10 Jenis Binatang Peliharaan yang Populer di Indonesia

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: jarmoluk

Punya Binatang Peliharaan harus bisa merawatnya dengan baik. binatang yang cenderung jinak ini keseharianya ada di sekitar rumah kita, sebagian dari mereka juga tinggal di kandang khusus. Perlakuan terhadap mereka tentu berebeda dengan hewan sejenis yang ada di alam liar. Memiliki binatang peliharaan juga sudah menjadi gaya hidup saat ini, dimana orang-orang tertentu merasa bangga memilikinya dan mereka juga mempunyai komunitas serta event khusus yang akan menampilkan binatang  peliharaan mereka yang lucu.

Jika kamu ingin memiliki binatang peliharaan juga, berikut ini 10 Binatang Peliharaan Yang Paling Populer di Indonesia saat ini :

1. Kucing


Source: JoeSang

Kucing bukan saja binatang pelihaaraan, bagi sebagian orang kucing adalah teman dan sahabat setianya dikala sedang sendiri di dalam rumah. Kucing yang lucu dan juga menggemaskan adalah salah satu faktor yang membuat orang menjadi tertarik untuk memeliharanya. Jenis-jenis kucing yang populer dan dipelihara oleh kebanyakan orang adalah jenis kucing lokal, kucing Persia, Angora, Bengal, birman, bambino, tiffanie, Ceylon dan lainya. Tidak sedikit juga kucing jenis Spink yang dikenal tanpa bulu ini, menjadi peliharaan sebagian orang, walaupun harganya cukup mahal. Merawat kucing juga termasuk sangat mudah dan mmurah.

2. Anjing


Source: karenwarfel

Hewan yang tidak kalah menggemaskan dari Kucing, yang populer dan banyak dipelihara orang adalah Anjing. Anjing yang dijadikan peliharaan di Indonesia juga ada beberapa jenis, diantaranya Anjing herder, Buldog, Peking, Pomeranian, Poodle, Chihuahua, Mini Pincher dan lain sebagainya. Orang memilih Anjing sebagai binatang peliharaanya karena Anjing adalah hewan yang penurut dan pintar. Hewan ini juga biasa dijadikan sebagai penjaga rumah. Anjing juga disukai karena memiliki bulu yang tebal, terutama pada jenis tertentu. Anjing yang lucu juga menjadi sahabat setia manusia.

3. Burung


Source: lizzyliz

Hewan unggas yang bisa terbang ini juga populer di Indonesia, karena banyak jenisnya, serta binatang ini memiliki keunikan corak yang menarik mata. Jenis burung yang biasa dipelihara oleh sebagian besar orang Indonesia adalah jenis merpati atau dara, Betet, Cendrawasih, Merak, Kakaktua, Love Bird, Beo dan lain sebagainya. Memelihara burung juga memerlukan budget khusus, seperti menyiapkan kandang, makanan dan minumanya. Burung juga harus rajin dibersihkan, agar tetap menarik dan pastikan burung yang diperlihara ini selalu sehat.

4. Ikan


Source: sharonang

Siapa yang tidak suka dengan Ikan, binatang peliharaan ini hampir bisa ditemui di rumah-rumah penduduk. Ikan ini ada berbagai jenis ukuran dan yang sering dipelihara adalah jenis ikan hias, seperti ikan Koki, ikan Koi, Arwana, ikan cupang dan lain sebagainya. Jika ingin memelihara satu ikan saja, sebaiknya gunakan Akuarium yang kecil, lengkap dengan hiasanya. Jika ingin mencampurkan beberapa jenis ikan, pastikan Ikan hias ini memiliki jenis sama dengan warna atau corak yang berbeda. Jangan satukan ikan yang lincah dengan ikan yang normal, karena mereka akan berkelahi dan salah satunya bisa mati. Jangan lupa untuk selalu mengganti air akuarium secara berkala.

5. Marmut


Source: Unsplash

Binatang marmot ini banyak dipelihara karena bentuknya yang kecil namun tetap menggemaskan. Marmut yang menjadi ikon film kartun Hamtaro ini, juga sering diikutkan dalam kontes khusus yang memperebutkan hadiah. Marmut suka dengan wortel, seperti hal nya kelinci, namun kamu harus bisa membedakan, bahwa wortel yang diberikan untuk marmot tentunya harus yang ukuranya kecil, jangan samakan dengan Kelinci. Anak-anak yang suka dengan binatang peeliharaan ini, boleh memeliharanya di rumah. Marmut juga bukan binantang yang berbahaya, makanan yang biasa diberikan adalah Biji bunga matahari.

