10 Manfaat Dan Efek Samping Bawang Putih Untuk Jerawat

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Gadini

Tahukah kamu jika bawang putih yang biasanya digunakan untuk masak, ternyata bisa kamu manfaatkan sebagai obat peredah jerawat. Kamu bisa menghaluskan bawang putih dengan cara diulek atau diblender. Hanya dengan mengoleskan bawang putih pada wajah, dapat mengempeskan jerawat pada wajah mu. Tapi jangan remehkan efeksampingnya juga, karena tidak semua kulit tahan dengan bawang putih. Untuk lebih jelasnya bagaimana sih manfaat dan efek samping dari bawang putih, yuk simak yang berikut ini.

1. Mempercepat Keluarnya Jerawat

Kandungan senyawa aktif pada bawang putih mampu mempercepat proses keluarnya jerawat, dengan begitu akan semakin cepat proses penyembuhan jerawat. Kamu bisa menggunakan 1-2 siung bawang putih, kupas dan cuci bersih bawang putih. Haluskan bawang putih dengan cara diulek atau diblender, letakkan pada wadah yang bersih. Sebelum menggunakan bawang putih pastikan wajah sudah bersih, dan oleskan bawang putih pada jerawat lalu diamkan hingga mengering dengan sendirinya.

2. Mempercepat Kematangan Jerawat

Memiliki jerawat diwajah adalah sesuatu hal yang sangat mengganggu, namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa diatasi. Kamu bisa memanfaatkan bawang putih untuk proses penyembuhan jerawat. Dengan menggunakan bawang putih kamu bisa mempercepat kematangan jerawat lebih cepat dari biasanya, dan dengan begitu tentu akan cepat selesai juga proses penyembuhannya.

3. Mengandung Antiseptik

Tahukah kamu jika antiseptik padaΒ  bawang putih, ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati jerawat. Dengan menggunakan bawang putih, maka bakteri penyebab jerawat akan mati dan jerawat cepat sembuh. Sehingga tidak ada lagi bakteri yang mampu menyebar dan memicuh tumbuhnya jerawat di daerah lain. Kamu bisa membuat jus bawang putih, dan menempelkannya pada wajah yang berjerawat.

4. Menyembuhkan Jerawat Selama 2-7 Hari

Dengan menggunakan bawang putih dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat 2 kali lebih cepat dari biasanya. Kandungan senyawa aktif dalam bawang putih mampu menyembuhkan jerawat 2 kali lebih cepat dari biasanya. Cara menggunakannya sangat mudah, hanya dengan menghaluskan bawang putih dengan blender atau diulek kamu sudah bisa menggunakan bawang putih untuk wajah.

5. Rasa Gatal Pada Jerawat

Menggunakan bawang putih sebagai obat jerawat ternyata akan membuat kulit mu merasa gatal dan panas. Rasa ini muncul akibat efek dari senyawa yang terkandung dari bawang putih, kulit kita sedang berjerawat. Dan otomatis kulit dalam keadaan sensitif akan zat asing yang menempel, sehingga hal ini menyebabkan kulit terasa gatal-gatal dan bahkan me-merah. Kamu bisa meredahkan gatalya dengan menggunakan air dingin, dan aliri wajah mu dengan air tersebut.

6. Menyebabkan Rasa Perih

Selain rasa gatal dan panas, bawang putih bisa menyebabkan kulit mu terasa perih. Namun hal ini memang wajar terjadi, karena pada dasarnya bawang putih mengandung antiseptik. Kamu bisa membasuh wajah mu dengan air dingin, lakukan ini selama satu menit. Jika wajah sudah dibasuh, kamu bisa mengeringkan wajah mu dengan tisu wajah dan cukup hanya dengan menempelkannya pada wajah mu. Atau kamu juga boleh tidak mengeringkan air pada wajah, dan biarkan kering dengan sendirinya.

7. Timbul Rasa Panas

Day 48: so I'm back in my pyjamas because I'm still feeling so rubbish, went and got my hair dyed today (this is why there isn't a front on picture today because I have colour all over my forehead πŸ™ˆ)and it wasn't as stingy as last time, don't know if that's down to the coconut oil I've been using on my scalp to make it less dry. My eye is still giving me bother and my throat is still sore. The second picture is of a dry/itchy patch on my right wrist that can get quite annoying! I am just out the shower so skin is maybe a little more flushed! #roaccutane #roaccutanediary #roaccutanejourney #roaccutaneproblems #accutanejourney #accutane #accutaneproblems #adultacne #acne #acneskin #acnescars #acneproblems #acnecommunity #rash #spots #glasgow #scotland #photooftheday

A post shared by Roaccutanejourney (@roaccutanejourneyuk) on

Rasa panas akibat bawang putih akan muncul, seiring dengan rasa gatal dan perih seperti terbakar. Jika kamu merasakan ini, sebaiknya segera bilas atau basuh wajah mu menggunakan air keran. Kamu bisa menggunakan air dingin dari lemari es juga untuk membuat kulit mu lebih dingin dan tidak panas. Dan jika kamu merasa rasa panas tersebut tidak hilang, segera konsultasikan ke dokter kulit terdekat.

8. Timbul Flek Hitam

Menggunakan bawang putih sebagai obat jerawat ternyata dapat menyebabkan flek hitam pada wajah. Tentu hal ini akan menjadi masalah ke dua setelah jerawat, dan bahkan akan menjadi suatu masalah jangka panjang. Flek hitam sangat sulit dihilangkan pada beberapa jenis kulit wajah, dan bahkan hampir tidak bisa dihilangkan. Oleh sebab itu gunakanlah bawang putih sebagai obat dengan secukupnya saja, dan lansung bilas jika ada indikasi gatal, panas ataupun perih.

9. Menimbulkan Peradangan

Tahukah kamu jika ternyata menggunakan bawang putih sebagai obat jerawat, akan menimbulkan peradangan bagi beberapa jenis kulit. Hal ini akan sangat membahayakan kesehatan kulit, bahkan bisa merusak lapisan epidermis pada kulit mu. Jika kamu menggunakan bawang putih sebagai obat jerawat, sebaiknya segera bersihkan dengan air dingin dan jangan memberikan bawang putih pada wajah dalam jangka panjang.

10. Kulit Jerawat Melepuh

Bawang putih mengandung senyawa aktif yang dapat membuat kulit wajah mu panas, perih gatal dan bahkan melepuh. Tentu hal ini akan sangat berbahaya untuk jaringan kulit wajah, dan bisa merusak jaringan tersebut. Jika kamu ingin menggunakan bawang putih sebagai obat jerawat, sebaiknya tidak menggunakan dalam jangka panjang. Karena tidak semua kulit cocok dengan bawang putih sebagai obat jerawat.Β Salam Cantik!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty