10 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Janin Usia 4 Bulan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: mulan

Tahukah Anda betapa pentingnya mengetahui informasi sebanyak mungkin mengenai perkembangan janin Anda agar kehamilan Anda berjalan lancar? Semakin banyak hal yang Anda ketahui, Anda akan lebih berpengetahuan dan Anda tidak akan kaget dengan hal-hal yang akan terjadi. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai janin usia 4 bulan.

1. Pergerakkan Janin


Source: PublicDomainPictures

Pergerakkan janin pada saat usia kehamilan empat bulan sudah lebih terasa bila dibandingkan saat usia janin hanya tiga bulan. Mayoritas ibu hamil sudah dapat merasakan pergerakkan janin dengan jelas. Selain itu, janin sudah lebih menyerupai manusia ketika memasuki usia 4 bulan karena indera-inderanya sudah lengkap. Mayoritas organ tubuh juga sudah lebih berkembang, walaupun masih butuh waktu agar lebih sempurna.

2. Perkembangan Pada Minggu Ke-16


Source: tel13588006626

Pada minggu ke-16, selin pergerakkanya yang menjadi lebih kuat, panjang janin juga bertambah dengan sangat pesat. Selain itu, rambut halus yang disebut dengan lanugo mulai tumbuh di seluruh permukaan tubuhnya. Panjang janin pada saat ini biasanya kurang lebih 14-16cm, sementara beratnya kurang lebih adalah 135 gram. Selain bertambah panjang, otot-otot janin pun sudah lebih berkembang dan menjadi lebih kuat.

3. Jenis Kelamin


Source: dinhnguyenungdung0

Ketika janin Anda berusia tiga bulan, meskipun organ intim sudah mulai berkembang, jenis kelamin janin Anda belum bisa diketahui karena organnya belum berkembang secara sempurna. Pada saat janin memasuki usia empat bulan, organ intim sudah lebih berkembang daripada ketika usianya tiga bulan sehingga jika Anda melakukan USG pada masa-masa ini, ada kemungkinan Anda dapat mengetahui jenis kelamin janin Anda. Namun, bisa jadi jenis kelaminnya masih belum bisa diketahui. Bersabar saja, ya.

4. Pendengaran


Source: goodabyo0

Pada saat usia janin mencapai empat bulan maka janin sudah dapat mendengarkan suara yang berasal dari luar. Oleh karena itu biasanya petugas medis, dokter kandungan dan/atau bidan akan menyarankan kepada Anda untuk mengajak berbicara janin yang ada di dalam kandungan Anda. Pendengaran janin akan terus berkembang sampai ia mencapai usia tujuh bulan. Selain itu, janin mulai bisa merespon suara yang didengarnya, terutama suara Anda.

5. Lemak Coklat


Source: esudroff

Pada masa-masa ini pula lemak coklat yang penting untuk mengatur suhu tubuh akan mulai terakumulasi. Lemak coklat adalah sebuah ajaringan adipose yang berfungsi untuk menghasilkan panas. Biasanya, lemak coklat hanya terdapat pada jaringan di bawah kulit leher dan punggung. Jaringan lemak coklat ini akan semakin berkurang ketika usia anak makin dewasa dan hanya tertinggal dengan jumlah yang sedikit pada orang dewasa.

6. Menyerupai Bayi


Source: Pinsetti

Pada saat usia janin Anda mencapai empat bulan, perkembangannya sudah cukup pesat sehingga bentuk janin Anda sudah menyerupai bentuk bayi. Ditambah lagi, alis dan bulu mata sudah mulai tumbuh. Namun ukurannya belum proporsional. Yang dimaksud dengan ukuran yang kurang proposional adalah kepala janin yang masih sangat besar dan anggota tubuh, seperti misalnya kaki dan tangan yang masih relatif kecil pada awalnya.

7. Kondisi Tubuh Anda


Source: Pexels

Ketika janin Anda memasuki usia empat bulan, kemungkinan besar Anda akan merasa lebih bersemangat dan lebih susah merasa lelah. Pada masa-masa ini, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan Anda dan menjadi aktif, walaupun Anda harus berhati-hati agar Anda tidak kecapaian. Anda bisa mulai berolahraga dan melakukan latihan-latihan seperti pelvic floor exercises yang biasanya dianjurkan oleh dokter atau bidan Anda.

8. Protein


Source: 3217138

Pada usia empat bulan, protein sangat penting untuk janin karena janin sangat membutuhkan asam amino untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otot-otot dan organ-organnya. Oleh karena itu, akan baik jika Anda mulai mengkonsumsi lebih banyak makanan yang kaya protein. Makanan yang kaya protein antara lain adalah keju, susu, daging, biji-bijian dan kacang-kacangan.

9. Sauna dan Tanning Beds


Source: Wikipedia Commons

Sebaiknya pada masa-masa ini Anda menghindari pemakaian sauna ataupun tanning beds. Hal ini disebabkan karena tanning beds dan sauna bisa menaikkan temeratir tubuh Anda dan dapat melukai janin yang sedang berkembang di dalam rahim Anda. Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa janin Anda dapat bertumbuh dan berkembang secara sehat dan lancar, sebaiknya pemakaian kedua hal ini ditunda dulu sampai Anda sudah melahirkan.

10. Detak Jantung


Source: tung256

Pada usia kehamilan empat bulan, detak jantung janin Anda sekarang sudah diatur oleh otak dan walaupun mungkin tidak aneh, detak jantung janin Anda akan berdetak sebanyak 140-150detak per menit, yang bisa dibilang dua kali lebih cepat daripada detak jantung Anda. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, hal ini bukanlah hal yang aneh atau berbahaya bagi janin Anda.

Itulah 10 hal yang perlu Anda ketahui tentang janin yang berusia 4 bulan. Semoga bermanfaat!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Children, Pregnancy