10 Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Stevepb

Apakah Kamu salah satu penggemar olahraga renang? Yaph, berenang memang telah menjadi olahraga favorit sejuta umat. Pasalnya, berenang itu menyenangkan. Selain membuat tubuh jadi segar, juga bisa merileksasi pikiran. Maka dari itu, tak heran jika banyak wahana waterpark yang didirikan sebagai sarana untuk berekreasi.

Berbicara tentang renang, ternyata olahraga air ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Mulai dari memperkuat otot-otot tangan, kaki, dan masih banyak lainnya. Nah, berikut ini ulasan lengkapnya. Yuk, read on!

1. Meningkatkan Kekuatan Otot


Source: Pexels

Dibandingkan dengan senam aerobik, berenang diklaim lebih efektif dalam menjaga kekuatan otot. Setiap gerakan yang dilakukan ketika berenang, seperti mengayun lengan tangan dapat membantu meningkatkan massa otot dan membangun kekuatannya. Dengan demikian, seseorang yang hobi berenang, biasanya memiliki tubuh yang kencang dan tidak bergelambir.

2. Membakar Kalori Secara Optimal


Source: Keijj44

Ingin mempunyai tubuh langsing dalam waktu singkat? Coba deh sering-seringlah berlatih olahraga renang. Aktivitas berenang ini diklaim dapat membakar kalori secara optimal, sehingga penumpukan lemak dalam tubuh pun dapat terhindari.

Lalu, berapa jam waktu efektif untuk berenang? Tak perlu lama-lama juga, cukup 30 menit sudah bisa membakar kalori sebanyak 180 kalori. Sedangkan untuk gaya renang yang paling efektif untuk menguruskan badan adalah gaya bebas.

3. Tubuh Jadi Lebih Lentur


Source: Glynn424

Renang juga bisa meningkatkan kelenturan tubuh. Beberapa gerakan seperti tendangan pada pergelangan kaki dan ayunan pada lengan tangan saat berenang berguna untuk merenggangkan otot-otot tubuh. Sehingga apabila gerakan ini dilakukan secara berulang-ulang, maka otomatis tubuh akan menjadi lebih lentur. Hal ini juga membuatmu terhindar dari risiko penyakit otot kaku.

4. Mencegah Penyakit Kardiovaskular


Source: Geralt

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berenang dapat memperkuat otot-otot di jantung dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Berenang juga dapat memperkecil risiko peradangan yang memicu aterosklorosis dalam hati. Dengan rutin berenang, kesehatan organ-organ tubuh dapat terjaga dengan baik.

5. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru


Source: Bykst

Di samping menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, olahraga renang juga berguna untuk meningkatkan kesehatan paru-paru dan meringankan gejala asma. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap sekelompok anak yang menjalankan program renang selama 6 minggu, menunjukkan bahwa renang mampu mengurangi gejala mendengkur serta memperbaiki teknik pernafasan.

6. Mengatasi Despresi


Source: Anemone123

Di kala pekerjaan kantor menumpuk, masalah dengan teman memuncak, entah mungkin Kamu sedang bertikai dengan pasangan dan mendadak menjadi despresi, cobalah untuk merilekskan pikiran dengan berenang. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berenang dapat mengembalikan kerusakan otak yang disebabkan oleh stres dan mampu meredam emosional. Ketika Kamu melompat ke dalam kolam, di saat itu pikiranmu akan terasa fresh dan seakan hidup kembali.

7. Meningkatkan Kecerdasan Otak


Source: Alexas_Fotos

Manfaati lainnya dari olahraga renang adalah mampu melancarkan aliran darah ke otak sehingga secara tak langsung kecerdasan juga akan bertambah. Baru-baru ini, penelitian di Australia melakukan survey test iQ terhadap anak-anak golongan perenang dan non-perenang. Hasilnya, mereka yang rutin melakukan olahraga renang dapat menguasai perkembangan bahasa lebih baik, memiliki keterampilan motorik yang handal, cermat dalam menghitung, serta mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Di samping itu, berenang juga membuat fisik mereka lebih berstamina dan jarang sakit.

8. Memperpanjang Umur


Source: Huskyherz

Manfaat olahraga renang memang sangatlah banyak, selain menjaga kesehatan organ dan meningkatkan IQ, renang juga disebut-sebut dapat memperpanjang usia seseorang. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universty of South Carolina mengemukakan bahwa rutin melakukan olahraga renang dapat mengurangi risiko kematian hingga 50 persen dibandingkan orang-orang yang jarang berenang.

9. Memelihara Kecantikan Kulit


Source: Lightstargod

Olahraga renang juga memiliki manfaat untuk kecantikan, khususnya bila kegiatan ini dilakukan di air laut. Kandungan garam dalam air laut dapat membantu mengembalikan kelembaban alami kulit, membantu proses eksfoliasi dan pergantian sel-sel baru. Menurut orang-orang yang gemar berenang di air laut, mereka mengklaim bahwa kulitnya menjadi lembut dan semakin sehat seiring bertambahnya hari.

10. Mencegah Penuaan Dini


Source: AdinaVoicu

Untuk para kaum Hawa yang ingin memperoleh kulit cantik sekaligus awet muda, olahraga renang bisa menjadi jawaban tepat. Dengan rutin berenang, gejala-gejala penuaan dini seperti munculnya garis halus di kulit, kusam, dan keriput dapat dicegah. Sehingga wajah tampat sehat dan keremajaannya dapat terjaga dengan baik.

Demikianlah beberapa manfaat olahraga renang bagi kesehatan dan kecantikan. Ngomong-Ngomong, apakah Kamu juga penggemar olahraga renang? Jika tidak, yuk mulai belajar renang dari sekarang karena manfaat renang itu sangat banyak loh! Semoga bermanfaat, Guys.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health