10 Minuman Paling Populer Di Indonesia Yang Mesti Kamu Coba

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Cybercomputers

Sebagai salah satu negara yang memiliki beragam kebudayaan, Indonesia juga punya banyak variasi kuliner yang bisa kamu coba. Tidak hanya makanan, Indonesia juga punya berbagai jenis minuman yang pastinya bisa dinikmati kapan saja terutama minuman tradisional. Hampir diberbagai wilayah di Indonesia memiliki ragam minuman tradisionalnya sendiri dan berikut beberapa diantaranya dirangkum oleh cintaihidup.com. Simak terus ulasannya berikut ini.

1. Cendol

Source: Wikimedia

Minuman asli Indonesia ini sudah terkenal hingga ke seluruh nusantara ya Guys! Cendol adalah minuman yang terdiri dari bulir-bulir berwarna hijau yang terbuat dari tepung beras dan pewarna alami yang terbuat dari daun suji serta disajikan bersama santan dan gula merah cair. Di Jawa Barat minuman ini memang disebut dengan nama cendol sementara di Jawa Tengah masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan dawet. Cendol dihidangkan dingin bersama es batu sehingga akan sangat cocok disantap saat tengah hari yang panas.

2. Bajigur

Source: Yopi Priyatna

Bajigur juga merupakan minuman khas Indonesia yang harus kamu coba. Minuman ini terbuat dari santan, jahe dan gula merah lengkap dengan potongan kelapa didalam minuman. Bajigur disajikan hangat dan biasanya dikonsumsi saat sore atau malam hari terutama saat cuaca sedang dingin.

3. Bir Pletok

Meskipun namanya bir pletok, minuman khas Betawi ini sama sekali tidak mengandung alkohol ya, Guys! Minuman yang biasanya dikonsumsi untuk menghangatkan badan ini terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia seperti sereh, kayu manis, kapulaga, jahe merah dan rempah-rempah lainnya yang dimasak bersama dengan gula merah. Selain disajikan hangat, bir pletok juga bisa dikonsumsi dingin dengan menambahkan es batu kedalamnya.

4. Es Teler

Source: Wikimedia

Es yang sebenarnya hampir sama dengan es campur ini ditemukan sekitar tahun 1980an oleh seorang tukang es campur bernama Tukiman Darmowijoyo. Es serut yang dilengkapi dengan potongan buah alpukat, kelapa muda, melon, nangka, santan, dan sirup ini bisa membuat siapa saja terlena dan seakan-akan teler atau mabuk makanya es ini dinamakan es teler.

5. Sekoteng

Source: Wikimedia

Kamu pastinya sering menemui penjaja sekoteng dimalam hari. Jangan heran yak arena minuman khas Jawa Tengah ini memang berfungsi untuk menghangatkan badan. Sekoteng sendiri terbuat dari jahe yang dimasak dengan gula merah dan dilengkapi dengan bahan lainnya seperti kacang hijau, kacang merah, roti tawar, pacar cina dan potongan kacang tanah. Coba saja untuk mengkonsumsi sekoteng saat kamu merasa kedinginan, dijamin badanmu akan langsung hangat.

6. Limun Sarsaparila

Minuman yang satu ini pernah populer di era 70an dan banyak digemari saat itu. Meskipun tidak banyak dikenal, minuman yang juga disebut sebagai cola Jawa ini harus kamu coba, pasalnya rasa dari minuman limun sarsaparilla tergolong unik.  Kamu akan merasakan sensasi menyegarkan yang menggelitik saat meminum minuman ini seperti halnya saat kamu meminum Rootbeer. Selain menyegarkan, limun sarsaparilla juga dipercaya mampu menyembuhkan masuk angin.

7. Wedang Ronde

Hampir sama dengan minuman sekoteng, wedang ronde juga merupakan minuman khas Jawa khususnya dari daerah Yogyakarta yang terbuat dari rebusan jahe dan gula merah. Disebut wedang ronde karena minuman ini punya ciri khas yakni bola-bola yang terbuat dari tepung beras yang disebut ronde. Jika kamu membeli semangkuk ronde, kamu juga akan mendapati minuman ini lengkap dengan potongan kacang tanah yang disangrai, kolang-kaling serta potongan roti tawar.

