10 Tips Unik dan Menarik Gunakan Hijab Syar’i

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: herman yahaya

Dewasa ini makin sering digaungkan gaya fashion terutama hijab sesuai tuntunan syara. Fashion ini sering dikenal dengan hijab syar’i. Penggunaan hijab syar’i tentunya sangat dianjurkan karena inilah cara berhijab yang sesungguhnya. Sekarang ini banyak yang menganggap bahwa hijab hanyalah sebagai penutup kepala saja. Sehingga banyak yang mengabaikan hal-hal lainnya seperti masih menggunakan baju yang ketat dan berbahan tipis. Lalu bagaimana sih sebenarnya tata cara berhijab syar’i? Berikut dipaparkan tips menggunakan hijab syar’i tetapi tetap menarik.

1. Gunakan Hijab Panjang

Perintah berhijab adalah dengan mengulurkan kerudung hingga menutup dada. Penggunaan hijab seperti inilah yang sesuai dengan ketentuan agama. Akan tetapi justru saat ini banyak muslimah yang justru melilitkannya ke atas kepala. Hal ini beralasan untuk modifikasi atau agar terlihat lebih fashionable. Alhasil justru mereka memamerkan dada dan bentuk tubuh mereka hanya demi terlihat fashionable.

2. Gunakan Hijab Berbahan Tebal


Source: Freepht

Hijab yang disarankan untuk digunakan bukan hanya panjang menutupi dada, akan tetapi berbahan tebal. Ukuran tebal disini adalah tidak transparan sehingga dapat melihat lekuk tubuh dari bahan hijab tersebut. Akan percuma jika seorang muslimah memakai hijab panjang akan tetapi berbahan sangat tipis. Agama menganjurkan agar kain yang digunakan tidak dapat tembus pandang.

3. Tidak Menampakkan Punuk Unta

Kenapa dikatakan punuk unta? Apakah ada punuk unta dalam berhijab? Istilah ini digunakan untuk menggambarkan para muslimah yang suka menggelungkan rambut mereka saat berhijab. Tampilan gelungan inilah yang dikatakan punuk unta. Pernah dijelaskan dalam suatu hadist riwayat Muslim bahwa,”… wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian”.

4. Padukan dengan Gamis Longgar

Pakaian yang digunakan pun hendaknya yang longgar dan tidak memperlihatkan bentuk tubuh. Dan gamis adalah pilihan yang tepat untuk ini. Akan tetapi gamis bukanlah satu-satunya pilihan, Anda dapat juga menggunakan rok dan baju yang longgar. Pemilihan dan anjuran menggunakan baju yang longgar sangat memperhatikan kenyamanan penggunanya. Baju yang ketat tentunya tidak akan nyaman digunakan, berbeda dengan baju longgar.

5. Pilih Motif Hijab Senada Pakaian

Tips selanjutnya untuk menggunakan hijab syar’i adalah pilihlah hijab yang sesuai dengan pakaian yang digunakan. Hal ini meliputi warna, corak, atau model. Biasanya untuk pakaian yang bermotif akan cocok jika menggunakan hijab polos. Warna yang dipilih untuk hijab pun tidak harus selalu sama dengan pakaian, akan tetapi merupakan warna yang masih bisa serasi dengan pakaian yang digunakan.

6. Gunakan Aksesoris Hijab Seperlunya

Penggunaan aksesoris hijab merupakan pilihan setiap muslimah. Ada yang suka memakainya atau ada pula yang tidak suka memakainya. Akan tetapi penggunaan aksesoris akan menambah kesan indah pada hijab yang digunakan. Terkadang untuk hijab yang sudah ada hiasannya maka aksesoris tambahan kurang perlu digunakan. Berbeda halnya dengan hijab polos, aksesoris tambahan mungkin dirasa perlu. Yang perlu diingat adalah jangan menggunakan secara berlebihan.

7. Modifikasi Gaya Hijab

Sekarang ini semakin banyak jenis hijab yang diproduksi. Ada yang berbentuk segiempat, pashmina, atau hijab langsung pakai. Semua jenis itu pun dapat digunakan dengan berbagai macam gaya. Menggunakan berbagai macam gaya dalam berhijab tentunya sangat tidak salah asalkan masih sesuai ketentuan syara. Jangan sampai karena ingin mengikuti mode malah menggunakan hijab yang tidak menutupi dada atau memperlihatkan bentuk tubuh.

8. Pilih Motif Hijab yang Disukai


Source: ckirner

Jika Anda menggunakan hijab syar’i, tidak ada salahnya untuk memilih motif yang disukai. Pemilihan motif sesuai kesukaan akan membuat Anda lebih nyaman dalam menggunakannya. Usahakan agar motif yang dipilih masih sesuai dengan pakaian yang dikenakan. Karena tentunya modis dalam berbusana juga perlu.

9. Serasikan Gaya Pakaian dan Gaya Hijab

Gaya pakaian dan gaya hijab dapat dimodifikasi sesuai selera Anda. Pemilihan gamis, rok, baju panjang, atau dengan tambahan cardigan untuk Anda gunakan sebaiknya disesuaikan dengan pemilihan gaya berhijab. Gaya berhijab yang dipilih akan menambah kesan anggun dan modis dalam berbusana.

10. Berkaos Kaki

Kaos kaki sangat diperlukan. Sesuai ketentuan syara, penggunaan kaos kaki dapat menutupi aurat berupa kaki. Bagi seorang muslimah dengan hijab syar’i, penggunaan kaos kaki akan sangat membantu karena akan membuat aktivitas berjalan lebih nyaman.

Keputusan menggunakan hijab syar’i lebih dari hak masing-masing individu, karena sebenarnya ini merupakan kewajiban seorang muslimah. Hijab syar’i tidak akan menghalangi seorang muslimah menjadi modis, anggun, dan susah beraktifitas. Penggunaan busana dengan hijab syar’i yang tepat akan membuat semua aktivitas berjalan lancar. Percantik dirimu dengan Hijab Syar’i!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Fashion, Hijab