10 Cara Mengatasi Gatal di Kemaluan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: DokterSehat

Rasa gatal pada kemaluan terkadang hanya dipandang sebagai sesuatu yang sepele. Meski demikian hal tersebut tetap saja mengganggu aktivitas. Kemaluan yang gatal juga menandakan kurangnya menjaga kebersihan. Berikut adalah sepuluh cara untuk mengatasi gatal di kemaluan.

1. Hindari Penyebab Iritasi


Source: Meditations

Sebelum Anda mengatasi gatal- gatal, Anda harus tahu penyebab iritasi yang mengakibatkan gatal- gatal- gatal pada Miss V. Iritasi yang berakibat gatal pada kemaluan dapat disebabkan oleh pemakaian tisu toilet, cairan pembersih vagina yang mengandung pengharum, serta pembalut dan pentyliner yang memiliki aroma. Cobalah menghindari penggunaan barang- barang tersebut agar kemaluan Anda terhindar dari rasa gatal.

2. Bersihkan dengan Benar


Source: tookapic

Kemaluan yang gatal sering disebabkan karena ketidaktahuan Anda tentang bagaimana cara membersihkan vagina dengan benar. Cara membersihkan vagina yang benar yakni dari arah depan ke belakang. Bukan sebaliknya. Jika dilakukan dengan arah sebalikmya, maka bakteri pada anus dapat berpindah ke vagina dan menyebabkan rasa gatal. Pastikan untuk membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh kemaluan.

3. Ganti Pembalut

View this post on Instagram

OPEN ORDER . . Dengan motif2 yg baru dan lucu2 😊😊😊. . . .OrderDimulai dri hari ini-kamis besok , Tgl 27-02 maret 2017 periode Order ke 9😍😍😍😊 . πŸ’žHarga TOP QUALITY 🌷 1.Night = 109.900 =6 lembar 2.day. = 99.900. =6 lembar 3.PL. = 89.900. =10 lembar . . Ukuran TOP QUALITY 🌷 1.Night = -+ 33cm 2.day. = -+ 25cm 3.PL. = -+17cm . . Bagi yg berminat langsung aja tulis formatnya 1.Nama: 2.Nama &jumlah barang: 3.Alamat: 4.No hp: . Kirim ke 081225304945 In sya Alloh diawal Maret nnti akan ada giveaway untuk para pecinta @pembalutkain_shubbychic Dinantikan ya.. Yg setuju boleh coment "setuju" di colim bawah ini πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡ #pembalut #pembalutkain #shubbychic

A post shared by by Mudrikah Nur Zain (@pembalutkain_shubbychic) on

Β Ketika Anda sedang mengalami menstruasi, gantilah pembalut minimal dua kali sehari. Anda harus rajin mengganti pembalut agar kemaluan terhindar dari rasa gatal. Pastikan untuk membersihkan vagina dengan air sebelum menggunakan pembalut yang baru agar tidak ada sisa darah yang menempel di sekitar kemaluan. Jika Anda malas mengganti pembalut, maka berbagai macam jamur dan bakteri dapat bersarang di kemaluan Anda dan menimbulkan rasa gatal.

4. Perhatikan Celana Dalam


Source: Pexels

Celana yang dimaksud di sini adalah celana dalam maupun celana luar yang Anda pakai. Untuk celana dalam, Anda harus rajin menggantinya agar kemaluan tidak terlalu lembab. Pilihlah celana dalam yang berbahan katun dan dapat menyerap keringat. Kemudian untuk celana luar, sebaiknya menggunakan celana yang longgar atau tidak ketat. Celana yang ketat dapat menimbulkan gatal pada kulit kemaluan karena otot- otot vagina mendapat tekanan. Selain itu, celana yang ketat membuat sirkulasi udara tidak lancar.

5. Terapi dengan Air Dingin


Source: ColiN

Anda bisa meredakan gatal di kemaluan dengan cara membasuh menggunakan air dingin. Membasuh kemaluan dengan air dingin dapat mengurangi panas di sekitar kemaluan sehingga rasa gatal berkurang. Basuhkan air di sekitar kemaluan sampai mengenai vagina yang berada di bawah. Hindari mengguyurkan air dingin ke vagina secara langsung.

6. Hindari Penggunaan Air Bak di Toilet Umum


Source: Homestage

Ketika Anda menggunakan toilet umum, hindari menggunakan air yang berada di bak secara langsung. Hasil dari sebuah penelitian menerangkan bahwa terdapat sekitar 70 persen jamur candida albican di dalam air yang menggenang di bak toilet umum. Setelah selesai buang air kecil di toilet umum, bukalah kran air dan gunakan air yang mengalir dari kran. Kandungan bakteri di dalam air yang mengalir dari kran lebih sedikit dari air yang menggenang di bak. Hanya sekitar 10 sampai 20 persen saja.

7. Perawatan dengan Air Garam


Source: Andreas

Cara lain untuk mengatasi gatal pada kemaluan adalah dengan melakukan perawatan menggunakan air garam. Selain meredakan gatal, air garam dinilai sebagai bahan yang efektif untuk menghilangkan bakteri jahat yang berada di vagina. Basuhlah kemaluan dengan air garam setiap kali Anda merasa gatal- gatal.

8. Redakan Gatal dengan Bawang Putih


Source: Meditations

Selain air garam, bahan alami lain yang dapat meredakan gatal adalah bawang putih. Bawang putih juga bersifat anti bakteri seperti halnya air garam. Untuk menggunakannya, Anda cukup mengambil 2 sampai 3 siung bawang putih, lalu haluskan sehingga menjadi pasta. Oleskan pasta bawang putih ke kain katun lalu gunakan untuk mengompres kemaluan yang gatal. Hindari mengoleskan pasta bawang putih secara langsung ke vagina karena dapat membuat vagina terasa panas.

9. Gunakan Pembersih Vagina dengan Bijak

View this post on Instagram

BAGAIMANA UTK MERAWAT MASALAH KEPUTIHAN BAGI ANAK DARA ??? . . Keputihan adalah masalah biasa bg wanita..Keputihan jugak bkn hanya dialami oleh wanita yang dah berkahwin tetapi turut dialami oleh anak dara. . Cara merawat : . Adik2 blh cuba Feminine wash JSD dan Masker vagina.. . Ni set asas utk penjagaan miss v anda. . ❀ rawat keputihan ringan . ❀ mengurangkan kegatalan . ❀ mencegah bau yg kurang menyenangkan . p/s: Tapi klau adik2 mengalami keputihan smpai berketul2, kaler pn dh kuning2 hijau..yg ni memg dh kronik.JSD ada jugk rawatan utk yg kronik ni. . Jadi jgn biar ye..nnti blh mengundang bahaya pd diri. . Nak tau lagi… Whtsap/dm/tele 019-9915075 . #jsdmanismantappenuhrahsia #susukdara #jamususukdara #jsd #produkjsd #missvfemininewash #missvfemininewashjsd #maskervagina #maskervaginajsd #rawat #keperluankesihatan #jamususukdarabymiela #jamususukdarakuantan #femininewash #femininewashjsd #jamususukdaramalaysia #jamususukdara_seller #manismantappenuhrahsia #terapiinstagram #jamususukdaramalaysia #pembersihvagina

A post shared by miela_mohamad (@miela_mohamad) on

Hindari terlalu sering menggunakan cairan pembersih vagina karena dapat menyebabkan vagina kering. Terlalu sering membasuh kemaluan dengan cairan pembersih juga dapat mematikan bakteri baik. Bakteri baik yang mati kemudian diikuti dengan tumbuhnya jamur yang bisa membuat kemaluan terasa gatal.

10. Minum Kunyit Asam


Source: Ajale

Kunyit menjadi alternative lain untuk meredakan gatal di kemaluan. Umbi- umbian ini mengandung anti bakteri yang tidak hanya dapat meredakan gatal pada kemaluan tetapi juga dapat mengatasi keputihan. Buatlah minuman kunyit asam dengan menggunakan 2 rimpang kunyit, 1 buah asam, sepotong gula aren dan segenggam daun beluntas. Rebus semua bahan hingga mendidih lalu saring hingga air terpisah dari ampasnya. Konsumsilah minuman kunyit asam tersebut sebanyak satu gelas saja dalam sehari.

Selain sepuluh cara yang sudah dijelaskan tadi, hal yang paling penting adalah lakukanlah pola hidup sehat dan menjaga kebersihan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health