8. Es Selendang Mayang

View this post on Instagram

Selendang mayang ini enak sekali dinikmati di berbagai situasi, bisa dicampur dg es Batu atau dimakan biasa aja juga tetep enak…. Yang paling aku suka iku kuah santan + gula merahnya, harum banget lo… Ini aq share resepnya yaa…. SELENDANG MAYANG ———————————————————— BAHAN : 1 bungkus tepung hunkwe 4 sdm gula pasir / sesuai selera Pewarna makanan secukupnya (merah, hijau) 500 ml air BAHAN KUAH : 6 butir gula merah ukuran kecil Gula pasir secukupnya jika dirasa kurang manis 1 sachet santan kara ukuran 65 ml 700 ml air 3 lembar daun Pandan CARA MEMBUAT : cmpur tepung hunkwe bersama dg air, gula pasir, aduk sampai tercampur rata, kemudian baru di masak dan di aduk diatas api kecil saja, aduk terus sampai mengental dan meletup2, setelah itu angkat dan bagi menjadi 3, masing2 beri warna merah dan hijau sisanya biarkan putih saja, kemudian cetak atau tuang dalam loyang diamkan dan biarkan dingin kemudian potong2. Untuk membuat kuahnya, campur semua bahan jadi satu aduk diatas api sedang sampai tercampur rata, kemudian tunggu mendidih dan matikan api. Untuk penyajian bisa dimakan selagi hangat atau bisa juga dg campuran es Batu #selendangmayang #fotokusedap #fotomasak #sajiansedap #belajarbaking #doyanbaking #masakid #shareresep #berbagiresepkue #berbagiresep #ykmk2014 #ykmk2014_recipes #resepmasakan #resepyummy #resepkokiku #reseproemah #hobbycooking #bisabikin #anekamasakandankue #cakedankue #jajanpasar #kuetradisional #indonesianfood #instafoodie #foodlovers #yummy #foodphotography #foodposts #foodporn

A post shared by Rifqyatus surfi (@rifqyatussurfi) on

Selain terkenal dengan minuman khasnya yakni bir pletok, Betawi juga punya minuman khas lainnya yang harus kamu coba yaitu es selendang mayang. Es ini terbuat dari adonan kue berwarna-warni yang berbahan dasar agar dan dipotong tipis menyerupai selendang. Potongan kue tersebut lantas disajikan bersama santan dan gula merah cair serta es batu yang membuat rasanya semakin segar.

9. Es Kuwud

Jika sebagian besar minuman yang populer di Indonesia berasal dari Jawa, minuman yang satu ini sangat terkenal di daerah Bali dan sekitarnya. Es kuwud sebenarnya hampir sama dengan es kelapa muda hanya saja disajikan berbeda. Es ini tidak menggunakan santan dan gula merah sebagai pelengkapnya melainkan jeruk nipis, potongan buah melon, selasih dan sirup yang terbuat dari gula yang dicairkan.

10. Wedang Uwuh

Sekilas jika kamu melihat minuman yang satu ini kamu akan merasa heran karena banyak sekali dedaunan kering yang ada didalamnya. Dalam bahasa Jawa wedang uwuh berarti minuman sampah tapi bukan sampah dalam maksud yang sebenarnya ya, guys! Wedang yang bersal dari Yogyakarta ini memang terbuat dari jahe dan secang yang direbus dengan gula merah serta disajikan dengan berbagai dedaunan tanaman herbal yang berkhasiat seperti sereh, daun pala, kayu manis, kapulaga dan lainnya.

Kamu sudah pernah mencoba semua minuman diatas? Jika belum, jangan ragu untuk mencobanya dan merasakan sensasinya ya! “Just try them and you will love the taste”

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary