10 Cara Merawat dan Menghindari Kulit Berminyak

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: tommerton2010

Setiap individu memiliki jenis kulit yang berbeda, yaitu kulit normal, kering dan berminyak. Setiap jenis kulit ini memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Dari ketiganya yang dianggap paling memberikan efek dan sulit dalam merawatnya adalah jenis kulit berminyak. Banyak sekali orang yang merasa risih dan tidak percaya diri saat mereka mempunyai jenis kulit berminyak. Mereka selalu mengeluh bahwa jenis kulit mereka adalah penyebab munculnya jerawat dan komedo yang mengganggu penampilan mereka. Padahal terdapat beberapa keuntungan bagi yang memiliki kulit berminyak asalkan kita tahu bagaimana cara merawatnya. Berikut adalah 10 cara mudah merawat dan menghindari kulit berminyak:

1. Pilihlah Produk Kosmetik yang Tepat

lipstickSource: MacMonkey

Penting sekali untuk menggunakan produk kosmetik yang tepat dan sesuai dengen jenis kulitmu. Kalau kamu merasa bingung dengan jenis kulit apa yang kamu miliki, kamu bisa datang ke dokter kulit untuk menanyakannya. Pakailah mulai dari produk pencuci muka, toner, ataupun krim untuk kulit berminyak, jika kamu mempunyai jenis kulit berminyak.

2. Jangan Sering Mencuci Wajah

Face washSource: vargazs

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, jangan terlalu sering mencuci wajahmu apalagi menggunakan sabun pencuci wajah lebih dari dua kali dalam sehari. Pakailah sabun pencuci wajah saat kamu akan memulai aktivitas di pagi hari dan dimalam hari sebelum tidur. Pemakaian sabun pencuci muka terlalu sering akan membuat wajahmu semakin aktif mengeluarkan minyak dan bukannya menghindarkan minyak dari wajahmu.

3. Membersihkan Make-up sebelum tidur

CosmeticsSource: stux

Hal ini juga penting untuk diperhatikan, sisa make-up yang seharian kamu pakai akan membuat kulitmu rusak dan menghambat sel-sel kulit mati saat kamu membawanya tidur. Sehingga pastikan sebelum tidur kamu harus membersihkan make-up dengan menggunakan toner dan cleansing kemudian cuci wajahmu dengan menggunakan sabun pencuci wajah. Tidak mencuci wajah sebelum tidur bisa mengakibatkan jerawat dan komedo di wajah.

4. Banyak Mengkonsumsi Air Putih


Source: Antonio Calero

Konsumsi air bukan hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh, namun juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Minumlah 8 gelas air putih per hari untuk membuat kulitmu sehat dan terhidrasi dengan baik. Rajin mengkonsumsi air putih membuat  kulit tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat melalui pori-pori wajah namun akan melakukan sekresinya melalui alat sekresi yang lain dalam tubuh.

5. Hindari Kontak Langsung dengan Sinar Matahari

sunshineSource: pixabay

Menghindari kontak langsung dengan matahari juga merupakan salah satu hal yang harus dilakukan pada jenis kulit manapun. Apalagi jenis kulit berminyak yang lebih cenderung mudah berminyak dan kusam. Gunakan masker saat kamu akan bepergian keluar rumah untuk melindungi kulit wajahmu dari paparan sinar matahari.

6. Kurangi Konsumsi Makanan Berminyak

oily foodsSource: Eisenmenger

Pola makan juga berpengaruh pada kesehatan kulitmu, terutama kulit wajah. Makanan berminyak akan membuat kulit wajahmu lebih cepat berminyak. Keluarnya minyak yang lebih cepat dan kondisi lingkungan yang kotor bisa menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo pada kulit wajah.

7. Cukup Tidur


Source: Mislav Marohnić

Hindari kebiasaan tidur malam yang bisa membuat kesehatan kulit terganggu. Saat kamu tertidur kulit wajahmu akan melakukan tugasnya yaitu meregenerasi sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel yang baru. Jika kamu mengurangi porsi tidurmu, kulit wajahmu tidak akan sempurna dalam melakukan tugasnya. Untuk itu biasakan tidur minimal 6-8 jam per hari.

8. Rajinlah Menggunakan Krim Malam

girl-781154_1280Source: pixabay

Krim malam mungkin sering dilupakan sebagian orang, karena merasa terlalu lelah biasanya kita langsung tertidur tanpa memakai krim malam. Padahal krim malam sangat penting untuk wajah kita. Disaat malam wajah kita kehilangan banyak kelembaban karena proses regenerasi sel, maka dari itu krim wajah berfungsi untuk memberikan kelembaban pada saat kita tidur. Hal ini sangat berguna untuk menghindari kulit menjadi berminyak dan kusam pada keesokkan harinya.

9.Gantilah Cemilanmu dengan Cemilan Sehat


Source: stu_spivack

Jika kamu ingin memiliki dan merawat kulit berminyakmu, mulailah gaya hidup sehat dengan lebih banyak mengkonsumsi berbagai jenis buah-buahan dan sayuran. Jika kamu tidak bisa mengganti kebiasaan mengemilmu, kamu bisa mengganti cemilan yang tidak sehat menjadi cemilan yang berasal dari buah-buahan ataupun salad sayuran. Asupan makanan juga akan sangat berpengaruh pada kesehatan kulit, terutama wajah.

10. Jangan Menyetuh Wajah dengan Tangan Secara Langsung


Source: tiffany terry

Hal yang sering salah dilakukan banyak orang adalah, menyetuh wajah mereka secara langsung dengan tangan saat beraktivitas. Padahal kita tidak pernah tau apa yang ada di tangan kita yang bisa mengantarkan kuman dan bakteri pada wajah. Akibatnya sel-sel kulit mati bisa terhambat oleh kuman dari tangan kita dan bisa membuat wajah kita berjerawat dan lebih cepat kusam. Sebaiknya gunakan sapu tangan atau tisu jika kita ingin menyentuh wajah kita.

Itulah cara merawat dan menghindari kulit berminyak, khususnya bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak. Yang paling utama dalam menjaga dan merawat kesehatan juga sama artinya menjaga dan merawat kesehatan tubuhmu. Hilangkan kebiasaan buruk yang bisa membuat kulit wajahmu lebih cepat kusam dan berminyak. Ingat cintailah kulit wajahmu dengan hidup lebih bersih dan sehat. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat merawat wajah anda.

 

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health