10 Model Dapur Kecil: Bentuk dan Gaya

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: PIRO4D

Tren minimalis beberapa tahun belakangan ini tidak hanya menjangkiti desain rumah saja, tetapi juga dapur, yang merupakan bagian dalam rumah. Saya merasa salah satu bagian rumah yang ahli dalam menciptakan ide-ide gila masakan rumahan ini perlu memiliki sentuhan minimalis sebagai pendamping bentuk maupun gaya model rumah minimalis. Kesepuluh model dapur kecil, yang masing-masing dibagi menjadi bentuk dan nama gaya ini, mudah-mudahan dapat menjadi inspirasi Anda sekalian dalam menata dapur kecil di rumah minimalis Anda:

1. Bentuk Dapur Kecil: Sederhana


Source: Jeff Marquis

Inilah bukti kesederhanaan memiliki nilai yang abadi, termasuk pada model bentuk dapur kecil. Bentuk dapur kecil sederhana ini juga cocok untuk Anda yang kreatif dan tidak suka pembatasan ide-ide, mengingat akan lebih banyak ide tercipta dari dapur yang kecil dan sederhana. Anda juga dapat menggunakan bentuk dapur kecil sederhana ini untuk menghemat ruang tempat memasak.

2. Bentuk Dapur Kecil: Sederhana Tapi Modern


Source: Terres de France Resort & hotel nature

Tidak bisa dipungkiri kalau bentuk “separuh-separuh” seperti sederhana sekaligus modern ini menjadi salah satu bentuk minimalis yang paling diminati, termasuk untuk dapur kecil. Seperti pada bentuk sederhana, dapur kecil yang ini memiliki ruang yang sempit untuk berjalan, sehingga cocok untuk orang yang kurus atau memiliki tubuh sedang. Namun, sisi modern terdapat dari desain per perabotannya yang anti-mainstream dan terdapat meja makan yang dekat dengan dapur.

3. Bentuk Dapur Kecil: Terbuka


Source: ImagineMaw

Inilah bentuk model dapur kecil yang perlu kalian, para kaum berbadan besar, pertimbangkan. Bukan hanya model bentuk terbuka ini menjanjikan ruang berjalan yang lebar, tetapi kesan lebar itu juga didapat dari desain dan tata letak perabotan yang serba panjang. Yang paling umum dari bentuk terbuka ini adalah lemari bawah dan meja makan yang memanjang, sehingga memungkinkan penataan berbagai variasi hidangan yang mengundang selera.

4. Bentuk Dapur Kecil: Agak Terbuka


Source: U.S. Army Corps of Engineers Europe District

Beberapa di antara kita mungkin tidak memiliki cukup ruangan untuk membuat dapur kecil, namun juga yang cocok untuk orang berbadan besar. Alasannya bisa bermacam-macam, mulai dari tidak cukup biaya hingga ruangan yang habis untuk ruangan-ruangan yang lain. Tenang saja, Anda masih bisa mengakali dapur kecil Anda menggunakan bentuk dapur kecil semi-terbuka ini. Luas ruang geraknya tidak kalah dengan bentuk dapur kecil terbuka, dan kita pun masih bisa bergerak dengan leluasa di dalamnya.

5. Bentuk Dapur Kecil: “Alam Terbuka”


Source: allisongillett

Disangkali atau tidak, salah satu model bentuk dapur kecil ini juga sedang dan berpotensi untuk terus trending. Pertama, lokasi dapur yang tidak biasa, yakni di “alam terbuka” (atau outdoor), dapat menarik bagi siapapun yang ingin membangun maupun merenovasi dapur mereka. Kemudian, bentuk dapur kecil “alam terbuka” semacam ini akan membuat masakan menjadi semakin enak apabila diterapkan pada daerah bukit atau pegunungan yang sejuk, karena hawa sejuk udara bercampur dengan asap yang dihasilkan oleh pembakaran atau penggorengan masakan.

6. Gaya Dapur Kecil: Monokromatis


Source: shadowfirearts

Secara harafiah, memang namanya adalah “monokromatis”, yang berarti hanya menggunakan 1 warna saja. Di sisi yang lain, kita juga bisa melihat keberanian dan kreativitas (yang merupakan cerminan desain masa kini) tercermin dari inovasi warna monokromatis untuk gaya dapur kecil yang tidak monoton. Meskipun gaya dapur kecil satu ini menggunakan satu warna, kita juga dapat menggunakan perabotan dengan warna-warna lain, asalkan warna yang satu tetap dominan, minimal 80%-nya.

7. Gaya Dapur Kecil: Colorful nan Ceria


Source: PIRO4D

Gaya dapur minimalis satu ini tidak kalah dengan “saudara kembar”-nya, monokromatis. Dengan menyasar pada pasar remaja hingga ibu muda, gaya dapur kecil yang memadupadankan warna dengan sama rata ini menimbulkan kesan ceria. Dengan adanya kesan ceria, seseorang jadi makin semangat untuk memasak. Adapun warna yang sering digunakan dalam gaya dapur kecil ini adalah merah muda dan biru, atau kombinasi di antaranya ditambah warna lainnya.

8. Gaya Dapur Kecil: Vintage


Source: Steve Larkin

Kerap kali orang cenderung mengejek orang lain yang memiliki selera kuno. Namun kenyataannya, yang kuno selalu memiliki daya tarik yang unik, termasuk dalam 10 model dapur kecil di artikel ini. Beberapa tahun belakangan ini, gaya vintage tidak hanya soal fashion ataupun rumah saja, tetapi juga merambah hingga ke dapur. Gaya vintage yang diaplikasikan pada dapur kecil akan membuatnya terlihat megah, terutama di malam hari, meskipun dapurnya kecil.

9. Gaya Dapur Kecil: Gaya “Anak Kos”


Source: Mikhail Golub

Ada alasan mengapa saya menyebutnya sebagai gaya “anak kos”. Pertama, yang ditekankan dalam gaya dapur kecil ini adalah dapur yang benar-benar “dapur kecil”, berukuran sempit, dan biasanya menjadi satu ruangan dengan meja makan dan tempat tidur. Kedua, kita biasanya menjumpai dapur kecil bergaya seperti ini di apartemen atau rumah kos. Gaya “anak kos” yang minimalis ini dijamin akan memuaskan hasrat Anda sekalian akan desain gaya dapur minimalis sekaligus membuat Anda seperti muda kembali.

10. Gaya Dapur Kecil: Gaya “Bersih”


Source: Steve Larkin

Gaya dapur kecil terakhir yang akan saya muat pada artikel ini adalah gaya “bersih”. Sekilas, gaya “bersih” mirip dengan monokromatis, hanya saja gaya “bersih” menggunakan tata letak dan penyusunan perabotan dapur yang ramah lingkungan. Misalnya, perabotan kayu lazim ditemui pada gaya yang memiliki 2 warna atau kurang ini. Gaya ini cocok diterapkan pada rumah ber-AC, sebab dapat menunjang dapur kecil untuk semakin terlihat bersih.

Itulah kesepuluh model dapur kecil, dengan bentuk dan gayanya masing-masing. Mudah-mudahan, berbagai bentuk dan gaya dari model dapur kecil (atau dapur minimalis) ini tidak hanya memuaskan hasrat Anda akan membangun rumah dan ruangan-ruangan dalam rumah yang serba minimalis, tetapi juga menolong Anda memberi ide untuk renovasi maupun relokasi dapur selanjutnya. Selamat mempertimbangkan, ya!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Home, Lifestyle