10 Tips Mengobati Radang Tenggorokan dengan Cepat

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Katii Bishop

Apakah kamu sedang tersiksa karena sakit radang tenggorokan? Radang tenggorokan atau faringitis dapat disebabkan karena infeksi virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Bila ditilik secara alamiah, imunitas atau kekebalan tubuh baru terbentuk saat manusia beranjak dewasa. Radang tenggorokan sangat menggangu karena menyebabkan rasa sakit yang terasa saat menelan makanan, minum, dan bahkan menelan ludan. Biasanya, radang tenggorokan juga disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala, nyeri otot, batuk berdahak, influenza, dan nyeri amandel. Bila sudah sangat menggangu, bahan-bahan berikut ini dapat digunakan obat untuk radang tenggorokan secara alami.

1. Air Garam


Source: andreas160578

Siapa yang tak mengenal manfaat bumbu dapur yang satu ini? Selain merupakan faktor utama dalam membuat masakan menjadi lezat, garam juga bisa menyembuhkan radang tenggorokan berkat sifat antiseptic yang dimilikinya. Sifat antiseptic ini akan membunuh virus dan bakteri biang radang tenggorokan. Selain itu, garam juga melarutkan lendir yang mengental di tenggorokan sehingga mempercepat penyembuhan sakit radang tenggorokan. Caranya adalah dengan berkumur dengan air putih yang telah dicampur dengan 2 sendok garam atau bisa juga diminum.

2. Bawang Putih


Source: stevepb

Bahan alami sekaligus bumbu dapur lain yang bisa digunakan untuk menumpas sakit radang tenggorokan adalah bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa alicin yang berfungsi untuk membunuh bakteri serta menghilangkan peradangan. Caranya adalah dengan mengunyah langsung satu butir bawang putih mentah sampai halus, lalu minumlah air putih dan gunakan untuk berkumur-kumur. Bila mulut terasa tak enak dan pahit, kamu bisa melanjutkan dengan minum madu.

3. Madu dan Lemon


Source: onefox

Manfaat madu bagi kesehatan memang luar biasa, tak terkecuali untuk mengobati sakit radang tenggorokan. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, kamu bisa mencampurnya dengan lemon yang memiliki kandungan vitamin C tinggi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya adalah dengan memeras satu buah lemon dengan madu, minum sampai habis dan rasaka khasiatnya dalam waktu singkat.

4. Sup Ayam


Source: cegoh

Ini dia obat radang tenggorokan yang paling enak dan mungkin akan sangat digemari olehmu. Selain memiliki rasa nikmat, kuah hangat sup ayam bisa membantu meredakan rasa nyeri akibat peradangan. Selain itu, vitamin yang terdapat dalam sayuran dan daging ayam juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan sakit radang tenggorokan.

5. Jahe


Source: congerdesign

Jahe sebagai rempah-rempah tradisional memiliki senyawa zingiberin yang berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah, mengatasi peradangan, dan melakukan proses detoksifikasi atau pembuangan racun dari dalam tubuh. Jahe juga memiliki efek sensasi hangat sehingga menimbulkan rasa nyaman pada tenggorokan. Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampur tumbukan jahe segar dengan rebusan air panas mendidih, lalu aduk sampai air menjadi keruh kecokelatan. Tambahkan madu untuk rasa yang lebih manis dan minum sampai habis.

6. Minyak Kayu Putih


Source: Deedster

Minyak kayu putih ternyata tak hanya mujarab sebgai obat oles kulit untuk meredakan masuk angin atau gigitan serangga, namun bisa juga digunakan sebagai terapi alami menyembuhkan radang tenggorokan. Terapi minyak kayu putih ini disebut dengan steaming. Caranya adalah dengan memanfaatkan uap air panas di dalam baskom yang ditetesi minyak kayu putih, lalu hiruplah aroma hangat yang keluar sampai uapnya habis. Uap minyak kayu putih tersebut berfungsi untuk meringankan pusing, melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan stress, dan menyembuhkan gejala radang.

7. Pisang


Source: stevepb

Siapa sangka buah lezat berwarna kuning ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati radang tenggorokan. Saat radang tenggorokan menyerang, rasanya tentu sangat sulit untuk menelan makanan. Maka, konsumsi buah pisang yang lembut dan mengandung potassium tinggi sebagai zat anti inflamasi atau peradangan, meningkatkan imunitas, dan menangkal radika bebas sangat dianjurkan.

8. Istirahat Total

women-young-gorgeous-lyingSource: pixabay

Secara alamiah, tubuh bisa menyembuhkan sendiri radang tenggorokan dalam waktu 3-4 hari asalkan kita beristirahat dengan cukup dan tidak melakukan aktivitas fisik yang berat. Istirahat yang cukup akan membuat tubuh lebih kuat sehingga sistem daya tahan tubuh pun lebih meningkat untuk melawan bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan.

9. Air Putih


Source: priyanka98742

Siapa yang tidak setuju bahwa air putih adalah cairan terbaik di dunia. Tubuh manusia yang sebagian besar terdiri dari cairan tentu memerlukan asupan air putih yang banyak setiap harinya untuk menyeimbangkan kadar cair dan mencegah dehidrasi. Saat radang menyerang, konsumsilah minimal 3 liter air putih setiap hari untuk mempercepat proses penyembuhan.

10. Berhenti Merokok


Source: Pexels

Rokok adalah racun mematikan yang menjadi biang keladi banyak penyakit berbahaya, salah satunya adalah tumor tenggorokan. Radang tenggorokan akut dan parah sangat mungkin menjadi tumor tenggorokan bila kita tidak mau berhenti merokok dan menjalani pola hidup sehat. WHO mencatat bahwa 60% kasus tumor tenggorokan di dunia disebabkan oleh rokok, oleh karena itu, berhentilah merokok sebelum terlambat.

Breathe your life good!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health