10 Tips Mendaki Puncak Semeru Yang Harus Diketahui Pendaki Pemula

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Java Tourism

Siapa yang tak kenal dengan puncak gunung yang satu ini? Puncak gunung yang merupakan titik tertinggi di pulau Jawa ini semakin terkenal sejak menjadi latar belakang dalam film dan novel “5cm”. gunung dengan tinggi 3.676 meter diatas permukaan laut ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi para pendaki dan pecinta alam apalagi diatas gunung ini terdapat sebuah danau yang sangat cantik bernama Ranu Kumbolo. Jika kamu adalah seorang pendaki yang ingin menjajal medan pendakian gunung Semeru terutama pendaki pemula, sebaiknya ketahui tips berikut ini!

1. Mencari Informasi Lengkap

Source: Adventure Live

Sebelum mendaki gunung Semeru, ketahui informasi yang lengkap tentang status gunung ini, apakah waktu pendakian sudah tepat atau belum dan apakah gunung sedang dalam keadaan aktif. Selain itu kita juga perlu mengetahui kondisi lapangan, seluk beluk rute pendakian, titik peristirahatan dan lain sebagainya. Saat ini kamu bisa mengetahui banyak informasi dari internet atau dengan bertanya pada mereka yang sudah pernah melakukan pendakian sebelumnya.

2. Persiapan Fisik

Source: John Loo

Mendaki puncak Mahameru yang berada di atas gunung Semeru bukan hal yang mudah dan tidak main-main karena untuk mendaki gunung yang satu ini kamu harus benar-benar dalam kondisi fisik yang kuat dan sehat. Siapkan diri dengan cukup beristirahat, makan teratur dan yang tak kalah penting adalah berolahraga karena tanpa melakukan latihan sebelumnya dijamin kamu akan merasa payah, pegal-pegal dan kesusahan saat mendaki.

3. Persiapan Mental

Source: Justin Raycraft

Tidak hanya fisik, kamu juga harus mempersiapkan mental sebelum pendakian, fokuskan tujuanmu dalam melakukan pendakian dan kumpulkan keberanian karena mendaki gunung juga sesuatu hal yang beresiko tinggi mengingat medan di gunung Semeru cukup berat dan beberapa kali menelan korban. Jangan takut dan tidak perlu khawatir guys, kuatkan diri dan tekadmu mulai dari sekarang.

4. Perbekalan Yang Cukup

Source: Marc Levin

Ini yang harus benar-benar kamu persiapkan juga sebelum mendaki karena tanpa perbekalan peralatan atau logistik, kamu tidak bisa bertahan hidup. Siapkan semua makanan yang bisa kamu bawa dan mudah dimasak seperi kornet, sosis, mie instan, rending, nasi, dan lain sebagainya dan jangan lupa membawa peralatan memasak. Untuk perlengkapan tidur kamu bisa membawa tenda atau sleeping bag hangat dalam sebuah tas carrier yang berukuran minimal 50 liter. Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan penting lainnya seperti senter, jas hujan, botol air minum, plastik sampah dan lain sebagainya.

5. Pakaian Yang Harus Dikenakan

Source: Stevepb

Jangan mengenakan pakaian sembarangan saat mendaki. Dianjurkan untuk mengenakan pakaian yang tipis, ringan dan dapat menyerap keringat seperti kaos olahraga atau kaos bola serta celana yang khusus digunakan untuk pendakian. Hindari penggunaan celana jeans atau celana lain yang berbahan tebal dan menyerap air. Agar tetap hangat, jangan lupa juga untuk mengenakan jaket, kaos kaki dan kaos tangan serta sepatu khusus yang digunakan untuk pendakian.

6. Obat-obatan Pribadi

Source: Katicaj

Membawa obat-obatan pribadi saat mendaki juga bisa menghindarkanmu dari hal-hal yang tidak diinginkan misalnya sakit saat perjalanan. Bawalah obat pereda nyeri, pereda demam, obat masuk angin, balsam, obat maag, obat sakit kepala dan koyo yang bisa kamu tempelkan ditelapak tangan dan kaki saat tidur agar tidak kedinginan.

7. Kenali Rombongan

Source: Indonesia Journey

Mengenali teman dalam rombongan pendakian juga penting karena nantinya merekalah yang akan menemani perjalananmu. Untuk bisa saling mengenal satu sama lain, sebaiknya datang ke titik awal pendakian minimal setengah hari sebelum pendakian dimulai agar kamu bisa bersosialisasi terlebih dhaulu dengan pendaki lainnya.

8. Atur Ritme Perjalanan

Source: Andrew Hitchcock

Pendakian menuju puncak gunung semeru bisa berlangsung 2 hingga 3 hari sehingga kamu harus mengatur ritme pendakian agar tidak kelelahan. Jangan ragu untuk mengatakan pada rombongan yang lain jika kamu merasa kelelahan dan ingin beristirahat dan sebaliknya maklumi juga jika ada kawan yang ingin beristirahat dan tidak kuat dalam perjalanan. Kamu juga bisa menyepakati ritme pendakian bersama rombongan misalnya 15 menit berjalan dan 5 menit istirahat begitu seterusnya.

9. Mengetahui Dan Mematuhi Peraturan

Source: Geralt

Sebagai seorang pendaki dan pecinta alam yang baik kamu tentunya harus mengikuti semua peraturan yang berlaku misalnya harus mendaki lewat jalur ranu pani, tidak boleh meninggalkan sampah dilokasi pendakian, memetik bunga edelweiss, memancing di danau Ranu Kumbolo dan lain sebagainya. Patuhi juga segala peraturan yang dibuat dalam rombongan karena melanggar pantangan bisa menghambat pendakian.

10. Menjauhi Pantangan

Source: Toro Lumentut

Gunung Semeru punya berbagai kisah yang kadang menggelitik rasa penasaran seseorang karena mengandung misteri. Misalnya saja pantangan memancing di danau Ranu Kumbolo yang merupaka tempat peristirahatan para pendaki. Konon, didanau ini tinggal ikan mas yang dipercaya sebagai jelmaan dewi-dewi yang tinggal disekitar danau sehingga ikan tersebut tidak boleh ditangkap. Meskipun banyak cerita yang beredar tentang gunung ini, kamu tidak perlu takut dan tetaplah waspada serta berhati-hati.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ketahui jika ingin melakukan pendakian di gunung Semeru. Semoga bermanfaat ya Guys, “Be careful and enjoy your hiking time”

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Trip and Travel