10 Tips dalam Memilih Sikat Gigi yang Baik dan Benar

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: stevepb

Kebersihan dan kesehatan mulut merupakan hal yang membutuhkan perhatian khusus, namun seringkali diabaikan. Sikat gigi, sebagai alat kebersihan mulut yang paling penting, juga tidak bisa diabaikan dalam memilihnya. Untuk itu, simak 10 tips dalam memilih sikat gigi berikut ini.

1. Memilih sikat gigi dengan ukuran kepala kecil

Source: free-pix-bkk

Ukuran kepala sikat gigi merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam memilih sikat gigi. Untuk menjangkau seluruh permukaan gigi orang dewasa, pilihlah sikat yang memiliki ukuran lebar kepala sekitar 1.27 cm dan panjang 2.5 cm. Memilih sikat gigi dengan ukuran kepala yang kecil diperlukan agar Anda dapat membersihkan bagian yang sulit terjangkau seperti bagian belakang dan samping gigi geraham.

2. Perhatikan bentuk kepala sikat gigi

Source: byrev

Selain ukuran kepala sikat gigi yang bervariasi, terdapat pula bentuk kepala sikat gigi yang beraneka ragam di pasar. Ketika memilih sikat gigi, perhatikan bentuk kepala sikat gigi tersebut. Pilihlah sikat gigi dengan bentuk kepala yang sesuai dan nyaman untuk Anda, baik itu yang berbentuk meruncing atau persegi.

3. Bulu sikat yang lembut untuk menghindari iritasi gusi

Source: sanmoorg

Sikat gigi yang Anda gunakan berfungsi untuk membersihkan gigi, bukan menyakiti gusi Anda. Oleh karena itu, pastikan bulu sikat yang Anda gunakan berbahan lembut untuk menghindari iritasi dan pendarahan pada gusi serta mencegah memperparahnya gigi sensitif. Terlalu sering menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang kasar juga dapat merusak permukaan akar gigi dan email gigi. Disarankan pula untuk memilih bulu sikat dengan ujung bulat untuk menghindari iritasi.

4. Memilih bentuk bulu sikat gigi yang tepat

Source: succo

Bentuk bulu sikat juga beraneka macam. Terdapat bulu sikat yang berbentuk rata, yang umumnya tersedia di pasar. Ada juga bulu sikat bergelombang yang berfungsi untuk membersihkan sela-sela gigi yang berdempetan. Kemudian sikat gigi dengan bulu berseling untuk mengangkat plak. Dan bulu sikat yang terdiri dari sikat halus, dan sikat kasar di bawahnya untuk mengjangkau bagian yang sulit dibersihkan. Sama seperti memilih bentuk kepala sikat gigi, pilihlah bentuk bulu sikat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Perhatikan gagang sikat gigi yang tepat

Source: guetherbraun0

Gagang sikat gigi tersedia dalam berbagai macam bentuk dan warna. Mungkin Anda akan lebih sibuk memilih warna gagang sikat dibanding bentuknya. Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan bentuk gagang yang sesuai dan nyaman bagi Anda. Pastikan Anda memilih gagang sikat gigi dengan permukaan yang anti licin agar tidak terlepas ketika Anda menggunakannya.

6. Sikat gigi elektrik? Perlukah?

Source: Hans

Baik sikat gigi manual maupun sikat gigi elektrik memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Orang dengan arthritis yang memiliki keterbatasan gerak akan sesuai menggunakan sikat gigi elektrik. Jika Anda cenderung menyikat gigi terlalu kencang atau bersemangat, sikat gigi elektrik akan menjadi pilihan yang pas agar Anda dapat membersihkan gigi dengan lembut. Sementara itu, sikat gigi manual biasanya lebih terasa nyaman ketika digunakan bagi orang kebanyakan.

7. Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sikat gigi elektrik

Source: Hans

Jika Anda memilih untuk menggunakan sikat gigi elektrik, perhatikan beberapa hal yang penting. Perhatikan apakah sikat gigi elektrik tersebut memiliki timer untuk memastikan bahwa Anda sudah menyikat gigi selama 2-3 menit. Perhatikan juga apakah sikat tersebut memiliki sensor untuk mengetahui jika Anda menyikat gigi terlalu keras, agar terhindar dari iritasi. Kemudian, pastikan charger sikat gigi Anda sesuai dengan soket listrik Anda.

8. Memilih sikat gigi untuk anak

Source: Alexas_Fotos

Sikat gigi untuk anak memang dirancang khusus dengan bentuk dan ukuran rahang anak-anak yang lebih kecil dari ukuran rahang orang dewasa. Selain memperhatikan hal-hal di atas, Anda dapat melihat dari kemasannya untuk usia berapa sikat gigi tersebut ditujukan. Sikat gigi khusus anak juga biasanya tersedia dalam berbagai warna dengan gambar kesukaan anak-anak agar mereka mau menyikat gigi dengan benar dan teratur.

9. Perawatan sikat gigi yang sesuai

Source: wilkernet

Setelah Anda memilih sikat gigi yang tepat, perhatikan juga perawatan sikat gigi Anda. Pastikan Anda membersihkan sikat gigi secara menyeluruh dengan air keran setiap kali Anda selesai menggunakannya. Simpanlah sikat gigi Anda di tempat yang bersih dan tidak tertutup untuk menghindari pertumbuhan mikroorganisme.

10. Seberapa seringkah kita harus mengganti sikat gigi?

Source: George Becker

Sikat gigi Anda perlu diganti dengan yang baru secara rutin, setidaknya setiap 3-4 bulan sekali. Sikat gigi yang sudah sering digunakan akan menjadi tidak efektif dalam membersihkan gigi. Jika ada orang yang sakit di rumah Anda atau jika Anda memiliki masalah kekebalan tubuh, dianjurkan untuk mengganti sikat gigi tiap bulan. Sikat gigi untuk anak juga disarankan untuk diganti lebih rutin.

Demikianlah 10 tips dalam memilih sikat gigi yang baik dan benar. Pemilihan sikat gigi dengan tepat akan membantu Anda dalam menjaga kebersihan dan kesehatan mulut serta menghindari dari iritasi. Penggunaan sikat gigi yang baik juga dianjurkan, yaitu dengan menyikat gigi secara perlahan dan lembut.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health