10 Alasan Kenapa Kamu Harus Memasukkan Puncak Lawang ke dalam Daftar Tujuan Wisatamu

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Ken Marshall

Apakah kamu punya rencana untuk berlibur ke Sumatera Barat. Ya, Sumatera Barat memang salah satu provinsi di Sumatera yang miliki banyak sekali tempat wisata. Sebut saja Jam Gadang, Goa Jepang, Kepulauan Mentawai, Lembah Anai, Istana Pagaruyung, dan Danau Singkarak. Tapi apakah kamu pernah mendengar tentang Puncak Lawang? Mungkin tidak begitu banyak yang familiar dengan tempat objek wisata yang berkaitan dengan kelok 44 dan Danau Maninjau ini. Untuk semakin menambah wawasanmu tentang Puncak Lawang, berikut adalah 10 alasan kenapa kamu harus mengunjungi tempat ini jika berlibut ke Sumatera Barat.

1. Berlokasi di Sumatera Barat


Source: Thrillseekr

Alasan pertama kenapa kamu harus mengunjungi Puncak Lawang karena lokasinya berada di Sumatera Barat, tepatnya di Kabupaten Agam. Sebab, Sumatera Barat memiliki banyak sekali objek wisata yang bisa kamu jelajahi. Jadi, jika kamu sudah jauh-jauh datang ke Sumatera Barat, jangan lupa untuk memasukkan Puncak Lawang sebagai tujuan wisatamu agar penjelajahan dalam perjalananmu ke Sumatera Barat semakin lengkap. Lokasinya hanya beberapa menit dari Bukittinggi. Dijamin, kamu akan puas begitu tiba di tempat ini karena Puncak Lawang tidak hanya memberikan pengalaman akan objek wisata alamnya yang indah, namun juga memiliki beberapa hiburan yang akan menjadi daya tarik tersendiri dan tidak akan kamu lupakan.

2. Menikmati Keindahan Danau Maninjau


Source: Kars Alfrink

Jika berbicara tentang Puncak Lawang, maka akan erat kaitannya dengan Danau Maninjau. Ya, keindahan birunya Danau Maninjau yang di kelilingi oleh bukit-bukit yang kokoh dapat kamu lihat dari sini. Jika ingin menikmati keindahan Danau Maninjau dari Puncak Lawang, usahakan kamu sudah tiba di Puncak Lawang di siang hari karena pada pagi dan sore hari, tempat ini sudah dipenuhi oleh kabut tebal. Kamu dapat menikmati pemandangan Danau Maninjau dari Puncak Lawang sambil meminum kopi khas sumatera di beberapa tempat di sekitar puncak. Namun, tetap hati-hati karena terkadang langit mendung serta gerimis suka datang secara tiba-tiba.

3. Terdapat Berbagai Permainan dan Olahraga yang Menantang Adrenalin


Source: Indah blestari

Nah, inilah yang menjadi salah 1 alasan terbaik kenapa kamu harus mengunjungi Puncak Lawang, yaitu kamu dapat melakukan berbagai aktifitas olahraga ekstrim seperti Paralayang dan bermain Flying Fox. Bahkan Puncak Lawang merupakan salah satu tempat Paralayang terbaik se-Asia Tenggara! Hmmm… Pasti kamu semakin penasaran, kan? Khususnya jika kamu adalah pecinta olahraga ekstrim semacam ini, maka kamu tentunya wajib mengunjungi tempat ini untuk ber-paralayang di sini. Pastinya pengalaman menikmati keindahan Danau Maninjau sambil berparalayang dan flying fox akan menjadi pengalaman yang tidak akan kamu lupakan seumur hidup.

4. Biaya Masuk yang Sangat Murah


Source: Lalmch

Tahukah kamu bahwa biaya masuk Puncak Lawang sangatlah murah? Biayanya hanya 5.000 rupiah saja per orang. Jika kamu membawa motor, maka akan dikenakan tarif sebesar 2.000 rupiah per orang dan untuk mobil akan dikenakan sekitar 5.000 rupiah per unit. Sangat murah, bukan? Jika kamu ingin mencoba paket full game, maka kamu dapat bermain sepuasnya hanya dengan membayar sekitar  75.000 rupiah per orang. Namun jika kamu ingin bermain paralayang di sini, kamu perlu membayar sekitar 300.000 per orang untuk sekali terbang dan 25.000 per orang untuk permainan flying fox. Namun tarif ini tentunya akan naik jika kamu datang di saat peak season seperti akhir tahun atau Hari Raya Idul Fitri.

5. Tidak Sulit Mencari Penginapan Murah

Jika kamu mencari penginapan yang berlokasi di dekat Puncak Lawang, maka sebaiknya kamu mencari penginapan di sekitar Maninjau. Salah satu Hotel yang mudah ditemukan adalah Hotel Maninjau Indah di Jalan Telaga Biru, Kabupaten Agam. Di sini, kamu dapat menyewa kamar hanya dengan 450.000 rupiah saja per malam. Selain itu, penginapan lainnya yang dapat kamu lirik adalah Tan Dirih Hotel Maninjau yang terletak di Desa Air Hangat Jorong Gasang di mana harga sewa per malamnya hanya 300.000 rupiah saja per malam. Sangat murah, bukan? Jika hotel-hotel ini tidak cukup menarik perhatianmu, maka tidak ada salahnya kamu mencari penginapan di Bukittinggi karena lokasinya memang cukup dekat dengan Bukittinggi.

6. Menikmati Pengalaman Melintasi Kelok 44

Jika kamu sudah tahu bahwa di Sumatera Barat terdapat Kelok 9 yang sangat tersohor itu, apakah kamu juga tahu bahwa Suamtera Barat memiliki kelok 44? Ya, angka ini ternyata tidak main-main dan bukan hanya simbol belaka karena memang benar-benar terdapat 44 kelok di sini. Kelok 44 merupakan jalan berkelok yang mengitari bukit yang berada di atas Danau Maninjau. Untuk dapat mencapai Puncak Lawang, salah satu cara yang harus kamu tempuh adalah dengan melewati kelok 44. Untuk setiap kelok yang sudah kamu lewati, terdapat angka di tiap-tiap akhir keloknya untuk memudahkanmu menghitung sudah berapa kelok yang terlewati.

7. Melihat Pabrik Gula Merah Asli Minang

Selain pemandangan Danau Maninjau yang indah, serta olah raga dan kegiatan ekstrem yang dapat kamu lakukan di Puncak Lawang, ada hal menarik lainnya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Puncak Lawang, yaitu perkebunan tebu dan kilang gula merah. Ya, gula merah Bukittinggi yang sangat terkenal dan sering digunakan sebagai pelengkap masakan Minang itu dibuat di sini. Menariknya, di sini kamu akan melihat proses pembuatan gula merah yang penggilingannya masih menggunakan tenaga kerbau serta perlatan tradisional lainnya. Kamu dapat membeli gula merah di sini untuk dijadikan oleh-oleh khas Puncak Lawang.

8. Ramaikan Instagram mu dengan Berfoto di Hutan Pinus

🍃🍃

A post shared by Iga Putri (@putri.iga) on

Pohon pinus memang cukup unik dan akan memberikan pesona tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya. Itulah kenapa sering kali hutan pinus dijadikan lokasi untuk foto prewedding atau acara-acara fotografi lainnya karena deretan pohon pinus sangat cantik dan memberi kesan dramatis tersendiri saat difoto. Nah, di Puncak Lawang ini pun banyak terdapat pohon pinus. Jadi, jika kamu mengunjungi Puncak Lawang, maka kamu bisa meramaikan foto Insgtagram mu dengan foto-foto yang diambil dari hutan pinus di sini. Kesempatan yang menarik, bukan? Jalan-jalan menikmati pemandangan indah, bermain flying fox, kemudian diakhiri dengan beristirahat dan berfoto di hutan pinus yang cantik.

9. Terdapat Pula Area Bermain Anak-anak


Source: Counselling

Apakah kamu mencari tempat wisata yang ramah anak? Mungkin dalam bayangan kamu, Puncak Lawang hanya bisa dinikmati oleh orang dewasa. Namun sesungguhnya hal itu sangat salah karena di Puncak Lawang, anak-anak pun dapat bermain di area permainan yang dirancang khusus untuk mereka sehingga menjadikan Puncak Lawang benar-benar sebagai objek wisata untuk keluarga. Jangan ragu untuk membawa anak-anak ke tempat wisata yang satu ini karena sesungguhnya di sini juga terdapat area bermain khusus anak-anak seperti bungee jumping dan flying fox khusus anak-anak.

10. Cocok untuk Tempat Berkemah

Kamu tidak dapat menginap di hotel yang berada dekat dengan Puncak Lawang? Jangan urungkan niatmu untuk mengunjungi tempat ini karena kamu bisa mencoba berkemah di sekitar hutan pohon pinus yang terdapat di Puncak Lawang. Berkemah di kawasan ini akan memberikan pengalaman menarik tersendiri karena menawarkan udara yang sejuk dan bersih serta pemandangan yang sangat indah. Namun, tetaplah berhati-hati jika berkemah di sekitar Puncak Lawang karena pada jam-jam tertentu, tempat ini akan berkabut tebal dan hujan dalam periode waktu yang cukup lama. Persiapkan segala peralatan berkemah yang memadai, obat-obatan serta stok makanan jika kamu terpaksa terkurung di antara kabut tebal.

Nah, itulah alasan-alasan menarik kenapa kamu perlu mengunjungi Puncak Lawang jika berlibur ke Sumatera Barat. Tentunya Puncak Lawang akan memberikan kenangan tersendiri bagi kamu karena ada banyak hal yang dapat kamu lihat dan lakukan di objek wisata yang satu ini.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Trip and Travel