10 Fakta Tentang Posisi Tidur Yang Baik: Jenis dan Manfaatnya

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: TawnyNina

Di tengah-tengah kesibukan kerja maupun tugas kuliah atau kantor yang menumpuk, menjaga posisi tidur tetap baik merupakan tantangan tersendiri. Padahal, ada beberapa hal yang membuat posisi tidur yang baik harus kita semua perhitungkan. Saya pikir inilah saatnya bagi kita membaca 10 fakta mengenai posisi tidur yang baik yang saya sajikan pada artikel ini, masing-masing pada berbagai jenis posisi tidur terbaik dan manfaat mengambil posisi tidur yang baik:

1. Posisi Tidur: Telentang


Source: Timothy Krause

Secara umum, tidur terlentang merupakan posisi tidur terbaik di antara semua posisi tidur yang ada. Tidur terlentang bukan hanya sekedar menjaga postur tubuh, namun juga dapat membuat tidur makin pulas. Selain itu, jam bangun tidur akan lebih teratur apabila posisi tidur kita terlentang.

2. Posisi Tidur: Fetus Position


Source: Kain Kalju

Fetus position adalah posisi tidur yang miring ke kiri atau ke kanan dengan tangan menutupi wajah, di mana posisi ini menguntungkan bagi ibu hamil. Dengan miring ke kiri atau ke kanan secara konsisten tiap harinya, janin akan terhindar dari goncangan berlebihan akibat pergerakan yang berlebih. Sebagai akibatnya, posisi tidur miring ini akan membawa manfaat besar bagi pertumbuhan si janin pasca keluar dari perut ibu.

3. Posisi Tidur: Yearner Position


Source: cuncon

Sebagaimana fetus position yang dapat miring ke kiri atau ke kanan, posisi tidur yearner ini juga dapat miring ke kiri ataupun ke kanan. Bedanya, posisi tidur ini memiliki bahasa tubuh yang lebih terbuka, sehingga menghindarkan dari sesak nafas yang mungkin terjadi akibat memeluk guling atau bantal terlalu erat. Oleh sebab itu, posisi tidur ini merupakan posisi yang baik.

4. Posisi Tidur: Dapat Berubah-Ubah Apabila Diperlukan


Source: Timothy Krause

Banyak yang berkata posisi tidur yang berubah-ubah tiap beberapa detik atau menit tidak baik untuk pertumbuhan tubuh maupun emosional seseorang. Dalam beberapa kasus, memang posisi tidur yang konsisten merupakan posisi tidur yang baik, namun apabila diperlukan posisi tidur justru harus berubah-ubah. Ini juga penting untuk menghindari sakit kepala yang kerap tiba-tiba muncul saat tidur.

5. Posisi Tidur: Tengkurap


Source: DieterRobbins

Posisi tidur satu ini bukan hanya yang terbaik dan dapat Anda pilih, tetapi juga menjadi posisi tidur yang paling enak. Fakta kesehatan mengenai posisi tengkurap yang dapat melancarkan pencernaan ini merupakan salah satu hal yang saya pikir harus Anda ketahui. Karenanya, jangan pernah tidak mau untuk mengambil posisi tengkurap.

6. Manfaat: Mengurangi Rasa Stres


Source: smengelsrud

Dengan menjaga posisi tidur yang baik, kita dapat memperoleh berbagai macam manfaat kesehatan secara fisik maupun psikologis. Pengurangan rasa stres merupakan salah satu manfaat kesehatan psikologis yang dapat kita peroleh dari membudayakan posisi tidur yang baik. Dengan memiliki posisi tidur yang baik, kita akan terhindar dari kegelisahan berlebihan yang disebabkan oleh rasa stres.

7. Manfaat: Membentuk Karakter dan Kepribadian


Source: Kirill Kondratyev

Beberapa tahun ini telah banyak riset yang membuktikan adanya hubungan antara posisi tidur yang baik dengan pembentukan karakter dan kepribadian. Saya pun setuju dengan hal ini, mengingat posisi tidur merupakan bagian dari diri kita yang menunjukkan bahwa kita manusia yang memiliki keunikan pribadi. Dengan memiliki posisi tidur yang baik, secara tidak langsung kita juga membentuk karakter dan kepribadian menjadi lebih baik lagi.

8. Manfaat: Menjauhkan Dari Penyakit Mematikan


Source: Donnie Ray Jones

Bersyukurlah kita yang masih bisa tidur, karena beberapa orang di luar sana bahkan tidak dapat mengatur posisi tidur mereka sendiri. Selagi kita masih dapat mengatur posisi tidur yang baik, lakukanlah. Dengan demikian, kita menyelamatkan diri kita sendiri dari penyakit-penyakit mematikan akibat posisi tidur yang salah di masa depan.

9. Manfaat: Memperkuat Imunitas Organ Internal


Source: stux

Saat tidur, organ-organ di dalam tubuh kita bukan hanya beristirahat, tetapi juga melakukan semacam “recharging baterai” secara internal. Hasil dari “recharging” ini akan dapat kita nikmati pada pagi hari, di mana kita akan memulai aktivitas kita kembali. Kerja organ tubuh dalam “recharging” sistem kekebalan tubuh akan semakin optimal apabila kita memiliki posisi tidur yang baik.

10. Manfaat: Berlaku Untuk Semua Orang Tanpa Terkecuali


Source: Olichel

Demi kesehatan tubuh pribadi, posisi tidur yang baik berlaku untuk semua orang tanpa terkecuali. Artinya, semua orang yang ingin sehat wajib menerapkan posisi tidur yang baik dan sesuai dengan karakter maupun kebutuhan tubuh mereka masing-masing. Dengan demikian, semua orang yang ingin sehat dapat mengambil manfaat kesehatan sebesar-besarnya dari penerapan posisi tidur yang baik.

Demikianlah 10 fakta yang harus Anda ketahui tentang posisi tidur yang baik, di mana masing-masing meliputi jenis posisi tidur yang dapat Anda ambil dan manfaat yang akan Anda peroleh dari membiasakan diri mengambil posisi tidur yang baik. Bagaimanapun juga, posisi tidur yang baik dapat mendatangkan keuntungan bagi diri kita di masa kini maupun masa depan.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health, Lifestyle