10 Cara Merias Wajah Berdasarkan Karakter dan Bentuk Wajah Kalian

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: kinkate

Make-up (Riasan wajah) yang seharusnya berfungsi untuk meningkatkan penampilan perempuan dapat menjadi sebaliknya apabila kita tidak benar-benar mengenal wajah dan kebutuhan wajah kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara merias yang berbeda-beda tergantung karakter maupun bentuk wajah. Berikut ini adalah 10 di antara sekian banyaknya cara merias wajah berdasarkan karakter dan bentuk wajah kalian masing-masing:

1. Bentuk Wajah Oval


Source: Pezibear

Bentuk wajah oval merupakan bentuk wajah yang paling fleksibel dibandingkan bentuk-bentuk wajah lainnya. Karenanya, merias wajah pada bentuk wajah oval juga tidak menjadi masalah besar. Riasan bertema natural atau “no-makeup“-makeup a la artis-artis drama Korea yang menekankan pada alis dan menghaluskan kulit pipi sangat cocok diaplikasikan pada kalian yang bentuk wajahnya oval.

2. Bentuk Wajah Bulat


Source: Krzysiek

Persoalan terberat bagi seseorang dengan bentuk wajah bulat adalah pipinya. Di dunia yang saat ini mendewakan pipi tirus, memiliki pipi bulat nan chubby dapat membuat seseorang defisit percaya diri. Akali hal ini dengan memberikan sapuan khusus pada sisi kiri dan kanan pipi, sehingga pipi akan terlihat lebih tirus. Selain itu, jangan merias wajah dengan make-up tebal karena hanya akan membuat wajah terlihat makin gemuk.

3. Bentuk Wajah Hati


Source: Simplicity

Inilah bentuk wajah ideal kedua setelah oval. Bentuk wajah ini memiliki ciri khas dagu lancip dan pipi tirus yang menjadi idaman banyak perempuan masa kini. Namun, berat yang tidak seimbang pada bagian pipi atas dan bawah juga merupakan kelemahan bentuk wajah hati yang harus diperhatikan saat hendak merias wajah. Cara mengakali hal ini (sekaligus menonjolkan kelebihan bentuk wajah hati) adalah memberikan riasan wajah yang ringan dengan warna-warna make-up yang lembut namun feminin.

4. Bentuk Wajah Panjang


Source: tommerton2010

Meski sekilas mirip dengan bentuk wajah oval, bentuk wajah ini berbeda dalam hal proporsi bagian atas, tengah, dan bawah wajah yang hampir sama. Bentuk wajah panjang memiliki reputasi sebagai bentuk wajah yang paling cepat mengalami penuaan, karenanya butuh foundation, BB, ataupun CC Cream untuk menyamarkan ketuaan ini. Selain itu, sama seperti wajah oval, riasan natural make-up juga cocok diaplikasikan untuk pemilik bentuk wajah panjang.

5. Bentuk Wajah Kotak


Source: Hans

Bentuk wajah ini tidak lazim dimiliki, namun bukan berarti bentuk wajah ini tidak dapat dipercantik sama sekali. Tantangan merias wajah pada bentuk wajah kotak adalah mengakali bagian rahang agar tidak menonjol, karenanya bentuk wajah kotak memerlukan blush-on dengan shading yang lebih gelap untuk menutupinya. Pemilik bentuk wajah kotak juga tidak boleh takut mengaplikasikan pemerah bibir berwarna terang untuk mempercantik bibir, mengalihkan perhatian orang dari rahang mereka, sekaligus menambah rasa percaya diri.

6. Karakter Wajah Jutek


Source: PublicDomainPictures

Ini mungkin karakter wajah yang paling menakutkan bagi sebagian besar orang, karena seseorang dengan karakter wajah jutek terlihat selalu sebal dan marah (meskipun kenyataannya tidak demikian). Untuk menghilangkan kesan seram, kita dapat menggambar alis dengan lebih rata dan dengan warna yang semu seperti cokelat muda. Untuk membuat kesan mata besar sekaligus menghilangkan kesan yang menakutkan pada “si jutek”, kita juga dapat menggunakan mascara berlentik sedang dan eyeshadow dengan warna-warna lembut seperti merah muda dengan glitter.

7. Karakter Wajah Polos


Source: cuncon

Dari kesan pertama yang ditimbulkan, karakter wajah satu ini sangat bertolak belakang dengan karakter wajah jutek. Sepintas memang tidak banyak permak yang harus dilakukan pada karakter wajah polos atau innocent ini, namun, bukan berarti seseorang dengan wajah polos dapat senantiasa menampilkan “bare face“-nya. Karena karakter wajah polos, maka Korean natural make-up dengan mascara yang tidak terlalu lentik serta lip tint dan lip gloss berwarna muda mengkilat cocok diaplikasikan untuk merias wajah berkarakter polos.

8. Karakter Wajah Berwibawa


Source: PublicDomainPictures

Meskipun sekilas nampak sama dengan si jutek, karakter wajah ini lebih menekankan pada kesan pemimpin, khususnya alpha female yang percaya diri dan disegani kawan-kawannya. Seseorang dengan karakter wajah berwibawa perlu riasan wajah yang menekankan karakter kepemimpinannya, misalnya penggambaran alis berwarna gelap atau hitam supaya alis terlihat tebal. Untuk mata, dapat mengaplikasikan eyeliner atau eyeshadow berwarna hitam, emas, biru muda, atau abu-abu supaya mata “si pemimpin” berwibawa makin menonjol dan nampak bersinar.

9. Karakter Wajah Dingin


Source: greekfood-tamystika

Dalam merias wajah orang-orang dengan karakter wajah yang dingin tanpa ekspresi, tidak seharusnya mengaplikasikan riasan wajah yang cerah ceria dan penuh warna karena itu hanya akan menghilangkan keunikan karakter wajahnya. Di saat yang sama, riasan wajah yang terlalu pucat akan membuat “si dingin” terlihat tidak sehat. Karenanya, kombinasi warna lipstick merah, ungu, atau hitam dengan glitter serta eyeshadow berwarna ungu gelap dengan dekorasi yang tidak terlalu mentereng akan bekerja sangat baik dalam merias wajah “si dingin”.

10. Karakter Wajah Centil


Source: ventu_99

Berdasarkan yang saya lihat, karakter wajah ini yang paling mudah dibuat bereksperimen dengan berbagai cara merias wajah yang unik. Pada dasarnya, “si centil” sendiri adalah seseorang yang suka berdandan dan memadu-padankan warna-warni make-up yang berbeda-beda. Karenanya, mengapa tidak mencoba merias wajah “si centil” dengan riasan-riasan yang tidak konvensional, semacam eyeshadow atau lipstick 12 warna sekaligus?

Itulah 10 cara merias wajah berdasarkan karakter dan bentuk wajah, masing-masing dengan keunikannya sendiri-sendiri. Sebelum merias wajah, ada baiknya kita mengenali kebutuhan tubuh dan diri kita masing-masing, agar riasan wajah tidak menjadi bumerang bagi penampilan. Setuju?

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Kecantikan, Kosmetik, Merias