengan tatanan minimalis yang apik perhatikan dulu poin-poin di bawah ini.

1. Gunakan Lemari Gantung

Pastikan Anda memaki model rak atau lemari gantung yang memanfaatkan ruang vertikal di dapur. Lemari gantung ini memberi lebih banyak ruang di area yang terbatas dan dengan memanfaatkan lemari tersebut Anda bisa memaksimalkan ruang penyimpanan yang ada di dapur. Bisa dibilang, kunci memiliki dapur minimalis ialah dengan memasang lemari gantung. Dan Anda tak perlu bingung karena kebanyakan saat ini kitchen set sudah menyertakan lemari tersebut.

2. Beri Pencahayaan Terang

Upayakan dapur mendapat banyak cahaya matahari. Selain itu juga pasang pencahayaan artifisial untuk digunakan ketika hari gelap atau malam hari. Pencahayaan yang memadai diperlukan agar dapur tidak menjadi lembab. Pilihlah permukaan meja counter dapur berwarna cerah. Anda bisa memasang lampu ke bagian bawah lemari dapur supaya memudahkan kegiatan masak-memasak Anda.

3. Buatlah Efek Kohesi

Sesuaikanlah tema warna perlengkapan dapur dan peralatan makan Anda. Jika dapur Anda dominan warna putih, pilihlah perlengkapan maupun peralatan dapur dengan warna yang senada. Dengan pemilihan warna sedemikian rupa perlengkapan Anda tak akan terlihat menumpuk berantakan dan seolah melebur dengan atmosfer dapur, menciptakan ilusi ruang kosong yang lebih resik lagi lapang.

4. Perhatikan Posisi Lampu Dapur

Selain memperhatikan posisi cahaya matahari,  lampu dapur wajib diposisisikan untuk jatuh tepat di depan bukannya di belakang Anda. Pasalnya, lampu dapur yang jatuh di belakang akan memberikan efek gelap. Efek tersebut akan meningkatkan risiko bahaya saat memotong sayur, bumbu, maupun memasak. Namun jika sudah terlanjur diposisikan di belakang, lebih baik segera diakali dengan tambahan lampu kecil atau lampu colok yang dipasang tepat di depan Anda.

5. Jangan Lupakan Ventilasi (Cooker Hood)

Memasang ventilasi akan membuat udara berputar lebih cepat. Hal ini tidak hanya membuat dapur tak terasa pengap tapi juga melenyapkan bau-bau masakan yang cenderung lama hilang dan membuat seisi rumah ikut bau. Dapur biasanya  mempunyai jendela untuk sirkulasi udara dalam ruangan, tetapi di dapur modern banyak yang mulai memakai mesin penghisap asap atau cooker hood. Mesin ini dapat menghilangkan asap dalam ruangan dengan lebih cepat daripada hanya mengandalkan jendela.

6. Sesuaikan Luas Ruangan Dengan Desain Dapur

Jangan paksakan desain dapur minimalis yang tak sesuai dengan ruangan yang Anda miliki. Hal ini perlu ditekankan karena seringkali kesalahan ini paling sering terjadi dalam merancang dapur minimalis. Bentuk dapur  idelnya sesuai dengan luas dan bentuk ruangan. Jadi tentukan bentuk yang tepat dalam rancangan  dapur, entah berbentuk U, L, atau malah dibuat di tengah-tengah ruangan. Persiapan yang  tepat akan membuat Anda lebih mudah merancang desain dapur dan membuatnya tidak terkesan aneh dan dipaksakan.

7. Pakailah Warna Yang Simpel

Jangan gunakan terlalu banyak warna untuk menghindari kesan bertabrakan dan ramai. Lebih baik batasi pilihan warna Anda ke satu sampai dua warna senada karena dengan demikian ruangan akan nampak lebih luas. Tips ini sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki area dapur yang terhitung sempit. Padukan dengan efek kohesi di tips sebelumnya dan dapur Anda akan terlihat lebih lapang lagi.

8. Pakai Wastafel Satu Mangkuk

Untuk menghemat ruang dan memberi Anda tempat yang lebih leluasa saat memasak di dapur, direkomendasikan untuk menggunakan wastafel satu mangkok. Tidak hanya praktis dan efisien, namun juga cantik karena kini tersedia berbagai model wastafel satu mangkok yang dijual di pasar umum. Dengan begitu Anda juga bisa memilih model wastafel yang paling Anda suka.

9. Buat Custom Kitchen Set

Nah ini dia cara paling mudah untuk mendapatkan dapur minimalis yang sesuai dengan desain dan tempat yang kita inginkan.  Mencari kitchen set yang tepat bisa jadi hal yang sulit, tidak dengan mendesain custom sebuah kitchen set yang disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan pemesan. Harganya memang akan lebih mahal tapi Anda akan mendapatkan  kitchen set dambaan yang akan menyatu secara sempurna di ruangan yang tersedia.

10. Permanis Dengan Tanaman Mungil

Memang tidak wajib, tapi dengan adanya tanaman di dapur, dapur Anda akan terasa lebih nyaman dan membuat Anda betah berlama-lama. Tidak perlu tanaman yang besar, pilih saja pot tanaman kecil untuk ditaruh di atas counter top atau di sudut manapun di dapur yang menurut Anda pas. Pilih tanaman yang mudah untuk dirawat agar Anda tidak malah jadi kerepotan jika memilih jenis yang butuh perawatan khusus.

Sekarang setelah Anda tahu tips-tips merancang dapur minimalis sendiri, Anda bisa mulai mencoba membayangkan rancangan dapur minimalis dengan mudah. Ingat-ingat poin-poin yang telah dituliskan di dalam artikel sehingga Anda tidak melenceng dari pakem rancangan gaya minimalis. Jadi, sudah tahu kan mau dapur yang seperti apa? Ayok diwujudkan bersama-sama, dan jangan sungkan untuk bertanya ke perancang interior jika Anda butuh tips tambahan. Selamat berkreasi!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Home, Lifestyle