10 Ways to Use Hijab Triangle, One of Them Suitable For You!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

HijabSource: Flickr

Hijab saat ini bukan hanya menjadi kewajiban, namun sudah menjadi sebuah kebutuhan. Dan banyaknya para muslimah saat ini tak hanya memikirkan tentang syariat saja. Namun juga keindahan membuat banyak wanita muslimah berlomba menggunakan hijab dengan banyak kreasi yang cantik tapi tetap berpedoman pada syariat. Berikut beberapa contoh gaya berhijab yang mungkin sesuai dengan seleramu.

1. Hijab Segitiga Simple

Cara menggunakan hijab segitiga yang pertama ialah siapkan kerudung, jarum pentul atau peniti sebagai pengunci. Setelah itu lipat kerudung tersebut menjadi berbentuk segitiga, letakan kerudung dikepala lalu kunci kerudung menggunakan jarum pentul atau peniti dibagian leher setelah kerudung ditarik sama panjang. Tarik sisi kanan hijab segitiga tersebut tarik ke bahu sebelah kiri kemudian sematkan jarum pentul untuk mengunci agar tak mudah lepas. Buka lebar bagian ujung hijab sebelah kiri, lalu ambil ujung yang paling atas dan tarik ke bahu sebelah kanan. Sematkan satu lagi jarum pentul untuk mengunci tampilan dan selesai! Hijab segitiga simple sudah bisa kamu gunakan, pas buat hangout atau pergi kuliah.

2. Hijab Segitiga Cantik

Sebelum memulai bagaimana caranya memakai hijab segitiga cantik ini siapkan kerudung bisa dengan bahan apa saja baik segiempat atau segitiga. Lalu siapkan ciput ninja yang akan digunakan untuk menutupi bagian kepala dan leher, serta jarum pentul sebagai pengunci. Setelah semua siap, bila menggunakan hijab dengan kain segiempat maka lipat terlebih dahulu sehingga membentuk segitiga.

Letakan kerudung tersebut setelah ciput digunakan sebagai dalaman, tarik ujung kerudung sama panjang antara kanan dan kiri. Jika sudah ambil ujung kanan dan tarik ke bahu sebelah kiri dan kunci dengan jarum pentul. Dan pada ujung sebelah kiri tarik ke atas telinga kemudian kunci dengan jarum pentul. Setelah itu kunci hijab segiuiga cantik ini di dua sisi atas telinga, dan sebagai sentuhan akhir pentul bagian kening atas untuk memberikan aksen cantik. Selesai!

 3. Hijab Segitiga Lucu

Untuk menggunakan hijab segitiga dengan gaya seperti ini kamu cukup siapkan pasmina persegi atau segitiga, ciput sebagai dalaman agar anak rambut tak berantakan dan juga menutupu bagian leher serta bando sebagai pemanis. Lipat kerudung menjadi segitiga dan gunakan, tarik sisi kanan dan kiri sehingga memiliki ujung yang sama panjang. Sematkan jarum pentul dibagian bawah telinga dikedua sisi. Tarik kedua ujung kebelakang kepala kemudian buat simpul, setelah itu gunakan bando kain sebagai aksen pemanis dan menguatkan tali simpul tersebut. Ambil salah satu ujung hijab dan letakan di atas kepala dan sematkan jarum lalu rapikan, ulangi dibagian ujung satunya lagi tapi berikan juntaian agar memiliki aksen seperti rambut yang terurai. Selesai, mudah bukan?

 4. Hijab Segitiga Formal Bermotif

Cara menggunakan hijab segitiga yang selanjutnya ini terlihat begitu simpel tapi tetap terlihat elegan. Terang saja sebab bahan yang digunakan memang kain sutra yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Bagaimana menggunakannya pun juga sangat mudah, siapkan hijab persegi atau segitiga dengan bahan apa saja tak perlu berbahan sutra yang penting bermotif. Lalu jarum pentul dan jangan lupa ciput sebagai dalaman agar hijab tak mudah lungset atau kusut.

Lipat kerudung, gunakan seperti biasa ujungnya ditarik agar sama panjang lalu sematkan jarum pentul di bawah dagu. Ujung hijab segitiga ditarik kebagian belakang didalam hijab, sisi kanan ditarik ke sisi kiri begitu pun ujung yang sebaliknya. Selesai, gaya hijab segitiga ini sangat cocok digunakan pada acara formal atau resmi karena tak terlalu memiliki aksen yang rumit.

 5. Hijab Segitiga Unik

Wanita muslimah sepertinha tak kehilangan cara untuk membuat tampilannya terlihat cantik dan juga sekaligus unik meski tetap mengenakan hijabnya. Seperti cara menggunakan hijab segitiga berikut ini juga sangat mudah untuk di aplikasikan untuk acara semi formal seperti menghadiri pesta pernikahan. Setelah dilipat menjadi segitiga, tarik ujung hijab ke belakang lalu simpulkan.

Ujung kiri tarik ke depan sebelah kanan melingkar melewati kening seperti sorban lalu sematkan ujungnya tersebut agar tidak lepas. Dan ujung satunya tarik ke bagian tersebut sehingga terlihat bertumpuk sematkan jarum sekali lagi. Dan untuk mempermanis tampilan hijab segitiga bisa dipasang bros di bagian jarum pentul tadi dan selesai.

