10 Cemilan Sehat Yang Baik Untuk Anak-Anak

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: avitalchn

Kehidupan anak-anak seolah tidak dapat dilepaskan dari cemilan. Selain boneka beruang dan bebek karet, cemilan merupakan “teman” anak yang paling setia. Namun demikian, orang tua perlu memilihkan cemilan yang sehat untuk merangsang pertumbuhan anak dengan lebih optimal. Agar tidak bingung, berikut ini saya daftarkan 10 cemilan sehat yang baik untuk anak-anak, masing-masing yang bermerek dengan yang alami:

1. Merek: Milna

Sebagai merek cemilan yang terus berinovasi, Milna terus mengeluarkan varian-varian rasa yang telah dicampur dengan premiks vitamin untuk merangsang tumbuh kembang anak agar tetap sehat. Saya sendiri merekomendasikan biskuit Milna karena rasanya enak dan cocok dikonsumsi anak 6-12 bulan. Biskuit yang mereknya dibuat oleh Kalbe ini begitu empuk, enak, namun juga sehat karena mengandungi cita rasa buah dan sayur yang baik untuk anak-anak.

2. Merek: Promina

Pada merek yang hampir mirip dengan Milna ini, saya menyarankan bubur sebagai cemilan yang sehat untuk anak-anak. Sesuai usia masing-masing anak, merek Promina menyajikan berbagai macam bubur sehat seperti bubur kacang hijau dan kacang merah dengan harga yang terjangkau. Bubur sehat ini juga mengandungi banyak macam vitamin dan inulin, di mana hal-hal inilah yang juga merangsang tumbuh kembang anak.

3. Merek: Gerber

Mungkin beberapa di antara kita familiar dengan ciri merek dari Swiss ini yang ada kepala bayinya. Bukan hanya baik untuk anak-anak, cemilan dengan merek Gerber juga sehat karena mengandungi cita rasa buah murni. Sama seperti Milna dan Promina, Gerber juga melakukan pembagian usia pada produknya, di mana anak-anak yang lebih kecil akan diberi biskuit dengan kandungan susu yang lebih banyak, sementara anak-anak yang lebih besar kandungan buahnya yang lebih banyak.

4. Merek: Nutella


Source: Emily Poisel

Jangan salah, merek yang sudah mengglobal di banyak supermarket dan toko-toko ini dapat menjadi salah satu cemilan sehat yang baik untuk anak-anak. Kebanyakan anak yang saya tahu suka makan cokelat, sementara Nutella sendiri terkenal dengan selai rasa cokelat, sehingga cocok di lidah anak. Jangan lupa juga kandungannya yang ramah lacto-vegetarian, sehingga ngemil dengan merek Nutella juga baik untuk kesehatan anak-anak. Oh, ya… Saya memasukkannya dalam kategori cemilan karena Nutella ini juga dapat dimakan langsung dengan disendoki pakai plastik.

5. Merek: Skippy


Source: Mike Mozart

Beberapa anak suka makan cokelat, namun karena alasan kesehatan atau alasan lain yang berhubungan, anak tidak dapat memakan cokelat. Karenanya, merek cemilan Skippy ini juga dapat menjadi alternatif cemilan sehat yang baik untuk anak-anak. Meskipun rupanya adalah selai, kenyataannya waktu saya kecil dahulu, saya pernah langsung memakan dari kemasannya. Lagipula, selai ini mengandungi rasa kacang yang serupa dengan kacang sungguhan, sehingga menjadikannya salah satu kategori cemilan sehat yang baik untuk anak-anak.

6. Alami: Pisang


Source: robin_24

Jangan takut memberikan pisang kepada si kecil sebagai cemilan. Kadar kaliumnya yang tinggi dapat merangsang energi anak, sehingga memungkinkannya untuk tahan beraktivitas sepanjang hari. Jangan lupa juga kalau cemilan alami nan lembut ini aman bagi bayi maupun anak-anak dan dapat menstimulasi kinerja otak anak. Pisang rebus atau pisang kuning yang fresh juga cocok disajikan sebagai cemilan sehat di kala siang atau sore hari bagi si kecil.

7. Alami: Puree Tomat


Source: Vladimir Morozov

Sekilas sama dengan saus tomat, bedanya, puree tomat adalah tomat yang diproses dengan cara diblender hingga halus dan menyisakan beberapa bagian yang kasar namun lembut. Secara sederhana, puree tomat ini seumpama bubur tomat. Tomat sendiri mengandungi antioksidan yang baik dan kesegaran yang mendukung pertumbuhan anak, dan cemilan dalam bentuk bubur apapun (termasuk puree) cocok dikonsumsi anak segala usia, maka saya menjadikannya sebagai salah satu nominasi 10 cemilan sehat yang baik untuk anak-anak.

8. Alami: Sushi


Source: Meditations

Cemilan tanpa kalori satu ini dapat menjadi salah satu cemilan sehat yang baik untuk anak-anak. Ukurannya yang kecil dan proses pengolahannya yang bersih membuat anak dapat mengunyah dan mencerna dengan lebih cepat. Untuk alternatif cemilan yang lebih sehat, saya menyarankan sushi tradisional, yakni sushi “asli” yang mengutamakan kesegaran dari hasil-hasil lautan, seperti udang, ikan salmon, dan rumput laut.

9. Alami: Aneka Olahan Tempe


Source: Mittmac

Cemilan sehat alami satu ini merupakan satu lagi alasan untuk mencintai buatan Indonesia. Hari ini, salah satu makanan kebanggaan rakyat Indonesia ini telah memiliki banyak variasi yang tersebar di seluruh penjuru dunia, termasuk berbagai cemilan dari olahan tempe yang baik untuk anak-anak. Agar lebih sehat, dapat juga mencampurkan tempe dengan berbagai sayuran dalam mangkok kecil sebagai kudapan ringan untuk si buah hati.

10. Alami: Cake Vegan


Source: Kelly Sue DeConnick

Siapa bilang sehat tidak harus enak? Kalau bisa dua-duanya, mengapa tidak? Itulah yang tercermin dari menyajikan cake vegan dengan ukuran gigitan yang cocok untuk anak-anak. Selain enak dan manis, cake-cake vegan nan imut ini kaya protein dan tidak mengandungi lemak jenuh, sehingga akan menghindarkan anak dari penyakit-penyakit terminal yang disebabkan oleh kelebihan kadar glukosa sejak kecil. Di saat yang sama, anak pun akan tetap suka ngemil.

Pilihan cemilan sehat, baik itu alami ataupun bermerek, semua itu hendaknya tidak hanya disesuaikan dengan preferensi Anda sendiri, tetapi juga kebutuhan si kecil. Yang jelas, dengan ngemil sehat, si kecil juga akan memiliki badan yang sehat.

Para orang tua, siapkah Anda memilih cemilan yang sehat dan juga baik untuk anak-anak?

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Children, Health