10 Manfaat Pisang Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Justin Mathews

Buah pisang memang sudah tak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan kita. Namun ternyata, ada satu jenis pisang yang mungkin jarang kita temui dalam menu makanan kita sehari-hari padahal sesungguhnya sangat kaya manfaat: pisang merah. Buah yang nama Latinnya adalah musa acuminata red dacca ini banyak tumbuh di wilayah Asia, termasuk Indonesia. Si merah ini punya khasiat yang sangat besar untuk kesehatan dan kecantikan kita. Apa saja?

1. Kaya Serat


Source: PublicDomainPictures

Buah ini adalah sumber serat yang kaya. Serat memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Orang-orang dengan masalah pencernaan seperti konstipasi atau maag sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah ini. Satu buah pisang merah mengandung 4 gram serat, setara dengan 16% kebutuhan serat harian kita. Dengan mengkonsumsi pisang merah, berat badan akan lebih stabil dan seimbang. Bukan hanya itu, kita juga bisa mengurangi resiko sakit jantung dan diabetes tipe 2.

2. Menangani Anemia


Source: Pixabay

Anemia adalah sebuah kondisi serius dimana tubuh tidak memiliki zat besi yang cukup untuk memproduksi hemoglobin. Hemoglobin adalah bagian dari sel darah merah yang bertugas mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh. Pisang merah bisa membantu Anda yang mengidap anemia karena buah ini sangat kaya akan vitamin B6 yang sangat diperlukan tubuh untuk membentuk hemoglobin.

3. Menyehatkan Tulang


Source: Unsplash

Pisang merah sangat kaya dengan potasium yang dikenal  penting untuk keseharian tubuh kita. Potasium bisa menghindarkan kita dari terbentuknya batu ginjal, kanker, dan masalah-masalah jantung. Potasium juga membantu kalsium menyehatkan tulang. Anak-anak dan para lansia terutama akan banyak mendapat manfaat dari mengkonsumsi pisang merah. Pasalnya, anak-anak membutuhkan asupan kalsium yang lebih besar dibanding orang dewasa untuk tumbuh kembang tulang. Sedangkan, para lansia juga memerlukan kalsium untuk menghindari tulang keropos akibat penuaan.

4. Kaya Vitamin C


Source: cegoh

Pisang merah juga kaya dengan vitamin C yang merupakan antioksidan. Vitamin C mampu melindungi sel-sel kita dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker dan penyakit jantung. Antioksidan juga memperbaiki sistem kekebalan dan metabolisme kita. Sebuah pisang merah saja mengandung 16% dari dosis harian vitamin C yang diperlukan oleh tubuh. Anda yang tak menyukai masamnya buah jeruk-jerukan bisa mengkonsumsi pisang merah untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C secara alami.

5. Menghilangkan Stres


Source: caio_triana

Pisang merah kaya akan potasium yang bisa menstabilkan tekanan darah serta mengontrol stabilitasi air tubuh. Saat tubuh mengalami ketegangan, tingkat potasium dalam tubuh menurun. Mengkonsumsi pisang adalah cara yang sehat untuk menyeimbangkannya tanpa menggunakan obat-obatan.  Pisang merah mengandung tiga macam gula: glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Ketika dikombinasikan dengan serat, ketiganya dengan instan mendongkrak level energi kita, membuat kita menjadi merasa positif. Selain itu, protein triptofan pada pisang merah akan dikonversi menjadi serotonin yang vital perannya dalam membuat kita merasa bahagia.

6. Menurunkan Berat Badan


Source: mojzagrebinfo

Pisang merah mengandung lebih sedikit kalori dibanding buah-buahan lain. Sehingga, jika Anda menyertakan pisang merah ke dalam menu diet harian, Anda masih bisa mengenyangkan perut tanpa mengkonsumsi terlalu banyak kalori. Ini sangat penting untuk tetap sehat dan segar sepanjang hari tanpa harus menambah berat badan. Sebuah pisang merah mengandung 50 kalori saja, namun kaya akan kandungan serat dan mudah dicerna. Buah ini juga tidak mengandung lemak, jadi  benar-benar aman. Kenyang yang didapat pun bisa tahan lama.

7. Membantu Berhenti Merokok


Source: freestocks.org

Pisang merah kaya dengan vitamin C, B-6, potasium dan magnesium yang sangat membantu bagi yang tengah berusaha berhenti merokok. Berhenti merokok bisa menyebabkan masalah-masalah fisik dan psikologis pada awal-awal pross.  Potasium dan magnesium yang ada di pisang merah membantu tubuh untuk sembuh dari nicotine withdrawal, yaitu dampak yang timbul dari berhenti mengkonsumsi nikotin. Pisang merah akan melawan efek-efek samping yang disebabkan oleh proses ini sekaligus memberi tubuh kita energi.  Dalam minggu-minggu awal berhenti, tubuh kita akan mengalami banyak perubahan yang bisa mengakibatkan stres, rasa cemas, depresi, mudah marah, mood swing,  dan hasrat yang kuat untuk kembali mengkonsumsi nikotin. Mengendalikan diri sendiri dan mengkonsumsi pisang merah untuk membantu kita adalah senjata yang tepat untuk bisa terus bertahan pada keputusan ini.

8. Menyehatkan Kulit


Source: Lum3n.com- Snufkin

Pisang merah memiliki kandungan nutrisi kaya seperti vitamin C dan B-6 yang sangat penting untuk kulit. Nutrisi ini bisa membantu kulit kita tetap kencang dan elastis. Kandungan antioksidan yang tinggi juga membantu melawan gejala-gejala penuaan seperti keriput dan kulit kering. Jadi, jika Anda menginginkan kulit yang berkilau dan sehat, sertakanlah pisang merah dalam diet harian Anda.

9. Membuat Rambut Indah


Source: iiii iiii

Pisang merah sangat kaya potasium, minyak alamiah, karbohidrat, serta vitamin yang membantu melembutkan rambut dan mempertahankan elastisitas alaminya. Ini yang mencegah rambut patah dan bercabang. Pisang merah akan membuat rambut mudah diatur, berkilau, lebat, dan jauh dari ketombe. Pakailah masker pisang merah alami untuk menyehatkan dan memperindah rambut yang rusak karena pewarnaan, sengatan matahari, atau rebonding.

10. Baik Untuk Penglihatan


Source: Skitterphoto

Pisang merah mengandung nutrisi-nutrisi yang vital, termasuk vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan mata. Karena itu, mengkonsumsi pisang merah sangat dianjurkan untuk Anda yang memiliki masalah dengan penglihatan.

Banyak sekali kan manfaat pisang merah untuk kesehatan dan kecantikan kita? Dengan semua manfaat ini, pisang merah jelas merupakan salah satu super food! Yuk mulai menyisipkan makanan ini ke dalam menu makan kita!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Kesehatan, Makanan