10 Hal Tentang Bayi 7 Bulan dan Cara Menanganinya

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source : adtkedia

Bayi berusia 7 bulan sudah mulai merangkak karena otot lututnya yang sudah cukup kuat. Pada usia ini, Anda juga sudah mulai bisa mengajarinya berjalan walaupun masih sulit baginya. Ia juga akan mengalami tumbuh gigi di usia 7 bulan. Ingin tahu lebih lengkap mengenai bayi 7 bulan? Mari simak ulasan berikut :

1. Ukuran Fisik Bayi 7 Bulan

Source : esudroff

Pada usianya yang memasuki 7 bulan, bayi mengalami kenaikan bobot dan panjang yang cukup terukur. Untuk bayi laki-laki, biasanya berbobot sekitar 6,7-10,2 kilogram, sedangkan untuk bayi perempuan beratnya kira-kira 6,1-9,6 kilogram. Panjang bayi laki-laki 7 bulan berkisar antara 65,1-73,2 cm, sementara untuk bayi perempuan rata-rata 62,9-71,6 cm.

2. Belajar Merangkak

Source : friesenliesen

Di bulan-bulan sebelumnya, bayi masih sedikit kesulitan untuk merangkak, namun setelah usianya 7 bulan, ia mulai belajar merangkak, terutama jika ingin meraih suatu benda. Proses belajar merangkak ini cukup membutuhkan waktu. Bahkan terkadang bayi harus merangkak mundur sebelum bisa merangkak maju. Biarkan bayi mengeksplorasi tubuhnya sendiri dan melatih otot-ototnya menjadi lebih kuat. Pastikan pula lantai dan letak perabotan tidak membahayakan jika tersenggol bayi yang sedang merangkak.

3. Tulang Punggung Menguat

Source : 1899441

Karena tulang punggungnya semakin menguat, bayi sanggup duduk dalam waktu lebih lama, atau mulai juga memutar tubuhnya serta menegakkan punggung. Tulang punggung yang semakin menguat juga membantu prosesnya belajar merangkak dan berguling-guling kesana kemari.

4. Senang Bermain

Source : sever111

Anda bisa mulai mengajaknya bermain di usia 7 bulan ini, dan bayi akan cukup responsif menanggapinya. Jika ada mainan di sekitarnya, cobalah menutupinya dengan kain, kemudian di depan matanya buka kain tersebut. Bayi akan terkejut karena mainan kesukaannya tiba-tiba bisa timbul dan menghilang. Coba pula tutup wajah Anda, kemudian buka sambil mengatakan ‘cilukba’. Bayi 7 bulan biasanya akan tertawa saat Anda mengajaknya bermain seperti ini.

5. Mulai Bisa Menggunakan Cangkir

Source : goodabyo0

Tangan bayi 7 bulan sudah cukup baik dalam menggenggam benda-benda, termasuk cangkir bayi. Oleh karena itulah, Anda sudah mulai dapat menggantikan botol susu dengan cangkir jenis ‘sippy’, yang memiliki tutup dengan moncong mengerucut agar memudahkan bayi untuk minum. Walaupun belum terbiasa, coba ajak bayi untuk belajar menggunakan cangkir tersebut. Pilih cangkir yang memiliki dua pegangan di samping sehingga memudahkan bayi untuk menggunakannya.

6. Gigi Mulai Tumbuh

Source : adriantarkusoff

Pada usia 7 bulan, gigi bayi mulai bermunculan satu per satu. Terkadang keadaan tumbuh gigi inilah yang menjadi penyebab bayi suka memasukkan barang-barang ke mulutnya atau menggigit barang-barang. Pada saat bayi tumbuh gigi, gusinya akan sedikit gatal, sehingga ia melakukan hal tersebut. Ia juga akan lebih banyak mengeluarkan air liur pada usia 7 bulan. Gunakan teether, mainan bayi yang diperuntukan untuk digigit untuk membantunya agar tidak menggigit barang-barang lain.

7. Bayi Semakin Ekspresif

Source : cabujak

Bayi akan semakin menyukai interaksi dengan orang lain. Di usia 7 bulan, bahkan bayi mulai mampu untuk melambaikan tangannya dan memberikan cium jauh pada orang yang dikenalnya. Ia sudah pandai menirukan ekspresi orang lain. Oleh karena itu, selalu bersikaplah baik sehingga bayi akan mengikuti sifat-sifat baik tersebut.

8. Bisa Cemas Jika Ditinggal

Source : mirani

Bayi usia 7 bulan akan mudah cemas saat ditinggal oleh orangtuanya, misalnya untuk bekerja. Beberapa bayi juga sangat rewel dan akan menangis keras ketika menyadari orangtuanya tidak ada di dekatnya atau melihat orangtuanya pergi meninggalkan rumah. Bayi belum paham betul bahwa saat orangtuanya bekerja, mereka akan pulang kembali, sehingga ia takut ditinggalkan bersama penjaganya.

9. Bisa Mengerti Perintah Larangan

Source : StockSnap

Anda sudah bisa mengajarkannya untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak baik, seperti saat ia memasukkan benda kotor ke salam mulutnya, seperti dengan menunjukkan ekspresi tegas dan melarangnya dengan kata ‘jangan’. Bayi akan mulai belajar untuk tidak melakukan hal-hal yang Anda larang. Alihkan pula perhatiannya terhadap hal lain saat ia melakukan hal tidak baik.

10. Menyukai Rutinitas Sehari-hari

Source : wsucht

Bayi 7 bulan sudah dapat mulai menikmati aktivitasnya sehari-hari seperti dibacakan buku cerita anak, mandi dengan ditemani berbagai mainan air yang dapat berbunyi, dan lainnya yang secara rutin ia alami. Setiap aktivitas bayi selayaknya Anda lakukan bersamanya seperti bermain, sehingga bayi pun menjadi bahagia. Demikianlah 10 hal mengenai bayi 7 bulan dan carai menanganinya, semoga berguna bagi Anda yang sedang mengasuh bayi berusia 7 bulan.

Selamat menyaksikannya mulai merangkak!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Children