10 Tips Untuk Tidur Lebih Baik Dimalam Hari Ini Harus Kamu Ketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Olichel

Untuk memiliki tubuh yang sehat. tidur nyenyak di malam hari tidak kalah pentingnya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur. Meskipun demikian, beberapa faktor terutama gaya hidup dan stress dapat membuat seseorang sulit tertidur dimalam hari dan menderita gangguan tidur seperti insomnia. Kurang tidur dimalam hari tentu bisa membuat seseorang kurang fokus saat bekerja atau belajar disiang harinya. Jika kamu memiliki masalah untuk tidur dimalam hari, ada baiknya jika kamu menyimak tips untuk tidur malam yang lebih baik berikut ini.

1. Jadwal Tidur Yang Sama Setiap Malam

Source: Conger Design

Tubuh manusia punya ritme alami yang disebut ritme cicardian. Ritme alami ini mengatur kapan seseorang harus terjaga, tidur atau melakukan aktifitas lainnya. Untuk dapat tidur lebih baik dan nyenyak dimalam hari, aturlah ritme cicardian dalam tubuhmu dan biasakan untuk tidur serta bangun dijam yang sama setiap hari. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mereka yang punya jadwal tidur  dan bangun yang kacau akan senantiasa mengalami kesulitan untuk tidur dimalam hari. Oleh sebab itu, aturlah waktu tidurmu setiap malam misalnya tidur di jam sepuluh dan bangun pukul lima atau enam di pagi harinya.

2. Matikan Lampu Atau Gunakan Cahaya Redup

Source: Allesandro89

Ritme cicardian tubuh tidak hanya dipengaruhi oleh kebiasaan kita tetapi juga faktor lingkungan. Jam alami dalam tubuh kita atau ritme cicardian akan bereaksi terhadap kondisi tertentu misalnya keberadaan cahaya. Hal utama yang mempengaruhi jam alami seseorang untuk bisa tertidur adalah hormon melatonin. Hormon ini adalah hormon pemicu rasa mengantuk dan dihasilkan saat hari mulai gelap. Jika kamu mengalami kesulitan tidur sebaiknya jangan tidur dalam kondisi cahaya lampu menyala karena tubuh akan menganggap waktu tersebut adalah siang hari dan melatonin tidak akan diproduksi sehingga kamu akan tetap terjaga. Matikan lampu atau gunakan lampu tidur yang redup agar tubuh dapat menghasilkan hormone melatonin dan kamu bisa segera tertidur nyenyak.

3. Buat Kamar Tidurmu Nyaman

Source: Pexels

Kamar tidur yang nyaman juga akan membuatmu mudah tertidur. Gunakan matras atau tempat tidur serta bantal yang empuk agar bisa lekas tertidur dan jangan pernah membawa hal-hal lain seperti pekerjaan atau materi pembelajaran yang harus diselesaikan ke tempat tidur karena hal ini akan membuatmu sulit tertidur. Faktor lainnya yang membuat kamar tidurmu akan terasa nyaman adalah dengan mendekorasinya sedemikian rupa dan membuatnya terlihat rapi.

4. Jangan Makan Sebelum Tidur

Source: RitaE

Makan sebelum tidur sangat tidak disarankan karena hal tersebut akan menggangu proses perbaikan jaringan dalam tubuh saat malam hari dan memperlambat metabolism. Selain itu makan makanan kaya karbohidrat memang akan membuatmu mengantuk dan tidur karena makanan tersebut mengandung senyawa asam amino triptofan tapi studi lainnya juga menyebutkan bahwa makan makanan rendah karbohidrat lima jam sebelum tidur juga dapat memicu produksi hormon tidur melatonin.

5. Relaksasi Sebelum Tidur

Source: Rhytmuswege

Memanjakan diri dengan musik yang lembut maupun pijatan aromaterapi pada tubuh maupun kepala akan membuatmu merasa rileks dan melepaskan stress sehingga kamu akan mudah terlelap. Menghirup wewangian yang lembut dan udara yang sejuk dari pendingin ruangan akan membuatmu merasa mengantuk dan tentunya tidurmu akan lebih nyenyak.

6. Mandi Air Hangat

Source: Public Domain Pictures

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk membuat tubuhmu merasa rileks sebelum tidur adalah madi atau berendam dalam air hangat minimal selama 30 menit. Mandi dalam air hangat akan membantu mengurangi rasa pegal dan melemaskan otot yang lelah akibat aktifitas yang padat disiang hari. Berbagai macam penelitian telah membuktikan bahwa mandi air hangat memang terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur malam seseorang dan membantunya tidur lebih cepat.

7. Minum Segelas Susu

Source: Falovelykids

Jika merasa lapar sebelum tidur dan mengalami insomnia, cobalah untuk mengkonsumsi segelas susu hangat. Susu adalah makanan alami yang mengandung asam amino tritofan dan tirosin yang mampu memicu pelepasan hormon melatonin. Jika tidak suka minum susu, kamu bisa mengkonsumsi buah pisang yang juga mengandung asam amino yang sama.

8. Olahraga Teratur

Source: Zienith

Melakukan olahraga teratur setiap hari selama minimal setengah jam dapat membantu seseorang tidur lebih baik dan menurut penelitian, olahraga yang dilakukan seseorang tersebut akan membuatnya tidur 41 menit lebih lama dari biasanya. Selain itu, studi juga membuktikan bahwa olahraga teratur dapat membantu pasien yang mengalami insomnia untuk tidur 55% lebih baik dan lebih cepat. Meskipun demikian sebaiknya olahraga dilakukan pada pagi, siang atau sore hari dan bukannya menjelang waktu tidur.

9. Kurangi Penggunaan Gadget

Source: Unsplash

Satu hal yang perlu diingat bahwa kebiasaan menggunakan gadget seperti smartphone sebelum tidur akan membuat seseorang menjadi lebih sulit tidur. Mengapa demikian? Faktanya layar gadget yang kamu gunakan memiliki radiasi sinar biru atau Blue Light yang juga dapat merangsang agar otak tetap terjaga dan menghambat produksi hormon melatonin sama seperti cahaya disiang hari. Oleh sebab itu kurangi penggunaan gadget setidaknya dua jam sebelum pergi tidur atau jika perlu gunakan kacamata khusus atau aplikasi yang bisa menghambat radiasi blue light tersebut.

10. Hindari Konsumsi Kafein Dan Alkohol

Source: Neupaddy

Mengkonsumsi kafein yang terkandung dalam kopi atau mengkonsumsi alkohol sebelum tidur juga harus dihindari karena kedua minuman ini dapat menstimulasi otak agar tetap terjaga dan juga menghambat produksi hormon melatonin serta hormon metabolism lainnya dalam tubuh. Kafein dalam kopi akan secara berangsur-angsur dilepaskan dalam pembuluh darah selama 5 hingga enam jam sehingga jika ingin meminum kopi, sebaiknya konsumsilah sebelum pukul 4 di sore hari agar kafein yang terkandung didalamnya tidak memperburuk gangguang tidurmu.

Intinya, jika ingin tidur lebih baik dan lebih cepat dimalam hari, kamu harus bisa mengatur jadwal tidur dan mengkondisikan segala faktor disekitarmu. Memang terlihat sepele, tapi tidur yang berkualitas juga akan membuat hidupmu lebih berkualitas. “Do the tips and have a good night sleep”

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health, Lifestyle