10 Cara Untuk Mengobati Sakit Kaki Secara Alami

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: OpenClipart-Vectors

Meskipun merupakan salah satu bagian yang paling jarang dibahas, kenyataannya sakit kaki menjadi salah satu sakit yang membuat manusia menderita. Adanya sakit kaki dapat membatasi banyak sekali jenis aktivitas kita, misalnya jalan-jalan. Supaya kalian tetap bisa jalan-jalan, lebih baik kalian meluangkan waktu untuk membaca 10 cara mengobati sakit kaki secara alami ini:

1. Lakukan Pijat Kaki


Source: andreas160578

Pijat bukan hanya untuk badan atau wajah saja, tetapi juga dapat dilakukan pada kaki. Rilekskan kaki terlebih dahulu dan rasakan sensasi pijat yang melancarkan peredaran pembuluh darah di sekitar daerah kaki. Biasanya, pijat pada jempol atau jari kaki yang lain dapat mengurangi rasa sakit atau nyeri pada kaki secara alami.

2. Biarkan Ikan-Ikan Dalam Kolam Menghibur


Source: EngelExhibit

Terapi ikan merupakan salah satu terapi alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati sakit kaki secara alami. Selain dapat mengurangi rasa stres, ikan-ikan yang ditaruh pada sebuah kolam relaksasi kecil ini dapat menghisap hal-hal di dalam kaki yang menyebabkan kita mengalami sakit kaki, sehingga sakit kaki akan terobati secara alami darinya.

3. Rendam Kaki Dalam Baskom


Source: nosheep

Bagi kalian yang tidak memiliki akses ke kolam ikan, dapat merendam kaki yang sakit dalam baskom untuk mengobati sakit kaki secara alami. Pertama-tama, pastikan air hangat yang kalian taruh dalam baskom berukuran sedang atau besar. Air hangat ini kemudian dicampur dengan bahan-bahan yang dapat menyejukkan dan menenangkan otot kaki, misalnya minyak bunga lavender, chamomile, atau peppermint. Selanjutnya, rendam kaki kalian yang sakit selama beberapa menit atau jam hingga kalian merasakan kaki lebih tenang.

4. Menggunakan Alas Kaki Dengan Ukuran Lebih Besar Sedikit


Source: pashminu

Saya tidak menyarankan untuk menggunakan alas kaki, yakni sandal ataupun sepatu, dengan ukuran yang tepat, karena ukuran yang ngepas justru akan semakin menyakiti kaki kita. Karenanya, gunakan alas kaki dengan 1 tingkat ukuran yang lebih besar dibandingkan ukuran kaki kita, sehingga lebih aman dipakai untuk jalan-jalan jangka pendek maupun panjang.

5. Sesuaikan Alas Kaki Dengan Bentuk Kaki


Source: JaneMarySnyder

Dalam penggunaannya, poin ketiga ini dapat digabungkan dengan poin nomor dua mengenai penggunaan alas kaki yang lebih besar. Terkadang besar saja tidak cukup, kita juga harus mengenali bentuk kaki kita supaya bisa sesuai dengan alas kaki yang hendak kita beli. Sayang sekali, ‘kan, kalau acara jalan-jalan rusak hanya karena kaki yang tiba-tiba membengkak?

6. Aplikasikan Salep Pada Bagian Yang Sakit


Source: Mizianitka

Salep yang Anda pilih untuk mengobati sakit kaki secara alami haruslah salep yang hangat. Untuk tujuan kesesuaian dengan artikel, salep ini dapat Anda buat sendiri di rumah sehingga menjadi sebuah obat alami untuk sakit kaki. Caranya yaitu dengan mencampurkan minyak herbal dengan zat-zat yang dapat larut dalam air, kemudian mendinginkannya sehingga berubah bentuk menjadi seperti salep yang alami.

7. Lakukan Senam Kaki


Source: tab2_dawa

Mentang-mentang kaki sakit, bukan berarti kaki terus-menerus ada di kasur. Sebagaimana anggota tubuh manusia lain yang butuh bergerak, kaki yang sakit pun membutuhkannya. Senam kaki tidak usah yang terlalu berat semacam mendaki gunung, tetapi juga dapat dilakukan dengan menggerak-gerakkan jempol atau jari kaki secara memutar atau maju-mundur selama beberapa menit hingga kaki lebih relaks. Ini akan menjadi salah satu cara yang ampuh dalam mengobati sakit kaki secara alami.

8. Jangan Remehkan Istirahat


Source: ShaneTeee

Sebagian di antara kita tidak dapat melihat manfaat dari istirahat dan cenderung melihatnya sebagai hambatan untuk memulai kegiatan. Faktanya, justru manusia membutuhkan keseimbangan antara bekerja dan istirahat. Saat istirahat, kaki lebih baik diposisikan secara terlentang namun relaks, sehingga peredaran darah lancar dan sakit kaki pun dapat terobati secara alamiah.

9. Luangkan Waktu Untuk Bermeditasi


Source: maxlkt

Meditasi tidak hanya memberikan kesehatan ataupun kelegaan spiritual. Faktanya, beberapa jenis meditasi dapat memperlancar pernafasan sekaligus peredaran darah di sekitar kaki. Minimal hasil yang diharapkan dari 15-45 menit meditasi adalah rasa sakit kaki yang berkurang, sementara untuk target maksimalnya adalah kaki yang lebih lincah, luwes, dan mobile untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

10. Budayakan Sikap Kaki Yang Baik


Source: Veroni4ka

Tips kesepuluh ini terutama dapat kalian aplikasikan saat duduk. Beberapa di antara kita terlalu nyaman mengambil posisi salah satu kaki yang disilang, sehingga akhirnya berefek pada kesehatan kaki kita. Bukan hanya sekedar tidak seimbang, peredaran darah di pergelangan kaki pun dapat macet dan menyebabkan kesemutan atau kedutan. Karenanya, untuk mengobati sakit kaki secara alami, kita harus membudayakan sikap kaki yang baik.

Demikianlah 10 cara untuk mengobati sakit kaki secara alami. Mudah-mudahan setelah Anda mengetahui informasi mengenai pengobatan alami sakit kaki pada artikel ini, Anda akan semakin mampu dan bebas melakukan aktivitas sehari-hari yang membutuhkan kaki.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health, Lifestyle