10 Tanda-tanda Persalinan Yang Harus Diketahui Ibu Hamil

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Blueprincess76

Masa kehamilan bagi seorang wanita adalah masa yang sangat penting sehingga segala hal atau gejala yang menyangkut kehamilan harus diketahui dengan baik terutama menjelang proses persalinan. Pastinya seorang ibu akan merasa cemas dan mempertanyakan bagaimana proses melahirkan akan berlangsung dan kapan bayinya akan lahir. Memang proses kelahiran seorang bayi tidak bisa dipastikan waktu dan bagaimana ia akan lahir tapi dari tanda-tanda berikut ini setidaknya seorang calon ibu bisa mengetahui dan waspada bahwa bayinya akan segera lahir.Apa saja tanda-tandanya ya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Sangat Mudah Lelah

Source: Nguyentungson

Dengan ukuran perut yang besar dan bayi dalam rahim yang semakin berat tentunya seorang wanita hamil yang akan menjelang proses persalinan akan merasa sangat mudah lelah dan merasa sangat kepayahan setelah melakukan aktifitas ringan. Hal inilah yang kadang membuat wanita yang akan melahirkan cenderung lebih malas bergerak. Meskipun demikian, sebalinya beberapa wanita yang akan melahirkan justru merasa sangat berenergi dan ingin selalu aktif melakukan sesuatu meskipun setelah itu mereka akan tetap merasa sangat lelah.

2. Tidak Lagi Mengalami Kenaikan Berat Badan

Source: Mozjagrebinfo

Kenaikan berat badan adalah hal yang pasti terjadi di masa kehamilan.  Menjelang masa-masa persalinan, kenaikan berat badan tersebut akan terhenti dan bahkan sang ibu akan kehilangan beberapa kilogram berat tubuhnya akibat cairan amnion yang mulai menyusut. Apabila hal ini terjadi sebaiknya jangan panik karena penurunan berat badan sebelum proses melahirkan normal-normal saja dan tak akan mempengaruhi bayi dalam kandungan.

3. Sendi Terasa Longgar

Source: Thomas Pompernigg

Di masa kehamilan terutama menjelang proses persalinan, tubuh ibu hamil menghasilkan hormon relaksin yang berpengaruh pada sendi dan ligament. Hormon tersebut memperlunak dan memperingan sendi sehingga jangan heran jika ibu hamil merasa persendiaannya sangat longgar dan sedikit lunak. Untuk mengurangi rasa longgar dan tekanan pada persendian ibu hamil bisa mengatasinya dengan bersantai atau berendam dalam air.

4. Bagian Bawah Bawah Rahim Terasa Berat

Source: TC – Torres

Memasuki trimester terakhir kehamilan, bayi yang akan lahir tentu sudah berubah posisi dan mengarah ke bagian bawah rahim. Kepala bayi yang akan lahir ada pada bagian perut bawah dan biasanya ibu hamil akan sangat merasakan perubahan posisi ini. Jika bagian bawah perutmu sedikit lebih berat dan ada kontraksi aktif, maka bisa jadi bayi tersebut akan segera lahir.

5. Kontraksi Sering Dan Kuat

Source: Svenjabehnisch

Meskipun kontraksi yang kuat seringkali menipu ibu hamil terutama di saat menunggu kelahiran atau yang dikenal dengan istilah Brixton Hick, tetap saja kontraksi yang kuat dan sering menjadi tanda utama bahwa bayi akan segera lahir. Masalah kontraksi yang menipu kadang dipicu karena rasa lapar dan dehidrasi, menurut Patricia De vine, M.D seorang ahli Ginaekologi dari Columbia Medical Center, new York. Oleh sebab itu untuk menghindari kontraksi palsu ini, ibu hamil harus rutin mengkonsumsi makanan dan cairan setiap beberapa jam. Sementara itu menurut Kay Johnson, seorang Bidan professional dari kota Atlanta menyebutkan bahwa kontraksi tanda kelahiran yang asli akan berlangsung terus menerus dan semakin intens bukannya menghilang kemudian kembali lagi.

6. Menderita Diare

Source: Jarmoluk

Menjelang proses persalinan, tubuh ibu hamil juga menghasilkan senyawa mirip hormon yakni prostaglandin yang berperan dalam melembutkan dan memperlebar serviks atau leher rahim sebagai jalan keluarnya bayi. Selain memperlebar serviks, prostaglandin juga merangsang aktifitas usus besar dan membuatnya lebih sering mengeluarkan feses sehingga ibu hamil cenderung mengalami diare sebelum persalinan. Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil bisa berada lebih dekat dengan toilet untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ingin buang air.

7. Sakit Punggung

Source: Wenphotos

Ibu hamil memang akan menderita nyeri punggung selama berbulan-bulan masa kehamilannya namun jika nyeri atau sakit pada punggung terasa mencapai puncaknya, maka bisa dipastikan bahwa waktu melahirkan akan semakin dekat. Sakit punggung menjelang persalinan biasanya muncul akibat kepala atau tulang tengkorak sang bayi menekan tulang belakang sang ibu dengan cukup kuat.

8. Vagina Mengeluarkan Cairan Dengan Warna Yang Berubah-ubah

Source: Borostrost

Vaginal Discharge atau istilahnya keluar cairan dari dalam vagina dengan warna yang berubah-ubah adalah salah satu tanda bayi akan segera lahir dalam minggu tersebut atau beberapa hari ke depan. Cairan tersebut bisa berwarna kekuningan atau kecoklatan dan bisa berwarna merah semu jika kelahiran semakin dekat.

9. Pusing Dan Penglihatan Kabur Akibat Hipertensi

Source: Stevepb

Memang tidak semua ibu hamil mengalami sakit kepala dan penglihatan kabur akibat hipertensi atau tekanan darah tinggi yang terjadi sebelum persalinan, tapi memang ini kadang terjadi. Jika ibu hamil sering mengalami pusing dan pandangan menjadi tidak fokus saat masa kehamilan tua, hal tersebut bisa jadi tanda bahwa bayi akan segera lahir.

10. Pecahnya Ketuban

Source: Xusenru

Tanda yang satu ini adalah tanda yang pasti terjadi dan menjadi salah satu indikator bahwa seorang ibu akan segera melahirkan seperti yang dikemukakan oleh Carol J. Grabowski, M.D, seorang pakar persalinan dari Long Beach Medical Center, California, Amerika Serikat. Meskipun tidak semua wanita mengalami pecah ketuban, sebanyak 15% wanita yang mengalaminya biasanya akan melahirkan beberapa jam setelah pecahnya cairan ketuban. Cairan ketuban pada ibu hamil juga bisa pecah jika sang ibu jatuh atau mengalami benturan.

Itulah sepuluh tanda yang bisa diketahui oleh ibu hamil menjelang proses melahirkan. Perhatikan tanda-tanda berikut dan jika ibu hamil merasa tanda tersebut terasa sangat kuat, segera hubungi pihak medis untuk membantu proses persalinan. “Have a save labor, Moms”

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Kehamilan