6. Kura-Kura


Source: Pexels

hewan yang satu ini merupakan hewan yang unik karena memiliki ciri khas, berupa sebuah tempurung yang keras dan terletak di atas punggungnya. tempurung tersebut ternyata memiliki fungsi tersendiri yaitu untuk melindungi tubuh kura-kura bagian dalam yang lunak, jika suatu saat berada dalam ancaman yang berbahaya. ukuranya yang cenderung kecil ternyata menjadikan sebagian orang menyukai kura-kura ini. memelihara kura-kura sama saja dengan hewan lainya, harus rajin diberi makanan khusus kura-kura, diberi vitamin agar kura-kura tetap sehat dan bisa bertumbuh besar. sebaiknya letakan kura-kura dalam kandang khusus, agar tidak berlari terlalu jauh. walaupun jalanya lambat, hewan ini tetap menggemaskan.

7. Bayi Burung Hantu


Source: Gabi_Hopfmann

belakang ini, jenis burung hantu juga banyak dijadikan peliharaan loh, tapi bukan jenis burung hantu yang dewasa, namun burung hantu yang masih bayi, atau mereka biasanya menyebut Baby Owl. karena masih bayi, hewan ini tidak menyeramkan tapi malah lucu dan menggemaskan. anak-anak hingga dewasa banyak yang menyukainya dan beberapa dari mereka memeliharanya seperti hal nya binantang peliharaan lain. makanan dari baby owl umumnya sama dengan makanan burung lainya, baby owl juga memiliki bulu yang bagus dengan corak yang menawan. jika kamu ingin memelihara burung hantu baby owl, jenis ini banyak tersedia di Pets Shop terdekat dari rumahmu.

8. Iguana


Source: tpsdave

bagi kamu yang ingin mencoba memelihara binatang reptil, coba untuk menjadikan Iguana sebagai binatang peliharaanmu. Iguana adalah hewan reptil yang mungkin terlihat menyeramkan, namun sebenarnya Iguana baik dan tidak ganas. Iguana banyak berdiam dan bertengger di batang pohon, gerakanya tidak terlalu banyak. anda bisa memberi makanan pada Iguana berupa mentimun atau jenis makanan khusus reptil. sebaiknya Iguana juga ditempatkan di kandang khusus. berikan suasana kandang seperti di alam liar, ada batang pohon, daun dan beberapa batu kerikil. saat ingin bermain dengan Iguana, anda bisa menggendong Iguana dengan menggunakan tangan dan hai-hati dengan kukunya yang kadang sedikit menggores kulit kita.

9. Ayam


Source: Kapa65

Masyarakat Indonesia sepertinya akan setuju, bila hewan ini dijadikan peliharaan. pasalnya, Ayam memang banyak dimanfaatkan juga untuk bahan makanan kita yang kaya akan Gizi. memelihara ayam sepertinya memerlukan lahan yang khusus, dan kandang yang cukup besar. jenis ayam yang biasanya dipelihara adalah ayam Jago, Ayam kate dan ayam petelur. tidak jarang dari hanya memelihara, kemudian berlanjut menjadi peternakan ayam yang menghasilkan keuntungan. ayam juga hewan yang harus sering dibersihkan, diberi makan dan diberikan vitamin. pastikan ayam yang kita pelihara adalah ayam yang sehat dan terbebas dari virus apapun yang berbahaya untuk lingkungan sekitarnya.

10. Ular

grass-snakeSource: WikiImages

Ular masih menjadi salah satu hewan yang ditakuti, terlebih jenis ular berbisa seperti King Cobra, Black Mamba dan lain sebagainya. atau ada juga yang bisa memakan apa saja, termasuk manusia, seperti ular Anaconda atau Phyton. namun, ular juga ternyata menjadi salah satu binatang peliharaan yang cukup aman, dan sebagian orang malah suka memeliharanya. jenis ular yang sering dipelihara ini adalah ular putih, atau ular yang berukuran kecil dan tidak berbisa. Ular biasanya disimpan dalam akuarium, agar bisa bebas bergerak semaunya. jika diberikan ranting pohon di dalamnya, Ular akan melingkar dan tidak terlalu banyak bergerak. cukup menggemaskan ya.

memiliki binatang peliharaan memang tidak semudah yang dibayangkan. binatang peliharaan kita ini harus dirawat dengan baik. mulai dari pemilihan jenis makanan terbaik untuknya, serta kebersihan mereka juga harus diperhatikan secara maksimal. tidak sedikit binatang peliharaan yang mati karena memang kita kurang telaten dalam merawatnya. jika perlu berikan mereka vitamin atau obat khusus, agar mereka tetap sehat dan makanya banyak. periksakan mereka ke dokter hewan bila perlu. sebaiknya jangan memelihara hewan yang cenderung masuk ke kategori hewan liar yang ganas, untuk keselamatan keluarga anda. simak 10 jenis Binatang Peliharaan yang Populer di Indonesia ini untuk referensi membeli binatang peliharaan yang baik. Selamat Mencoba.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Lifestyle