10 Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Dicoba

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Pexels

Setiap ibu pasti ingin memberikan yang terbaik terutama bagi anak-anaknya. Demikian halnya dengan para ibu hamil, pastinya akan sangat memperhatikan setiap kebutuhan janin yang dikandungnya termasuk dalam hal makanan yang dikonsumsi.

Dari setiap makanan yang ada, apa saja makanan yang memang baik dan direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Yuk, cari tahu informasi lengkapnya di bawah ini:

1. Yogurt


Source: Kamila211 

Yogurt merupakan pilihan terbaik bagi para ibu hamil karena mampu memberikan protein dan juga kalsium yang dibutuhkan. Kalsium dibutuhkan oleh janin untuk mendukung pertumbuhan tulangnya. Lalu seberapa banyak yogurt yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil? Cukup 1.200 mg atau sekitar empat sajian setiap harinya.

2. Alpukat


Source: UnknownNet Photography

Tidak hanya enak, ternyata alpukat juga memiliki manfaat yang penting bagi kesehatan ibu dan janin. Kandungan lemak sehatnya mampu membantu pertumbuh otak, kulit, dan jaringan pada janin.

Selain zat-zat penting seperti vitamin B, vitamin K, vitamin C, vitamin E, dan kalium. Zat kalium yang terkandung dalam alpukat pun mampu membantu ibu mengurangi kram kaki yang dialami oleh ibu hamil.

3. Salmon


Source: Naotake Murayama

Apakah anda salah satu penggemar ikan salmon? Kabar baiknya, ikan jenis ini tidak hanya mengandung protein yang tinggi, namun juga asam lemak Omega-3 yang baik untuk perkembangan otak dan mata si janin serta mampu mencegah penyakit jantung.

4. Telur


Source: Iiz West

Telur mengandung banyak protein yang dibutuhkan oleh para ibu hamil untuk membantu perkembangan sel-sel tubuh. Selain itu, kandungan zat kolinnya mampu membantu pertumbuhan janin serta kesehatan otaknya.

Namun perlu diingat bahwa segala yang berlebihan justru tidak baik, termasuk dalam hal makanan. Oleh sebab itu, ibu hamil dianjurkan untuk tidak mengonsumsi lebih dari empat telur dalam satu minggu.

5. Sayur-sayuran hijau.


Source: Ben Mason

Sayur-sayuran hijau seperti bayam dan brokoli bagus untuk ibu hamil karena kandungan nutrisinya yang cukup tinggi termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, dan kalium.

6. Buah-buahan.


Source: Michael Stern

Selain alpukat, masih banyak buah-buahan lain yang baik bagi kesehatan ibu dan bayi. Hal itu dikarenakan buah-buahan seperti mangga, kiwi, anggur, dan jambu pada umumnya rendah kalori namun mengandung serat, vitamin, dan mineral yang baik bagi kesehatan ibu dan janin yang ada dalam kandungan.

7. Daging tanpa lemak.


Source: Lee Young Hee

Daging tanpa lemak seperti daging sapi dan ayam kaya akan protein yang bermanfaat bagi pertumbuhan janin. Kandungan zat besinya juga perlu untuk mencegah anemia supaya nantinya resiko melahirkan secara prematur berkurang.

Selain itu, daging sapi juga kaya akan vitamin B dan zat kolin yang merupakan nutrisi penting selama masa kehamilan.

8. Oatmeal.


Source: Mittmac

Oatmeal merupakan makanan yang tinggi serat dan nutrisi. Selain itu, dengan kandungan zat-zat penting seperti vitamin A,vitamin B-6, kalsium, zat besi, dan magnesium, tentunya mengonsumsi oatmeal baik bagi kesehatan ibu dan janin.

9. Almond.


Source: Robin McNicoll

Almond merupakan salah satu dari jenis kacang-kacangan yang kaya akan protein, vitamin E, zat besi dan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan jantung.

10. Ubi jalar.


Source: t-mizo

Pada umumnya, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi sekitar 10%-40% vitamin A. Kabar baiknya, ubi jalar mengandung beta karoten yang nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A.

Lalu apa manfaatnya? Tentunya vitamin A yang cukup dan tidak berlebihan dapat membantu pertumbuhan dan pembedaan sel-sel janin yang ada dalam kandungan.

Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin C dan zat besi. Ibu juga tidak perlu khawatir karena selain berkhasiat, ubi jalar juga tidak begitu mahal dan mudah untuk didapat.

11. Bonus: Minum air secukupnya.


Source: Peto666301

Mungkin air tidak termasuk makanan, tapi jangan lupa bahwa sebagian besar tubuh manusia juga terdiri dari air. Itu sebabnya, ibu hamil dianjurkan untuk tetap terus minum air putih secukupnya terutama karena selain dapat membantu membangun sel-sel baru dalam tubuh ibu dan janin, minum air putih juga dapat mencegah dehidrasi sehingga mengurangi resiko persalinan prematur.

Jadi itulah makanan terbaik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Sudah mencoba?

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health