6. Hijab Cantik Buat Ke Pesta

View this post on Instagram

Hijab tutorial paris lagi ya 😆 1. Lipat paris jadi segi3, lalu ujung segitiganya ditaruh diatas dg sisi sama panjang. 2. Tekuk ujungngnya lalu pentul. 3. Ambil salah satu sisi lalu pentul keatas dg bentuk rumbai. 4. Ambil separuh sisi satunya buat rumbai. 5. Lalu pentulkan keatas. 6. Karna sisanya masi lumayan panjang, ambil lagi ujungnya lalu pentulkan lagi keatas. DONE! Hope u like it 😗😗😗 . #hijabtutorial#hijabiykaliyka#tutorialhijabers#tutorialhijab#tutorialhijabparty#hijabwisuda#hijabpesta#tutorialhijabindo#hijabers#hijab#hijabstylist#ilovehijab#tutorialhijabsimple#tutorial_hijab#dailyhijab#tutorialhijabparis#tutorialhijabsegiempat#tutorialhijabpesta#hijabturban#tutorialhijabturban#hijabstyle#hijabfashion#hijabparty#instalovers#instalikes#hijaboftheday#like4like#likes

A post shared by MUA Samarinda 🌠 Beauty Creator (@iykaliyka) on

Saat hendak pergi ke sebuah acara pernikahan teman atau keluarga gaya hijab segitiga ini pas sekali dengan acara tersebut. Biasanya untuk menggunakan gaya tersebut gunakan hijab paris, lalu lipat menjadi berbentuk segitiga. Ujung segitiga yang lebih pendek letakan di bagian kening, atau terbalik karena biasanya ada dibagian belakang. Lipat ujungnya dan sematkan jarum pentul agar rapi, lalu ujung hijab yang panjang ambil ke atas sehingga berbentuk rumbai lalu sematkan lagi dengan jarum pentul. Ambil ujung yang satunya lagi lakukan hal yang sama. Karena rumbainya masih cukup panjang, ambil dan buat rumbai lagi disebelahnya agar memberi efek rumbai yang cantik. Dan selesai, kamu siap buat pergi ke pesta sekarang.

 7. Hijab Segitiga Glamor

Hijab segitiga dengan gaya seperti ini biasanya digunakan untuk acara akad nikah atau pesta pernikahan. Hijab yang digunakan ada dua dengan warna yang berbeda disesuaikan dengan acara dan tema, namun tetap menonjolkan sisi glamor dan kesakralan sebuah pesta pernikahan. Cara menggunakannya memang terlihat rumit, karena aksen hijab yang bertumpuk seperti rambut yang berlayer. Karena pernikahan ‘kan cuna satu kali, jadi hijab yang dikenakan harus sesuai dan membuat seolah – olah seperti ratu dalam satu hari.

 8. Hijab Segitiga Kasual

Gaya hijab segitiga ini bisa dibilang kasual atau bisa juga simpel dan sesuai untuk acara yang tidak terlalu formal seperti ke kampus atau hangout. Siapkan hijab persegi empat, ciput ninja dan juga jarum pentul. Lipat hijab menjadi segitiga, tarik sama panjang ujungnya. Sematkan jarum dibawah telinga kiri dan kanan lalu tarik ujung hijab sebelah kanan ke bagian belakang dan sematkan jarum pentul lagi diujungnya agar tak mudah lepas. Ujung hijab segitiga yang satunya biarkan menjuntai dan rapikan, bila perlu sematkan jarum pentul satu lagi.

 9. Hijab Segitiga Kreatif

Seringnya seorang muslimah mengenakan hijab sehingga banyak kreasi unik yang diciptakan dalam mengenakan hijab segitiga agar tak terlihat membosankan. Dan yang satu ini juga cukup mudah diikuti, setelah hijab dan ciput serta jarum pentul disiapkan lipat hijab menjadi segitiga. Posisikan sama antara ujung kanan dan kiri, tarik ke bagian belakang dan buat simpul. Tarik salah satu ujungnya kanan atau kiri menyilang hingga terlihat seperti sorban kemudian sematkan jarum pentul diujungnya. Dan ujung yang satunya lagi tarik langsung kebagian atas tanpa perlu menyilang dan buat aksen pemanis.

10. Hijab Segitiga dengan Tampilan Cute

Gaya berhijab bisa mencerminkan pribadi seseorang, dan gaya hijab yang ini bisa membuat wanita muslimah terlihat cute dan imut cocok untuk remaja putri. Seperti biasa siapkan hijab, ciput dan jarum pentul. Setelah dilipat menjadi segitiga, posisikan hijab dengan kedua ujungnya memiliki panjang yang sama. Ambil satu sudut di atas kening lalu tarik sedikit seperti kerutan dan sematkan jarum pentul rapikan lagi. Tarik ujung sebelah kanan hingga ke dekat telinga sematkan dengan jarum pentul. Dan ujung yang satunya sematkan jarum di pundak yang sama agar membentuk seperti rambut yangbtergerai ke satu sisi dan selesai. Untuk aksen bisa menggunakan anting panjang sebagai pemanis tampilan.

Mudah bukan cara menggunakan hijab segitiga ini? Terlebih mengenakan hijab yang dilakukan setiap hari akan semakin membuat kita lebih bisa mengkreasikan penggunaannya sesuai selera. Namun tetap, tak boleh mengabaikan soal syariat dan harus menutupi aurat agar tak hanya cantik saja tapi tetap menjaga syariat.

Karenanya, pancarkan cantikmu dengan hijabmu, Ladies!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Fashion, Hijab